Skip to main content

Teknik pemasaran yang digunakan dalam bisnis rupanya mengikuti perkembangan zaman. Terlebih, di era media sosial seperti saat ini, banyak pemilik bisnis yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk mereka, khususnya pemanfaatan brand ambassador. 

Mungkin orang-orang masih seringkali bingung dalam membedakan brand ambassador dan influencer. Walaupun sama-sama mempromosikan produk, brand ambassador dan influencer memiliki perbedaan. 

Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh atas opini pasar atau industri tertentu. Sedangkan brand ambassador adalah duta merek yang mewakili perusahaan dan dapat berbicara dengan media atas nama merek tersebut.

Seorang brand ambassador akan membantu pelaku bisnis dalam menjawab beberapa keraguan pelanggan, sekaligus bisa mengajak mereka untuk menggunakan produk dan/atau layanan dari bisnismu.

Ya, penggunaan brand ambassador merupakan salah satu strategi pemasaran yang umum digunakan karena memiliki banyak manfaat. Apa saja? Dan apa saja hal-hal yang harus dilakukan ketika ingin bekerja sama dengan brand ambassador? 

Sekilas Tentang Brand Ambassador

Dilansir sendpulse.com, brand ambassador adalah seorang profesional dengan kepribadian yang terpancar dan pembawaan di media sosial yang kuat yang menjadi wakil untuk suatu brand dan mempromosikan produk tersebut, baik secara online maupun offline,

Bisa dibilang, brand ambassador adalah duta bagi suatu produk atau brand. Brand ambassador juga dianggap sebagai ‘wajah’ dari suatu brand. 

Seseorang dengan peran sebagai brand ambassador juga biasanya membantu brand dalam membuat konten, menjadi juru bicara mewakili produk dalam berbagai acara, melakukan pemasaran dari mulut ke mulut, serta mempromosikan produk dan brand melalui berbagai platform digital baik miliknya sendiri maupun milik pihak brand bisnis. 

Brand ambassador umumnya memiliki pembawaan yang antusias dan ramah demi menaikkan citra produk yang diwakilinya. Bahkan tidak jarang brand ambassador adalah konsumen setia dari produk itu sendiri. Dengan demikian, publik akan semakin percaya akan kualitas dari produk tersebut karena sudah ada figur terkenal yang menggunakannya.

Mengapa Sebuah Bisnis Perlu Menggunakan Brand Ambassador?


Pada dasarnya, terdapat berbagai alasan mengapa suatu perusahaan atau bisnis perlu menggunakan brand ambassador. 

Salah satu alasan tersebut, yaitu karena 74% konsumen menaruh kepercayaan pada jaringan atau hubungan sosial ketika hendak memutuskan pembelian. Hal ini juga dapat terlihat pada pola perilaku pelanggan, di mana mereka cenderung melakukan pembelian karena dipengaruhi oleh sosok idola, keluarga, dan teman. 

Adapun, contoh dari brand ambassador, yaitu Lisa BlackPink untuk merek Celine. Dengan menghadirkan Lisa sebagai representasi mereka, Celine berhasil menjadi brand mewah dengan pertumbuhan tercepat di 2021 dan mengalami peningkatan nilai merek hingga 118%. 

Selain itu, brand ambassador yang tidak kalah ikoniknya adalah Anggun Cipta Sasmi untuk merek Pantene. Dengan image sebagai seorang aktris sekaligus penyanyi, Anggun berhasil memengaruhi dan ikut andil dalam keputusan pembelian pelanggan shampo Pantene. 

Berikut beberapa alasan lainnya mengapa sebuah bisnis perlu mempertimbangkan brand ambassador sebagai teknik pemasaran:

  • Meningkatkan Brand Awareness

Alasan pertama dari keberadaan brand ambassador di sebuah bisnis adalah membantu meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek. Dalam hal ini, brand ambassador memiliki peran untuk meningkatkan kesadaran merek tertentu dalam benak audiens.

Mengingat sosok yang dipilih sebagai brand ambassador biasanya memiliki pengaruh yang cukup besar di masyarakat. Misalnya saja seperti artis, maupun tokoh-tokoh publik yang memiliki citra baik atau sesuai target pasar dari brand.

  • Meningkatkan Kepercayaan dan Loyalitas Konsumen

Brand ambassador memiliki kemampuan untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap merek atau produk. Mereka dapat memberikan rekomendasi atau testimoni positif tentang produk atau merek, yang dapat membantu konsumen untuk lebih mempercayainya.

Selain itu, keterlibatan brand ambassador juga membantu meningkatkan loyalitas konsumen. Mengingat konsumen lebih cenderung memilih merek atau produk yang direkomendasikan oleh sosok yang mereka sukai atau percayai.

  • Mendongkrak Penjualan

Salah satu tujuan utama sebuah bisnis adalah mendapat keuntungan melalui penjualan. Dengan meningkatkan kesadaran merek, kepercayaan konsumen, dan loyalitas, penggunaan brand ambassador dapat membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa.

  • Mendekatkan Diri dengan Konsumen

Brand ambassador yang baik akan membantu brand untuk mendekatkan diri dengan konsumen dan menggaet para calon pembeli. Salah satunya, yaitu berinteraksi dengan para pengikutnya di media sosial, membuat konten tanya-jawab, atau membalas komentar.

  • Mengurangi Budget Paid Advertising

Keuntungan lain yang bisa didapatkan yaitu adanya pengurangan budget untuk mengiklankan produk. Biasanya budget untuk membayar brand ambassador lebih murah dibandingkan menggunakan iklan berbayar seperti dalam aplikasi.  

