Skip to main content

Pegawai kantoran punya bisnis sampingan? Boleh saja. Bagi Sobat KH yang ingin punya penghasilan tambahan, bisa lho, menjalankan ide bisnis sampingan untuk pegawai kantoran berikut ini.

Ya, seperti yang kita ketahui, tak sedikit pegawai kantoran yang melakukan bisnis di luar pekerjaan rutinnya. Hal ini didasari oleh berbagai alasan, entah itu untuk menambah penghasilan, mengisi waktu luang, atau bahkan agar bisa pensiun dini.

Namun, tentunya bisnis sampingan yang dipilih tidak terlalu menyita waktu dan mengganggu pekerjaan rutin. Jangan sampai pekerjaan utama terbengkalai, dan menjadikan Sobat KH tidak produktif di kantor.

Oleh karena itu, pastikan untuk memilih ide bisnis yang bisa dikerjakan secara fleksibel, kapanpun dan dimanapun. Dengan begitu, bisnis sampingan tak akan mengganggu pekerjaan utama sebagai pegawai kantoran.

Apa Saja Ide Bisnis yang Cocok untuk Pegawai Kantoran?

Selain untuk menambah penghasilan dan mengisi waktu luang, bisnis sampingan juga biasanya digunakan untuk meningkatkan kemampuan seseorang di luar pekerjaan  full time.

Nah, sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini terdapat beberapa ide bisnis sampingan yang bisa kamu coba sebagai pegawai kantoran. Apa saja?

  • Bisnis Makanan Ringan

Ide bisnis sampingan untuk pegawai kantoran yang pertama adalah membuka usaha makanan ringan atau camilan. Hal ini mengingat, camilan dapat menjadi makanan yang paling disukai oleh banyak orang untuk mengganjal perut di sela-sela jam kerja.

Untuk memulai bisnis ini tidaklah sulit. Sobat KH dapat menawarkannya pada teman atau rekan kerja yang ada di kantor. Letakkan makanan ringan pada sebuah wadah di tempat yang mudah terlihat atau di pantry kantor, dimana pada pegawai lainnya dapat melihatnya dengan mudah.

Jangan lupa pula meletakkan keterangan harga sehingga memudahkan para rekan kerja untuk membayarnya nanti. Dengan cara ini, kamu juga tidak perlu mengganggu waktu kerja diri sendiri dan rekan kerja.

  • Bisnis Katering Makanan

Di tengah kesibukan sebagai pegawai kantoran, seseorang tentu memerlukan santapan lezat untuk sarapan maupun makan siang. Namun, kebanyakan menu yang tersedia di kantin kantor cenderung membosankan dan itu-itu saja. Kalau membeli makanan secara online, harganya jauh lebih mahal.

Nah, hal ini bisa Sobat KH jadikan sebagai peluang bisnis sampingan, yaitu dengan membuka bisnis katering makanan. Kamu bisa menawarkan berbagai variasi makanan rumahan setiap harinya agar pelanggan tak merasa bosan.

Jika memungkinkan, mintalah bantuan keluarga dirumah. Jadi, mereka akan membantu memasak dan kamu yang bertugas memasarkannya di kantor. Dengan begitu, Sobat KH bisa mendapatkan cuan tambahan.

  • Agen Properti atau Kendaraan

Ide bisnis sampingan yang cocok untuk pegawai kantoran selanjutnya adalah menjadi agen properti atau kendaraan. Bisnis satu ini bisa dijalankan secara online, jadi bisa dipastikan tak akan mengganggu pekerjaan utama.

Komisi yang didapat dari pekerjaan ini cukup besar, lho! Biasanya, seorang agen akan diberi komisi senilai beberapa persen dari total penjualan. Misal, Sobat KH berhasil menjual unit kendaraan senilai Rp500 juta, biasanya akan mendapatkan fee 1%, yaitu Rp5 juta. Cukup menggiurkan, bukan?

