Skip to main content

Selain rasanya yang manis dan lembut, pisang juga mengandung berbagai zat yang baik bagi tubuh, seperti kalium, protein, vitamin C, karbohidrat, mangan, magnesium, dan serat. Tak heran, buah yang satu ini pun banyak digemari oleh kalangan anak-anak hingga dewasa.

Tapi, kalau dimakan polosan begitu saja mungkin akan membosankan. Atau dijadikan pisang goreng dan jus? Sudah biasa juga. Maka dari itu, bermunculan berbagai makanan berbahan dasar pisang yang unik.

Nah, bagi Sobat KH yang ingin memulai usaha kuliner, maka tak ada salahnya nih untuk juga mencoba aneka olahan pisang sebagai ide usaha! Kamu bisa mengolah buah pisang sekreatif mungkin menjadi hidangan yang unik dan nikmat untuk disantap.

Tak perlu bingung, karena pada artikel ini kita akan memberikan rekomendasi 7 aneka olahan pisang untuk ide usaha. Penasaran kan, ada apa saja? Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Pisang Coklat

Bagi Sobat KH yang sedang mencari ide olahan pisang untuk usaha, mungkin bisa mencoba pisang coklat sebagai salah satu pilihan. Jajanan yang satu ini cukup populer dan banyak disukai sehingga bisa kamu jadikan pilihan ide usaha.

Pisang coklat atau yang juga populer dengan sebutan piscok merupakan makanan berbahan dasar buah pisang yang diberi isian coklat dan dibalut kulit lumpia, lalu digoreng hingga renyah.

Biasanya, jenis pisang kepok lah yang dijadikan bahan dasar pembuatan pisang coklat. Tekstur kulit luar yang renyah ini sangat pas berpadu dengan isian pisang yang lembut dan coklat lumer.

Pisang Nugget

Siapa yang tak kenal pisang nugget? Mulai populer pada 2017, salah satu camilan olahan pisang ini masih menjadi favorit banyak orang hingga saat ini. Tekstur pisangnya yang lembut ditambah lapisan tepung panir di luarnya membuatnya jadi super renyah.

Dalam membuat pisang nugget, Sobat KH perlu menghaluskan buah pisang yang sudah matang. Kemudian dibentuk menjadi persegi, bisa juga dengan bantuan cetakan. Setelah adonan pisang siap, Sobat KH perlu mencampurnya dengan telur dan tepung roti. Selanjutnya digoreng hingga kecoklatan.

Pisang nugget ini juga biasanya disajikan dengan berbagai macam topping, mulai dari coklat, susu kental manis, keju, kacang, matcha, ovomaltine, dan sebagainya. Sangat menarik, bukan?

Bolu Pisang Kukus

Bagi Sobat KH yang memiliki keterampilan baking, bisa mencoba bolu pisang kukus untuk dijadikan ide usaha. Aneka olahan pisang yang satu ini sama saja dengan kue bolu pada umumnya, tetapi menggunakan tambahan buah pisang sehingga rasanya lebih manis dan tajam.

Teksturnya yang lembut dan cukup padat membuat bolu pisang nikmat untuk disantap bersama teh dan kopi. Untuk membuatnya pun Sobat KH bisa menggunakan berbagai resep bolu pisang kukus yang ada di internet.

Dalam berjualan bolu pisang kukus, Sobat KH juga bisa menyediakan berbagai ukuran sesuai kebutuhan pelanggan. Jangan lupa untuk mengemasnya dengan baik agar kualitas bolu pisang kukus tetap terjaga ketika sampai di tangan pelanggan.

Roti Pisang Banjar

Tanpa mixer dan oven, Sobat KH bisa membuat roti dari olahan pisang, yakni roti pisang banjar. Kamu hanya cukup membuat adonan dengan margarin, pisang, gula pasir, garam, santan, dan telur, kemudian memasaknya pada teflon atau wajan anti lengket.

Rasa manis khas pisang dipadu dengan santan akan membuat pelanggan ketagihan. Untuk variasi, Sobat KH juga bisa menambahkan kismis atau potongan kelapa muda pada adonannya.

Rasanya pasti semakin nikmat dan tentunya semakin banyak variasi roti pisang banjar yang disukai pembeli.

Pancake Pisang

Jika ingin membuat aneka olahan pisang yang kekinian untuk usaha, maka pancake pisang wajib masuk daftar jualan. Cara membuatnya juga sangat mudah, Sobat KH perlu menghaluskan pisang terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam adonan pancake.

Jika ingin membuat pancake fluffy seperti yang disajikan di kafe-kafe Jepang, putih telurnya harus dikocok terpisah sampai mengembang. Setelah itu, aduk bersama adonan tepung, kuning telur, pisang yang dihaluskan, gula, susu, garam, dan tepung terigu.