Dengan brand ambassador, pemilik bisnis tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk melakukan promosi. Bahkan, efek yang ditimbulkan juga bisa tetap berpengaruh pada peningkatan penjualan. 

Itulah beberapa alasan mengenai pentingnya brand ambassador bagi sebuah bisnis. Apabila telah memilikinya, maka pastikan untuk mengoptimalkan peran brand ambassador pada berbagai aktivitas pemasaran bisnismu, baik itu pada pelaksanaan event maupun penggunaan platform pemasaran lainnya.

Lalu, Bagaimana Cara Memulai Kerja Sama dengan Brand Ambassador?

Sebelum memulai kerja sama dengan brand ambassador, ada langkah-langkah yang harus dilakukan supaya memunculkan hasil yang maksimal. Berikut diantaranya:

  • Tentukan Target yang Ingin Dicapai

Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa berdiskusi dengan tim marketing terlebih dahulu untuk menentukan tujuan dari penggunaan brand ambassador. Hal ini karena tujuan yang berbeda akan menghasilkan cara branding yang berbeda pula.

Jika kamu hanya ingin mengenalkan produk pada audiens, brand ambassador perlu untuk menggunakan hashtag pada konten. Setelah itu, lihat dampaknya dari jumlah pengikut akun media sosial brand bisnis.

Namun jika fokus pada peningkatan penjualan, maka brand ambassador perlu menambahkan link yang langsung mengarah ke laman pembelian. Kamu juga bisa mengarahkan brand ambassador untuk menyebut promo yang sedang berlangsung.

  • Pilih Brand Ambassador Secara Bijak

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan yakni memilih influencer secara bijak. Artinya, pemilik bisnis perlu mengetahui terlebih dahulu latar belakang dan kehidupan sehari-hari yang ditampilkan brand ambassador di sosial medianya dan demografi pengikutnya.

Cari tahu cara dia membuat konten, cara berinteraksi dengan pengikut, juga biaya yang harus dibayar untuk bekerja sama dengan brand ambassador. Agar campaign yang diselenggarakan bisa menjangkau target pasar, tentunya brand ambassador juga harus memiliki rekam jejak digital yang baik.

  • Persiapkan Hadiah untuk Apresiasi

Sebagai balasan karena telah mempromosikan produk-mu, tentu ada apresiasi yang sepatutnya diberikan. Apresiasi ini bisa disebut sebagai hadiah. 

Tidak selalu berbentuk uang, terdapat alternatif lain yang bisa diberi pada mereka, seperti diskon khusus untuk produk- produk tertentu. Selain itu, kamu bisa memberikan paket liburan gratis, akses VIP dalam suatu acara, atau produk yang limited edition.

Dijamin dengan cara ini, brand ambassador akan semakin bersemangat untuk memberikan yang terbaik untuk mempromosikan brand dan produk-mu.

  • Buat Dokumen Peraturan dan Petunjuk

Untuk mempermudah para brand ambassador, kamu perlu membuat dokumen peraturan dan petunjuk yang wajib ditaati. Termasuk cara branding yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Namun, jangan sampai kamu mendikte secara detail pada brand ambassador tersebut.

Kamu cukup memberikan informasi umum tentang hal yang harus dicantumkan. Misalnya hashtag atau link e-commerce. Setelahnya, biarkan para brand ambassador untuk berkreasi sendiri. Beri kebebasan pada mereka untuk menerapkan ide-ide kreatif yang dimiliki.

  • Pastikan Membuat Perjanjian Kerja Sama Brand Ambassador

Hal terakhir yang tak kalah pentingnya untuk dilakukan adalah membuat perjanjian kerja sama brand ambassador. Perjanjian ini perlu disusun bersama oleh pemilik bisnis dan brand ambassador agar tercapai kesepakatan dan saling memenuhi kewajiban tanpa adanya paksaan. 

Hal ini penting agar perjanjian antar keduanya sah secara hukum dan sama-sama terlindungi jika salah satu pihak melanggar kesepakatan. Dengan adanya perjanjian, maka masing-masing pihak dapat mengetahui hak dan kewajibannya, sehingga dapat mendukung kelancaran pelaksanaan suatu hubungan bisnis.

Kontak KH

Itulah penjelasan selengkapnya mengenai pentingnya kerja sama bisnis dengan brand ambassador dan cara memulainya. Mencapai hal ini tentu tidak mudah karena banyak pebisnis lain yang juga menggunakan jasa mereka, bahkan bisnisnya bergerak di bidang yang sama dengan bisnismu.

Yang terpenting, jangan lupa untuk membuat perjanjian kerja sama mengingat hubungan bisnis tidak selamanya berjalan mulus. Sangat mungkin terjadi ingkar janji, tidak melakukan apa yang telah dijanjikan, sehingga adanya kontrak perjanjian dapat menjadi alat bukti tertulis untuk menggugat pihak yang ingkar janji atau wanprestasi.

Namun, membuat perjanjian kerja sama mungkin menjadi hal yang sulit, terutama bagi pemilik bisnis yang belum memahami risiko-risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Oleh karena itu, Kontrak Hukum hadir untuk membantumu mengurangi risiko yang terjadi lewat perjanjian kerja sama tersebut.

Dengan Kontrak Hukum, kamu dapat dengan mudah membuat perjanjian kerja sama brand ambassador hanya dengan harga Rp900 ribuan! Jadi, segera buat perjanjian kerja sama bisnis dengan brand ambassador di Kontrak Hukum dengan kunjungi laman Layanan KH – Perjanjian Kerja Sama Brand Ambassador.

Jika ada pertanyaan seputar bisnis lainnya, kamu juga bisa konsultasikan secara gratis di Tanya KH serta melalui direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Konsul Gratis