Skip to main content

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sedang aktif melakukan sosialisasi dan menghimbau masyarakat agar mengurus perizinan melalui Surabaya Single Window. Surabaya Single Window diharapkan dapat meminimalkan kontak langsung antara pemohon dan petugas serta mampu mencegah penyebaran virus Covid-19. Untuk mengoptimalisasi layanan ini, Pemkot Surabaya menyebutkan bahwa layanan perpajakan, administrasi kependudukan (adminduk), hingga kesehatan kini juga dapat dilakukan melalui Surabaya Single Window. Selain untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, strategi ini juga dilakukan sebagai usaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang sempat collapse sejak Pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia. Lalu, apa sebenarnya Surabaya Single Window itu?

Menurut Peraturan Walikota Surabaya No. 21 Tahun 2019 tentang Pelayanan Perizinan dan/atau Non Perizinan Terpadu di Kota Surabaya, Surabaya Single Window (SSW) adalah sistem yang memungkinkan dilakukannya suatu penyampaian data dan informasi secara tunggal, pemrosesan data dan informasi secara tunggal dan sinkron serta pembuatan keputusan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah dalam hal pelayanan perizinan dan non perizinan. Jadi, SSW dapat diartikan sebagai sistem pelayanan terpadu untuk mengurus perizinan, pajak, atau administrasi lainnya secara online milik Pemkot Surabaya. SSW diresmikan pada tahun 2013 dengan tujuan memudahkan warga kota Surabaya maupun orang asing yang ingin berinvestasi dan membuka bisnis di Surabaya.

SSW sendiri telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen (SIM) online di beberapa SKPD atau unit kerja
yang dikoordinasi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sehingga banyak layanan perizinan yang dapat diurus melalui SSW. Saat ini Surabaya Single Window telah memiliki 142 layanan perizinan yang diterbitkan oleh 19 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pasal 7 Peraturan Walikota Surabaya No. 21 Tahun 2019 menyebutkan jenis perizinan dan/atau non perizinan yang dapat diurus melalui SSW, diantaranya :

  1. Surat Keterangan Rencana Kota(SKRK) – Izin MendirikanBangunan (IMB) Rumah Tinggal.
  2. SKRK-IMBuntuk Gudang UMKM/Ruko/Rukan Luas Bangunan < 1300 m² yang dilengkapidengan dokumen Surat Pernyataan KesanggupanPengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL), Arahan Sistem Drainase,dan/atau Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin).
  3. SKRK-IMB yang dilengkapi dengan dokumen SPPL, Arahan Sistem Drainase, dan/atauAndalalin.
  4. SKRK– IMB yang dilengkapi dengan dokumen Upaya PengelolaanLingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL/UPL) dan Izin Lingkungan,Arahan Sistem Drainase, dan/atau Andalalin.
  5. SKRK– IMB yang dilengkapi dengan dokumen Analisis MengenaiDampak Lingkungan Hidup (AMDAL)dan Izin Lingkungan, Arahan Sistem Drainase, dan/atau Andalalin.

Perizinan diatas akan diproses secara simultan lalu diterbitkan dengan berurutan dan diserahkan kepada pemohon secara bersamaan. Biasanya waktu pengurusan perizinan dapat berlangsung selama 14 – 30 hari tergantung kelengkapan data milik pemohon.

Selain perizinan diatas, SSW juga menyediakan layanan pendaftaran izin parsial mandiri secara online. Layanan tersebut terdiri dari 21 bidang dan masing-masing bidangnya mencangkup beberapa perizinan. Perizinan yang dimaksud, diantaranya :

  1. Izin Usaha Industri (IUI)
  2. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  3. Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP).
  4. Izin Pembuangan Air Limbah (IPAL).
  5. Izin Lingkungan.
  6. Surat Tanda Daftar Bursa Kerja Khusus (BKK)
  7. Pengesahan Peraturan Perusahaan.
  8. Pendaftaran Perjanjian Kerja Bersama.
  9. Pencatatan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).
  10. Berbagai jenis layanan perpajakan seperti Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB),Pajak Hotel dan Restoran, Pajak Reklame, serta Pajak Bumi dan Bangunan.

Untuk mengetahui jenis perizinan lain yang dapat diurus melalui SSW, Sobat KH dapat langsung mengunjungi laman https://ssw.surabaya.go.id/.

Selain mengurus perizinan melalui SSW, Sobat KH juga dapat mengurus perizinan untuk usaha melalui Kontrak Hukum lho. Kabar baiknya saat ini Kontrak Hukum telah membuka perwakilan kantor di Surabaya. Sehingga bagi Sobat KH yang berdomisili di Jawa Timur khususnya Surabaya dan sekitarnya dapat langsung menghubungi Kontrak Hukum jika ingin meminta bantuan layanan mengurus perizinan usaha atau melakukan konsultasi
terkait legalitas usaha Sobat KH.

 

Nah Sobat KH, itulah informasi mengenai Surabaya Single Window. Apabila sobat KH memiliki pertanyaan mengenai SSW, perizinan usaha di Indonesia, maupun masalah hukum lain, jangan ragu untuk hubungi Kontrak Hukum ya!

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.