Jika sudah, dengan menggunakan sendok sayur, tuangkan adonan ke atas teflon. Pakai api kecil untuk memasaknya agar pancake pisang matang merata dan tidak cepat gosong.

Pisang Aroma

Aneka olahan pisang untuk usaha lainnya adalah pisang aroma. Pisang aroma merupakan camilan dari buah pisang yang dibalut dengan kulit lumpia kemudian digoreng kering.

Jajanan yang satu ini banyak ditemui di daerah Bandung, Jawa Barat. Karena rasanya yang lezat, tidak akan cukup jika hanya menyantap satu potong saja. Biasanya, pisang aroma ini juga diberi isian berupa coklat atau keju di dalamnya sehingga rasanya lebih bervariasi.

Bahkan kini, bisa dikreasikan dengan berbagai pasta atau perisa lain mulai dari stroberi, milor, taro, dan lain sebagainya. Sobat KH bisa menjual pisang aroma ini dengan box kedap udara atau plastik mika sehingga kerenyahannya tetap terjaga.

Es Pisang Ijo

Aneka olahan pisang yang terakhir adalah es pisang ijo. Ini merupakan jajanan tradisional khas Makassar, Sulawesi Selatan.

Es pisang ijo terbuat dari buah pisang yang telah dikukus kemudian dibalut dengan adonan kulit berwarna hijau. Makanan yang satu ni terasa sangat nikmat dan menyegarkan karena disajikan bersama kuah kental dari olahan santan dan sirup berwarna.

Selain manis dan lembut, rasanya juga gurih. Sangat cocok disantap ketika cuaca panas sebagai pelepas dahaga. Bahkan, terasa mengenyangkan karena isian es pisang ijo yang cukup banyak. Tampilannya yang menarik juga bisa menggugah selera siapa saja yang melihatnya.

+++++

Itulah 7 aneka olahan pisang yang bisa Sobat KH jadikan sebagai ide usaha. Kira-kira, kamu tertarik mencoba usaha olahan pisang yang mana nih, Sobat KH?

Tenang saja, karena kebanyakan olahan pisang termasuk camilan, kamu gak perlu langsung membuka usahanya di ruko-ruko besar, bisa memulai dengan kios kecil atau online juga bisa tetap laris manis kok, asalkan kualitas rasanya terjamin dan terjaga!

Yang terpenting dalam menjalankan usaha aneka olahan pisang adalah mendaftarkan merek dagangmu. Tujuannya adalah agar merek dagang dan ide usaha tidak dicuri atau ditiru kompetitor. Selain itu, pendaftaran merek dagang juga dapat meningkatkan daya saing di dunia bisnis, bahkan untuk UMKM sekalipun lho!

Nah, kalau usaha olahan pisang Sobat KH sudah semakin berkembang, maka tak ada salahnya untuk melakukan pendirian badan usaha. Pendirian badan usaha ini perlu dilakukan agar usaha yang Sobat KH jalankan mendapatkan perlindungan hukum yang jelas sehingga meminimalisir kerugian yang mungkin saja didapatinya di kemudian hari.

Jika tidak, bisa saja usaha aneka olahan pisang milikmu akan dianggap ilegal karena tidak ada izin yang jelas terhadap bisnis yang dijalankan. Tentu Sobat KH tak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Kontak KH

Untuk mendaftarkan merek dagang dan mendirikan badan usaha, Sobat KH juga tak perlu repot-repot karena kini kamu bisa mengurusnya bersama Kontrak Hukum. Kami menyediakan layanan pendaftaran merek dagang dan pendirian badan usaha yang pengerjaannya dilakukan langsung oleh ahli profesional sehingga terjamin aman, cepat, dan efisien.

Pesan PT dan daftar merek sekarang dengan harga murah, PT dan merek-mu bebas diproses dan dipakai kapan saja. Jadi ketika Sobat KH sudah selesai liburan akhir tahun, PT sudah siap dan langsung bisa fokus di usahamu yang baru deh!

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan pendirian badan usaha dan pendaftaran merek Dagang dari Kontrak Hukum, Sobat KH bisa kunjungi laman https://kontrakhukum.com/memulai-usaha/

Yuk Sobat KH, tunggu apalagi? Permudah usaha aneka olahan pisang-mu dengan nikmati harga promo akhir tahun terbaik dari Kontrak Hukum! Untuk informasi mengenai cara pemesanan dan pembelian, silakan hubungi kami via Tanya KH, atau melalui Direct Message (DM) ke Instagram @konktrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.