Skip to main content

Pusing tiap bulan harus monitor rekening pribadi karena digunakan untuk keperluan bisnis? Belum lagi atur semua penggantian biaya karyawan untuk pengeluaran bisnis. Maka mungkin sudah saatnya Sobat KH mempertimbangkan menggunakan rekening bisnis untuk usahamu!

Ya, memisahkan penggunaan rekening bank adalah cara yang simple namun efektif sebagai salah satu cara untuk mengatur keuangan. Dengan memiliki dua rekening bank yang terpisah, satu untuk keperluan pribadi dan satu untuk bisnis, rekening tak akan lagi bercampur aduk.

Namun sayangnya, hal ini sepertinya masih belum banyak disadari oleh para pemilik bisnis, khususnya para pemilik UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Pasalnya, banyak di antara mereka yang masih menggabungkan keuangan bisnis dengan tabungan pribadi di satu rekening yang sama. Alasan yang paling sering disebut adalah biar tidak repot atau malas pembukaan rekening. Padahal mencampurkan keuangan pribadi dengan bisnis justru akan lebih merepotkan di kemudian hari, terutama ketika bisnis kian tumbuh besar.

Selain itu, rekening bisnis juga biasanya menawarkan fitur dan fleksibilitas yang dapat mendukung kelancaran bisnis, sehingga dengan memilikinya dapat membantu para pelaku bisnis dalam mengelola keuangan agar lebih terukur. Hal ini juga didukung oleh pemberian suku bunga dari rekening bisnis yang biasanya lebih kompetitif dibandingkan jenis tabungan lainnya. Belum lagi keunggulan lainnya seperti detail transaksi yang lebih lengkap pada buku tabungan, adanya fasilitas transaksi otomatis, hingga adanya info cashflow setiap akhir bulan berdasarkan permintaan dari nasabah.

Nah, melalui fitur-fitur inilah Sobat KH dapat dengan mudah memantau pergerakan uang, baik itu uang masuk maupun keluar sehingga pembuatan laporan keuangan bisnis pun menjadi lebih rapi dan tertata dan pengeluaran serta pendapatan kedepannya bisa diestimasikan. Sobat KH juga bisa melihat-lihat seberapa besar peningkatan laba atau seberapa besar kerugian dalam bisnis yang dikelola.

Dengan begitu, Sobat KH pun lebih fokus menentukan elemen mana yang perlu perbaikan dan mana yang perlu ditingkatkan, serta mengusahakan promosi yang gencar demi keuntungan menjanjikan. Lalu, bagaimana cara membuat rekening bisnis yang dapat membantu pengelolaan keuangan bisnismu dengan mudah?

Syarat Membuat Rekening Bisnis

Jika ingin membuat rekening bisnis, Sobat KH perlu terlebih dahulu melengkapi dokumen persyaratan. Adapun dokumen persyaratan yang dimaksud adalah:

  1. KTP pemilik bisnis
  2. NPWP pemilik bisnis dan entitas usaha
  3. NIB perusahaan
  4. Surat pernyataan pendirian perseroan
  5. Sertifikat pernyataan pendirian perseroan
  6. Formulir pembukaan rekening
  7. Surat kuasa penunjukan pengelolaan rekening
  8. Akta pendirian
  9. Anggaran dasar serta perubahan terakhir (tidak berlaku untuk PT Perorangan)
  10. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan bank

Nah, hayoo cek-cek lagi apakah seluruh dokumen persyaratan diatas sudah kamu miliki sebagai pemilik bisnis? Atau ternyata sudah punya tapi belum lengkap?

Yuk, lengkapi dulu dokumen legalitas sebelum membuat rekening bisnis dengan kunjungi laman https://kontrakhukum.com/keuangan-dan-pajak/ . Lewat layanan dari Kontrak Hukum, segala urusan dan kebutuhan bisnis mulai dari akta pendirian, NPWP, bahkan layanan akunting dan pajak bisa beres dengan mudah. Layanan Kontrak Hukum serasa punya tim komplit dengan harga lebih terjangkau dan pengerjaan lebih efisien.

Nah, setelah dokumen persyaratan terpenuhi, maka selanjutnya Sobat KH dapat melanjutkan proses pembuatan rekening bisnis.Terlebih, seiring dengan perkembangan zaman, layanan pembuatan rekening bisnis juga dapat dilakukan secara mudah berkat adanya aplikasi financial technology seperti ASPIRE.

ASPIRE adalah aplikasi operasi keuangan asal Singapura yang saat ini sudah beroperasi di berbagai negara seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Salah satu produk dari ASPIRE adalah All-in-One Digital Business Account.

Pembuatan dan penggunaan rekening bisnis melalui ASPIRE menjadi tidak ribet. Mau melakukan transaksi internasional?Jangan khawatir, dengan ASPIRE, kamu dapat kirim dan terima dana dari klien internasional dalam 30+ mata uang asing dimanapun dan kapanpun!

Tidak hanya itu, kamu juga dapat membuat anggaran untuk setiap anggota tim, serta dapat batalkan, bekukan, atau perbarui batas pengeluaran pada setiap anggaran, kapan saja. Tidak perlu lagi menunggu token, kamu juga bisa langsung bertransaksi setelah akun aktif.

Beberapa manfaat yang lainnya dapat kamu nikmati dengan menggunakan rekening bisnis ASPIRE adalah:

  • Hemat waktu. Buka akun dalam 10 menit. 100% online.

Dapatkan nomor rekening bisnis Indonesia dalam 1 hingga 3 hari kerja

  • Tidak perlu lagi mencampur pengeluaran pribadi VS pengeluaran perusahaan

Melakukan pembayaran tanpa batas, kartu perusahaan, manajemen pengeluaran dalam satu akun.

  • Hemat uang dengan biaya kurs terendah

Hingga 7x lebih murah daripada bank.

  • Akses ke IDR 1.5 Milyar benefit spesial

Stripe, Notion, Google Workspace, Dropbox, Xero dan masih banyak lagi

Yuk, buka akun rekening bisnis sekarang dan dapatkan akun-mu dalam 5 hari! Membuat akun di ASPIRE juga banyak promonya, lho! Penasaran apa saja?

  • 12 bulan gratis Subscription Fee (tertanggal dari tanggal pendirian badan usaha Anda),
  • Gratis 100x transaksi lokal dan 10x transaksi internasional,
  • Dapatkan IDR 200K jika akun Anda sudah aktif dengan melakukan transaksi min pembayaran IDR 50K.

ASPIRE merupakan bagian dari product bundling layanan bisnis Kontrak Hukum. Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk ASPIRE ini, Sobat KH bisa langsung mengunjungi laman berikut di https://aspire.link/kontrakhukum.

Kontak KH

Untuk melihat layanan prima kami lainnya, segera kunjungi lamanhttps://kontrakhukum.com/semua-layanan/ atau hubungi Kontrak Hukum via link berikut Tanya KH.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.