Skip to main content

Sobat KH tentu sudah sering melihat beberapa selebriti yang mengiklankan sebuah produk atau brand di berbagai media, bukan? Tahukah kamu, ternyata hal yang mereka lakukan tersebut merupakan salah satu tugas dari seorang brand ambassador, lho!

Bagi Sobat KH yang belum tahu, bisa dibilang brand ambassador adalah seseorang yang memiliki peran besar untuk sebuah brand dan marketing bisnis.

Meskipun tidak dianggap sebagai karyawan, akan tetapi brand ambassador saat ini banyak dibutuhkan oleh bisnis dan perusahaan. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan brand ambassador yang terus meningkat seiring dengan banyaknya pengguna media sosial.

Lantas, apa yang dimaksud dengan brand ambassador? Apa saja tugas dan tanggung jawab mereka, serta manfaatnya bagi bisnis? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut sampai akhir, ya!

Apa Itu Brand Ambassador?

Dilansir dari laman First Bird, brand ambassador adalah seseorang yang mencintai suatu brand dan menginginkannya untuk sukses dengan cara produk brand tersebut terus digunakan.

Sedangkan menurut laman Everyone Social, brand ambassador adalah seseorang yang mempromosikan brand-mu dan produknya ke jaringan yang mereka miliki.

Dari kedua pengertian tersebut, Sobat KH dapat melihat kesamaan, dimana brand ambassador adalah seseorang yang mewakili dan juga mempromosikan sebuah produk ataupun brand  dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness serta penjualan.

Biasanya, orang yang diminta untuk menjadi brand ambassador adalah para selebriti, influencer ataupun seseorang yang memiliki kemampuan profesional dalam suatu bidang serta update dalam sosial media.

Namun, perlu Sobat KH ketahui bahwa untuk menentukan brand ambassador tidak cukup hanya dari orang terkenal. Hal ini mengingat brand ambassador akan menjadi wajah dari brand atau bisnis itu sendiri. Artinya, mereka harus bisa menyampaikan semua hal terkait produk, jasa, atau brand-mu dengan baik.

Contohnya, jika bisnis berfokus dalam bidang pendidikan, maka orang yang cocok untuk menjadi brand ambassador adalah seorang publik figur dan terkenal inspiratif serta memiliki latar pendidikan yang baik.

Perbedaan Brand Ambassador dengan Influencer

Penggunaan istilah brand ambassador dan influencer sering dipertukarkan, padahal masing-masing artinya sangat berbeda. Bahkan fungsi dari brand ambassador dan influencer ini sangat berbeda dengan dampak yang signifikansinya beragam pula untuk bisnismu.

Ya, walaupun keduanya sama-sama memiliki tugas untuk mempromosikan produk atau jasa ke audiens yang lebih luas, tapi ada beberapa hal yang membedakan brand ambassador dengan influencer.

Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh atas opini pasar atau industri tertentu, sedangkan brand ambassador adalah duta merek yang mewakili bisnis dan perusahaan serta dapat berbicara dengan media atas nama brand tersebut.

Selain itu, cara termudah untuk membedakan brand ambassador dan influencer adalah bahwa influencer mewakili brand atau perusahaan dengan caranya sendiri yang unik dan untuk waktu yang relatif singkat, seringkali satu atau dua kali postingan.

Lebih dari itu, brand ambassador lebih seperti perwakilan bisnis dan perusahaan yang memiliki ambisi lebih besar, dan mengkoordinasikan bagaimana brand mereka disajikan dan diwakili.

Selama kontrak, brand ambassador juga perlu menghindari kerja sama dengan pesaing dan lebih cenderung bertahan dalam jangka panjang, bisa satu tahun atau lebih.

Untuk lebih memahami perbedaan brand ambassador dan influencer, Sobat KH bisa simak tabel berikut:

InfluencerBrand Ambassador
Jangka WaktuJangka PendekJangka Panjang
SyaratKOL di bidangnya, memiliki audiens banyakMemiliki citra positif dan audiens besar
EksklusifitasDapat menerima tawaran produk lain di waktu yang samaTidak dapat menerima tawaran produk lain (kompetitor) di waktu yang sama
Cakupan PekerjaanMempromosikan produk/jasaMempromosikan produk/jasa, mewakili bisnis di berbagai event, meningkatkan brand awareness

Tugas dan Tanggung Jawab Brand Ambassador

Brand ambassador tak hanya tampil dalam iklan berupa video maupun billboard konvensional saja. Mereka juga terlibat dalam pelaksanaan strategi pemasaran bisnis di media sosial berdasarkan kesepakatan yang dibuat dalam kontrak kerja sama.

