Tips Jitu untuk Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Bagi sebagian orang, memulai bisnis dengan modal kecil terdengar agak sulit untuk diwujudkan. Stigma ini yang kadang membuat Sobat KH lupa kalau selain modal, bermental baja juga salah satu modal yang harus dimiliki pelaku bisnis. Tidak mudah menyerah dan mampu menghadapi risiko haruslah dipersiapkan.

Tidak dapat dipungkiri, mengembangkan usaha dari awal menjadi besar tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Namun, tahukan bahwa kamu juga bisa memulai usaha dengan modal kecil?

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan impian menjadi seorang pebisnis sukses dengan modal yang terbatas. Mari kita simak bersama.

  1. Produk
    Memulai bisnis dengan modal yang minim, usahakan untuk tidak stok barang dengan jumlah banyak. Buatlah Minimum Viable Product (MVP) untuk mendapatkan feedback dari konsumen. Sehingga kita dapat mengetahui dan memahami apa yang konsumen butuhkan.

    Untuk besaran margin keuntungan dari modal, umumnya pada kisaran 50%. Namun, bagi kamu yang pemula bisa diperkecil lagi sesuai dengan kebutuhan kamu.

  2. Lakukan Riset Pasar
    Dengan melakukan riset pasar akan memudahkan kamu dalam menemukan peluang yang akan terjadi pada bisnis, menemukan apa yang sebenarnya sedang dibutuhkan oleh masyarakat, dan lainnya.

    Jadikan bisnis yang kamu buat hadir sebagai solusi yang tepat sasaran atas permasalahan yang terjadi.

  3. Alokasikan Modal Bisnis dengan Tepat
    Ada dua cara dalam mengalokasikan modal bisnis kamu. Pertama adalah capital expenses, di mana modal digunakan untuk membeli bahan baku, peralatan, dan perlengkapan bisnis.

    Kedua adalah operational expenses yang merupakan pengeluaran operasional mencakup biaya listrik, sewa tempat, gaji karyawan dan sejenisnya.

    Pengalokasian modal yang tepat dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi modal, bahkan yang kecil sekalipun.

  4. Pemasaran
    Pada bagian pemasaran, Sobat KH jangan anggap remeh tiga faktor ini, seperti logo, komunikasi yang baik kepada konsumen hingga supplier, dan yang ketiga adalah pasarkan bisnis lewat jalur organic channel, seperti menggunakan platform media sosial.

    Jangan ragu bahkan malu untuk istilah ‘menjemput bola’. Sobat KH bisa menawarkan produk yang dijual kepada orang terdekat kamu.

  5. Giat Melakukan Inovasi Produk
    Pada dasarnya banyak dari konsumen memiliki sifat mudah bosan, sehingga kita perlu menghadirkan produk-produk inovasi. Hal ini menghindari peluang konsumen akan pindah ke tempat lain yang dirasa lebih menarik dari sebelumnya.

  6. Temukan Bahan Baku Berkualitas Tapi Ekonomis
    Sebagai pebisnis kita harus semangat untuk menemukan supplier bahan baku yang berkualitas jempolan, namun dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa mencari via internet atau langsung riset lapangan.

    Jangan ragu pula untuk bernegosiasi dengan supplier agar bisa berikan kualitas terbaik dengan harga yang murah.

  7. Pandai Time Management
    Buatlah timeline untuk jangka waktu tertentu, seperti 1 bulan misalnya. Langkah ini menghindarimu dari membuang waktu sia-sia. Karena dalam mengembangkan bisnis, Sobat KH wajib mampu memanfaatkan dan menggunakan waktu secara tepat, efektif, dan menguntungkan.

    Pernah dengar istilah ‘Time is Money’ ini lah yang dimaksud. Jika kamu menunda-nunda pekerjaan, maka modal akan terus terpakai tanpa adanya hasil signifikan, dan ini meningkatkan peluang kamu untuk kalah saing dengan kompetitor.

  8. Perimbangkan Dalam Merekrut Karyawan
    Disarankan untuk menggunakan tenaga diri sendiri terlebih dahulu, apalagi bagi kamu yang baru memulai bisnis, ini bertujuan untuk menekan biaya operasional. Setelah bisnis kamu bertambah besar, barulah pertimbangkan kembali untuk merekrut tenaga tambahan.

  9. Rencanakan Keuangan dengan Baik
    Ketika kamu sudah mulai berjalan dan datangkan keuntungan, Sobat KH wajib belajar mengatur keluar masuknya uang dengan baik dan benar. Kamu bisa membuat pembukuan akuntansi sederhana, maka nantinya kamu akan merasakan dampak dari mengelola keuangan yang tepat.

  10. Be The Best!
    Apapun yang kamu jual dan dijadikan sebuah bisnis haruslah yang terbaik. Jangan setengah - setengah dalam menjalankan usaha. Temukan berbagai cara untuk meraih kesuksesanmu dalam berbisnis.

Demikianlah penjelasan mengenai tips jitu dalam memulai bisnis dengan modal kecil yang ternyata bisa terwujud dengan persiapan matang.

Untuk Sobat KH yang masih memiliki pertanyaan atau ingin konsultasi seputar bisnis, bisa segera hubungi Kontrak Hukum via WhatsApp atau telp di 0821-1212-5767 ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun sosial media Instagram kami @kontrakhukum.

Bisa juga melihat langsung layanan legal dari Kontrak Hukum di https://kontrakhukum.com/services atau https://promo.kontrakhukum.com/diba/ untuk melihat layanan Digital Business Assistant (DiBA) yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.