Skip to main content

Kaesang Pangarep masuk sebagai salah satu sosok dalam daftar 40 Under 40 Fortune Indonesia. Dinobatkannya pria berusia 28 tahun ke dalam daftar tersebut adalah berkat deretan bisnis Kaesang yang telah sukses.

Sebagai informasi, 40 Under 40 Fortune merupakan daftar berisi 40 tokoh paling berpengaruh di Indonesia dari berbagai sektor, dengan usia yang belum genap 40 tahun per 31 Desember 2022.

Fortune Indonesia menyebut, Kaesang mewarisi bakat berbisnis dari ayahnya, Presiden Joko Widodo.

Apa Saja Deretan Bisnis Kaesang?

Berikut daftar bisnis Kaesang yang membuatnya masuk ke daftar 40 Under 40 Fortune Indonesia:

Ternakopi

Bisnis Kaesang yang satu ini bergerak di bidang kuliner, tepatnya minuman kopi. Bisnis ini ia jalankan bersama kakaknya, Gibran Rakabuming.

Mangkokku

Bisnis kuliner lainnya yang dimiliki Kaesang adalah Mangkokku yang sudah memiliki 56 gerai di 16 kota di Indonesia.

Sang Pisang

Bisnis yang satu ini merupakan bisnis terbesar Kaesang, dimana telah tersebar di 25 kota dengan 73 gerai dan 1.500 karyawan.

Madhang

Bisnis satu ini merupakan aplikasi yang ditujukan untuk jual-beli makanan. Khususnya untuk membantu para ibu rumah tangga agar bisa mandiri secara finansial.

Siap Mas

Masih dari bidang kuliner, bisnis satu ini menghadirkan produk makan dan minuman ringan seperti Keripik dan Ngedrink.

Hompimpa Gamers

Hompimpa Gamers adalah bisnis hiburan yang menjual berbagai macam board game dengan merek Hompimpa Games. Merek ini membawa pesan toleransi dengan mengedepankan budaya nusantara.

Sang Javas

Selain itu, Kaesang juga memiliki bisnis di bidang clothing bernama Sang Javas. Merek ini memiliki ciri khas berupa gambar kecebong dalam desain bajunya. Kecebong berasal dari kata cebong sebagai sebutan untuk para pendukung Jokowi saat Pilpres.

Saham Rakyat

Ini adalah aplikasi investasi hasil kerja sama Kaesang dengan Kevin Hendrawan dan PT Samuel Sekuritas Indonesia yang debut pada tahun 2022.

Pemilik Saham PT Panca Mitra Multiperdana

Selain memiliki beberapa bisnis di bidang kuliner, teknologi, hingga fashion, Kaesang juga mengakuisisi 8 persen saham perusahaan pengelola makanan beku berbasis udang, PT Panca Mitra Multi Perdana.

Pemilik Saham Persis Solo

Kaesang juga memiliki 40 persen saham klub sepakbola Persis Solo, sekaligus menjadi direktur disana.

Apa Rahasia Di Balik Kesuksesan Bisnis Kaesang?

Untuk berada diposisi seperti saat ini, bukanlah hal yang mudah bagi Kaesang Pangarep. Sejak awal mendirikan bisnis, tentu saja selalu ada hambatan dan tantangan yang menghadangnya.

Meskipun begitu, Kaesang tetap berdiri kokoh dan kerajaan bisnisnya makin lebar hingga memiliki beberapa lini bisnis dan masuk ke dalam daftar 40 Under 40 Fortune Indonesia.

Ternyata, ini rahasia dibalik kesuksesan bisnis Kaesang:

Berani Memulai

Memulai sebuah bisnis memanglah tidak mudah. Namun bagi Kaesan, berani memulai merupakan hal pokok yang harus ditanamkan oleh seorang pebisnis. Alih-alih takut dengan resiko bisnis di masa depan, seorang pebisnis harus berani mengambil dan menghadapi resiko.

Pandai Mencari Modal

Meski berasal dari latar belakang keluarga yang serba berkecukupan, Kaesang merasa segala kerja kerasnya haruslah dari usahanya sendiri, termasuk dalam hal modal bisnis. Salah satu cara Kaesang untuk mencari modal adalah dengan menjadi content creator YouTube dan endorsement.

Berinovasi dalam Bisnis

Seperti yang kita ketahui, bisnis Kaesang dikenal dengan pemberian nama-nama yang unik dan kreatif. Hal ini karena menurutnya, bisnis harus memiliki ciri khas yang membedakan dari bisnis lain agar bisa bertahan dan memiliki daya tarik tersendiri.

Memenuhi Legalitas Bisnis

Sudah punya tekad dan strategi bisnis yang matang? Jangan lupa juga untuk penuhi dokumen legalitas bisnismu!

Adapun salah satu bentuk legalitas tersebut adalah dengan mendaftarkan merek dagang dan logo bisnis ke DJKI Kemenkumham. Tanpa didaftarkan secara resmi, bisa saja merek dagang dan logo bisnismu akan diplagiasi atau disalahgunakan oleh kompetitor.

BACA JUGA: Ada Di Mana-mana, Apa Rahasia Di Balik Suksesnya Franchise Mixue?

Tidak hanya itu, jika bisnis sudah mulai berkembang, tak ada salahnya juga untuk mendirikan badan usaha PT. Hal ini dilakukan agar bisnismu terlindungi secara hukum sekaligus mendapatkan keuntungan dan kesempatan untuk semakin mengembangkan bisnismu.

Kontak KH

Itulah ulasan mengenai deretan bisnis milik Kaesang Pangarep. Bagi Sobat KH yang juga ingin sukses berbisnis, maka tak ada salahnya untuk mengikuti beberapa tips di atas, ya!

Nah, bagi Sobat KH yang ingin mulai berbisnis dan masih membutuhkan beberapa arahan agar bisnismu berjalan lancar, bisa konsultasikan terlebih dahulu bersama Kontrak Hukum

Bersama kami, Sobat KH dapat melakukan konsultasi gratis. Selain kamu juga jangan khawatir karena seluruh data serta informasi-mu terjamin aman dan terlindungi.

Selain itu, ada baiknya juga kamu mempersiapkan beberapa dokumen legalitas untuk melindungi bisnismu sendiri, mulai dari pendaftaran merek dagang hingga pendirian badan usaha PT.

Pertanyaanya kenapa dokumen legalitas penting? Dengan memiliki dokumen tersebut, bisnismu akan terlindungi secara hukum sekaligus mendapatkan keuntungan dan kesempatan untuk semakin mengembangkan bisnismu.

Untuk memenuhinya, Sobat KH bisa serahkan saja pada Kontrak Hukum. Kami menyediakan layanan legalitas bisnis terjangkau dan terlengkap. Adapun layanan yang kami sediakan mulai pendaftaran merek dagang, hingga pendirian badan usaha dan perizinan yang diperlukan seperti NIB, OSS, dan sebagainya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu, Sobat KH bisa kunjungi laman ini.

Jika ada pertanyaan lainnya seputar bisnis dan legalitas, silakan hubungi kami di Tanya KH ataupun melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.