Tawarkan jasa sebagai agen penjualan ini kepada rekan kerja di kantor yang sedang ingin membeli atau menjual rumah maupun kendaraan mereka. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mendapatkan klien dan mencapai target penjualan.

  • Menjadi Influencer

Sobat KH senang bergaya di depan kamera dan dikenal banyak orang? Mungkin kamu bisa memilih jalur menjadi seorang influencer. Ya, tidak perlu jadi artis atau orang hebat dulu, bahkan pegawai kantoran pun bisa jadi influencer.

Sobat KH bisa memulainya dengan membuat video-video ulasan atau tutorial yang diunggah ke Youtube atau Tiktok. Gaet audiens melalui konten kreatif-mu di media sosial, dan kamu bisa memonetisasi akun-mu dengan melakukan endorsement, menjadi affiliate, dan sebagainya.

  • Bisnis Produk Digital

Berbicara soal produk digital, ada banyak produk digital sederhana yang bisa dibuat tanpa menyita banyak waktu. Terlebih, jika Sobat KH memiliki keahlian di bidang digital tertentu. Produk digital yang dimaksud antara lain template website, grafis, desain, foto, klip video, katalog, dan sebagainya.

Menciptakan produk digital bisa dikerjakan saat waktu luang, karena bisnis ini bukan berbasis melayani klien. Jadi, Sobat KH tidak terkekang oleh batas waktu pengerjaan.

Seperti template presentasi, kamu bisa menjualnya di berbagai marketplace.

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu tinggal cocokkan keahlian dan minatmu agar sesuai dengan produk digital yang ingin kamu ciptakan.

  • Menjadi Fotografer

Jika Sobat KH punya hobi fotografi, menjadi fotografer juga bisa menjadi bisnis sampingan yang cocok untuk pegawai kantoran karena tak menyita waktu. Banyak jenis fotografi yang bisa kamu lakukan di waktu luang.

Seperti misalnya fotografer produk, hingga menjadi fotografer pernikahan karena sebagian acaranya dilakukan pada saat akhir pekan. Sehingga, pekerjaan utama-mu pada hari Senin hingga Jumat pun tidak terganggu dengan bisnis ini.

Selain itu, Sobat KH juga bisa menjual koleksi foto di berbagai stok foto terkenal, mulai dari Shutterstock, Dreamstime, Adobe Stock, iStock, dan masih banyak lagi.

Tips Bisnis Sampingan sebagai Pegawai Kantoran

Itulah 7 ide bisnis sampingan yang cocok untuk pegawai kantoran. Seperti yang sudah dijelaskan, bisnis sampingan tersebut haruslah bisa berjalan berdampingan dengan aktivitas di kantor.

Jangan sampai karena ingin mendapatkan penghasilan tambahan, Sobat KH justru harus kehilangan penghasilan utama karena terlalu fokus pada bisnis sampingan.

BACA JUGA: Menguntungkan, 7 Ide Bisnis Modal Kecil Ini Wajib Dicoba!

Oleh karena itu, meskipun hanya bisnis sampingan, tetap harus dikelola dengan bijak dan penuh perhitungan. Jika belum bisa mengelola secara mandiri, kamu bisa mengajak teman atau keluarga untuk membantu mengelola bisnis sampingan.

Kontak KH

Jika Sobat KH merupakan pegawai kantoran yang juga ingin membuka bisnis sampingan, namun masih belum tahu apa dan bagaimana proses atau langkah yang harus dilakukan, ada baiknya untuk melakukan konsultasi bisnis terlebih dahulu bersama Kontrak Hukum.

Tak perlu khawatir, karena Sobat KH dapat melakukan konsultasi gratis dan seluruh data serta informasi-mu terjamin aman dan terlindungi. Untuk informasi selengkapnya mengenai konsultasi gratis di Kontrak Hukum, silakan kunjungi laman ini.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar kebutuhan bisnis atau layanan legal lainnya, Sobat KH juga bisa hubungi kami via laman berikut Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.