Mengenal Akta Otentik serta Kegunaannya dalam Bisnis

Hi Sobat KH,

Siapa sih yang belum kenal dengan akta otentik? Atau sebelumnya mungkin sudah mendengar istilah ini tapi lupa definisinya apa? Nah jika kamu ingin tahu apa itu akta otentik, kamu berada di tempat yang tepat. Simak di bawah ya informasinya.

Akta otentik adalah akta yang dibuat dan dipersiapkan oleh notaris atau pejabat resmi lainnya untuk kepentingan pihak-pihak dalam membuat kontrak kerja. 


Nah sama halnya dengan bisnis, akta otentik ini penting untuk dimiliki bagi perusahaan maupun individu pelaku usaha agar bisnis yang sedang dijalani mendapatkan jaminan perlindungan secara hukum.


Hal ini karena akta otentik dapat dikatakan sebagai surat pembuktian dan/atau alat bukti yang paling sempurna karena berupa bukti yang mengikat, artinya hakim harus mengakui kebenaran atas hal-hal yang dimuat dalam akta tersebut.


Setelah mengetahui pengertian mengenai akta otentik, tentu kamu sudah memiliki gambaran bukan mengenai apa itu akta otentik. Lalu selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui apa saja yang menjadi ciri atau karakteristik dari akta otentik, persyaratan yang harus dipenuhi ketika ingin membuat akta otentik, serta contoh-contohnya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.


Ciri atau Karakteristik Akta Otentik

Berdasarkan Pasal 1868 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer), akta otentik adalah suatu akta yang dibuat dalam bentuk yang ditentukan undang-undang oleh atau dihadapan pegawai-pegawai umum yang berkuasa untuk itu, di tempat dimana akta itu dibuat. Akta otentik memiliki ciri atau karakteristik sebagai berikut:


  1. Bentuknya sesuai dengan undang-undang
    Undang-undang tentunya sudah menentukan format juga isi yang harus ada dalam suatu akta otentik. Jadi, seseorang tidak bisa dengan asal membuat suatu akta otentik.

  2. Dibuat dihadapan pihak-pihak atau pejabat yang berwenang
    Akta otentik merupakan alat pembuktian resmi, yang artinya tidak bisa asal dibuat begitu saja, namun harus dihadapan pejabat terkait yang berwenang salah satunya Notaris.

  3. Kekuatan pembuktian sempurna
    Di dalam akta otentik ini, hakim mengakui kebenaran atas apapun hal-hal yang dimuat dalam akta tersebut. Hal ini membuat pihak pemilik akta berkekuatan penuh atas apa yang tercantum dalam akta tersebut.

  4. Kebenaran bisa disangkal
    Hal ini bisa dilakukan dengan syarat penyangkal harus menyertakan bukti yang kuat atas ketidakbenaran hal-hal dalam suatu akta.

Syarat Membuat Akta Otentik

Suatu akta otentik memiliki kekuatan pembuktian yang sempurna bagi para pihak beserta seluruh ahli warisnya atau pihak lain yang mendapat hak. Namun, sebelum mengajukan pembuatan akta otentik termasuk untuk keperluan bisnis, terdapat beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi, antara lain:


  1. Akta harus dibuat dengan kesaksian pejabat umum
  2. Bentuk dan isi akta tersebut harus sesuai dengan ketentuan undang-undang
  3. Pejabat yang menyaksikan langsung pembuatan akta harus memiliki wewenang dalam pembuatan akta tersebut

Contoh Akta Otentik

Setelah mengenal apa saja ciri atau karakteristik serta persyaratannya, lalu sebenarnya apa saja yang termasuk dalam contoh akta otentik?


Beberapa akta yang termasuk ke dalam akta otentik diantaranya adalah akta kelahiran, akta kematian, akta tanah, akta nikah, akta notaris, akta penyitaan, dan masih banyak lagi. Namun, yang sering digunakan dalam bisnis adalah akta notaris.


Akta notaris atau notariil akta, dimaknai sebagai akta otentik yang dibuat oleh atau dihadapan notaris. Akta notaris sebagai akta otentik memiliki kekuatan pembuktian lahiriah, formal, dan materiil bila akta notaris dibuat menurut ketentuan yang berlaku. Sehingga akta ini akan mengikat para pihak, termasuk didalamnya pengadilan yang harus menerima akta notaris sebagai alat bukti yang sempurna. 


Akta notaris dalam bisnis juga berfungsi sebagai alat pembuktian di kemudian hari, apabila ada dua pihak atau lebih melakukan perjanjian tertentu. Akta notaris dalam bisnis biasanya digunakan dalam pendirian Perseroan Terbatas (PT) atau badan usaha lainnya, pendirian, yayasan, perjanjian kerjasama, utang piutang, kontrak kerja, dan lain sebagainya.


Itulah penjelasan mengenai akta otentik. Sudah paham kan mengenai apa yang dimaksud dengan akta otentik, karakteristik, persyaratan hingga contohnya dalam dunia bisnis? Mengingat pentingnya akta otentik terkait dengan jaminan hukum, maka jangan lupa untuk segera mengurusnya ya!


Tidak hanya itu, akta otentik juga memiliki kekuatan pembuktian yang kuat dihadapan hukum sehingga tidak dapat disangkal keberadaannya di pengadilan, kecuali terdapat bukti lain yang diajukan pihak lawan yang menyatakan sebaliknya.


Bagi sobat KH yang ingin membuat akta otentik terkait dengan kebutuhan urusan bisnis, bisa segera hubungi Kontrak Hukum. Kontrak Hukum menyediakan layanan pembuatan akta notaris yang akan kamu terima secara digital maksimal 2 hari sejak persyaratan lengkap di upload dan salinan fisik maksimal 5 hari sejak akta digital kamu terima. 


Segera kunjungi laman https://kontrakhukum.com/service untuk melihat layanan prima kami atau hubungi melalui Whatsapp atau telp di 0821-1212-5767 dan Direct Message (DM) ke media sosial instagram @kontrakhukum.