Secara lengkap, berikut adalah tugas dan tanggung jawab brand ambassador bagi bisnismu:

  1. Memahami visi dan misi yang dimiliki bisnis dan perusahaan
  2. Menarik perhatian calon konsumen dan mendorong terjadinya pembelian
  3. Turut membangun brand awareness melalui word-of-mouth marketing
  4. Membangun opini positif tentang brand di jaringan yang mereka miliki
  5. Aktif memberikan tanggapan dan wawasan tentang produk atau jasa baru dari brand
  6. Menjadi wajah brand secara positif
  7. Membantu dalam hal produksi konten dan membuat konsep kampanye atau strategi pemasaran
  8. Berpartisipasi dalam berbagai acara promosi
  9. Menciptakan hubungan yang baik dengan mitra bisnis dan perusahaan
  10. Melakukan promosi melalui akun media sosial pribadi

Apa Manfaat Brand Ambassador Bagi Bisnis?

Hasil survei dari Dimensional Research menunjukkan, 90 persen pelanggan memutuskan untuk membeli produk atau jasa karena dipengaruhi oleh ulasan yang mereka pernah lihat di media sosial.

Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran brand ambassador yang membuat konten ulasan dari suatu brand akan mempengaruhi penjualan dan brand awareness.

Selain itu, menggunakan jasa brand ambassador juga memiliki beberapa manfaat lain bagi bisnis, antara lain:

Menjaga dan Mempertahankan Reputasi Brand

Hadirnya brand ambassador dapat membantu brand dari sebuah bisnis untuk tetap dikenal oleh publik. Salah satunya ketika mereka membagikan aktivitas di media sosial atau bertemu dengan publik saat acara promosi. Namun, hal ini tergantung dengan pemilihan brand ambassador yang tepat dan sesuai.

Mendekatkan Diri dengan Konsumen

Brand ambassador yang baik akan membantu brand untuk mendekatkan diri dengan konsumen dan menggaet para calon pembeli. Salah satunya, yaitu berinteraksi dengan para pengikutnya di media sosial, membuat konten tanya-jawab, atau membalas komentar.

Memberikan Ulasan yang Baik

Manfaat lain dari brand ambassador bagi bisnis adalah mereka dapat memberi ulasan yang baik pada produk atau jasa yang bisnismu miliki. Ulasan yang sudah menjadi perjanjian dengan brand inilah yang pasti akan dipercaya oleh konsumen sebagai sesuatu yang benar.

Memperkuat Strategi Pemasaran

Selain dengan memberikan ulasan yang baik, memiliki brand ambassador juga secara tidak langsung dapat membantu bisnis dalam strategi pemasaran seperti mempromosikan produk dan membuat konten strategi pemasaran di media sosial.

Pentingnya Kontrak Kerja Sama Brand Ambassador

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa saat ini kehadiran brand ambassador sangat dibutuhkan oleh bisnis dan perusahaan. Di tengah persaingan pasar yang begitu ketat, brand ambassador dapat membantu brand atau bisnis untuk meningkatkan awareness dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Namun dalam memilih dan menjalin kerja sama dengan brand ambassador, Sobat KH perlu memperhatikan beberapa hal salah satunya membuat kontrak perjanjian. Mengapa demikian?

Hal ini diperlukan agar perjanjian antara bisnis dan brand ambassador tersebut sah secara hukum dan sama-sama terlindungi jika salah satu pihak melanggar kesepakatan.

BACA JUGA: Mau Endorse? Yuk Kenali Dulu Perjanjian Kerja Sama Influencer!

Bayangkan jika suatu kerja sama tidak diikat dalam suatu perjanjian yang jelas, maka hubunganmu dengan rekan bisnis dan brand ambassador tersebut bisa rusak dan merugikan seluruh pihak.

Oleh karena itu, hubungan kerja sama bisnis termasuk brand ambassador disarankan untuk selalu dituangkan dalam perjanjian tertulis agar jelas hubungan hukum serta hak dan kewajibannya.

Kontak KH

Nah, setelah mengetahui apa itu brand ambassador dan manfaatnya bagi bisnis, jika Sobat KH tertarik menjalankan kerja sama dengan brand ambassador, jangan sampai terlewat untuk membuat kontrak perjanjian, ya!

Tenang saja, karena pembuatan kontrak perjanjian kerja sama bisa dilakukan dengan mudah bersama Kontrak Hukum. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kontrak perjanjian yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu, Sobat KH bisa kunjungi laman ini.

Jika ada pertanyaan lainnya, jangan ragu untuk konsultasikan secara gratis dengan kami melalui Tanya KH dan Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.