Skip to main content

Bagi Sobat KH yang masih menjadi investor pemula, hati-hati dengan investasi ilegal atau bodong. Pasalnya belakangan ini, kasus penipuan investasi ilegal semakin menjamur di kalangan masyarakat.

Dimana investasi ilegal adalah skema penipuan yang menawarkan imbal hasil tinggi yang tidak realistis, dengan mengambil dana dari investor dan menghilang tanpa jejak.

Pada akhirnya, korban investasi ilegal tidak mendapatkan keuntungan dan malah kehilangan seluruh dana mereka.

Oleh karena itu, untuk menghindari jebakan investasi ilegal, penting bagi Sobat KH untuk mengenalnya lebih dalam, mulai dari ciri-ciri hingga cara menghindari investasi ilegal.

Apa Itu Investasi Ilegal?

Secara umum, investasi adalah aktivitas penanaman uang atau modal (aset berharga) untuk tujuan memperoleh keuntungan. Investasi menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Namun dibalik peluang keuntungan menarik, terdapat risiko investasi ilegal yang dapat merugikan para investor.

Seringkali korban akan diminta sejumlah uang untuk menanamkan modal dalam produk atau bisnis, yang sesungguhnya tidak pernah ada.

Investasi ilegal menawarkan sebuah keuntungan yang besar dan menggiurkan. Dengan begitu, para korban akan semakin tertarik dan melakukan investasi tanpa berpikir panjang.

Akan tetapi bukan keuntungan yang akan diperoleh, namun justru akan mendapatkan kerugian jika terjerumus ke dalamnya.

Di Indonesia, masih banyak oknum yang gencar memasarkan produk investasi ilegal. Biasanya mereka menyasar orang-orang yang memiliki informasi minim terkait investasi.

Jadi, orang-orang tersebut berpotensi untuk mudah tergiur dengan keuntungan besar yang mereka tawarkan. Hal tersebut tentu sangatlah merugikan.

Jenis Investasi Ilegal yang Sering Dijumpai

Investasi ilegal biasanya ditawarkan dalam beberapa jenis, yang awalnya terlihat sangat menggiurkan tapi sebenarnya hanya menipu korbannya saja.

Berikut ini beberapa jenis investasi ilegal yang paling sering dijumpai, yaitu:

Investasi Emas Palsu

Investasi emas adalah salah satu jenis investasi jangka panjang yang banyak diminati masyarakat. Namun, hati-hati dengan investasi bodong yang menawarkan keuntungan besar, dengan syarat menyetorkan dana investasi dan kemudian ditukarkan dengan emas.

Emas yang ditawarkan bisa berbentuk emas batangan atau logam mulia, perhiasan emas, atau bahkan koin emas. Namun sebenarnya, emas-emas tersebut adalah palsu dan tidak memiliki nilai jual.

Oknum dari investasi ilegal ini akan menjual emas tersebut dengan harga yang sangat murah, sehingga korbannya akan membeli dalam jumlah banyak.

Permainan Uang

Permainan uang atau money game juga menjadi jenis investasi ilegal yang banyak terjadi. Money game ini juga disebut skema ponzi atau skema piramida yang sudah dilarang di Indonesia.

Sederhananya, money game ini menawarkan keuntungan yang berlipat ganda dari modal yang dikeluarkan. Namun sebenarnya, tujuannya adalah menipu.

Nah, dilansir dari laman Satuan Tugas Waspada Investasi OJK, ciri-ciri money game yang menjadi investasi ilegal dan perlu diwaspadai, yaitu:

  • Tidak ada produk atau jasa yang dijual. Jika pun ada, produk dan jasa tersebut dijual dengan harga yang tidak sesuai. Semuanya hanya sebagai kedok dari bisnisnya.
  • Bonus aktif diperoleh dari perekrutan, atau member get member dapat bonus.
  • Bonus pasif diperoleh dari persentase nilai investasi yang ditanamkan.
  • Pay out hasil bonus keuntungan yang tidak masuk akal.
  • Boleh memiliki lebih dari satu akun, atau dapat digabung berkali-kali.
  • Perusahaan tidak memiliki izin yang sesuai.

High Yield Investment Program

Pada dasarnya, kebanyakan investasi ilegal akan menawarkan hasil keuntungan yang sangat tinggi seperti halnya High Yield Investment Program (HYIP).

Investasi ilegal ini dapat menawarkan bisnis-bisnis yang begitu menjanjikan, seperti bisnis berbasis teknologi atau bisnis batu bara.

Oknum dari investasi ilegal ini biasanya akan mengatakan, hasil dari bisnis perbulannya bisa sangat tinggi hingga bisa balik modal dalam waktu yang singkat.

Ciri-Ciri Investasi Ilegal

Keberhasilan dan popularitas investasi ilegal seringkali didorong oleh kurangnya literasi finansial sebagian orang, serta ketidaktahuan mengenai cara mengidentifikasi ciri-cirinya.

Penawaran yang Tidak Masuk Akal

Karakteristik utama dari investasi ilegal adalah keuntungan yang ditawarkan tinggi dan tidak masuk akal. Selain itu, investasi ilegal juga selalu kemas dengan janji atau jaminan berupa instrumen tertentu seperti giro, emas, dan sebagainya.

Para pelaku menggunakan janji-janji menggiurkan ini untuk menarik minat calon korban tanpa memberikan penjelasan yang jelas mengenai model investasi dan pengelolaan dana.

Tidak Memiliki Izin dari Pihak Berwenang

Investasi ilegal juga dapat dikenali lewat izin yang mereka miliki, khususnya yang dijalankan melalui aplikasi online. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut memiliki izin dari BAPPEBTI dan OJK.

Dengan begitu, kamu dapat memastikan bahwa aplikasi tersebut telah melalui proses pengawasan dan memiliki izin resmi untuk menjalankan investasi sesuai dengan aturan serta kebijakan yang berlaku.

Sistem Investasi Seperti Judi

Selain iming-iming keuntungan besar dalam jangka waktu yang sangat pendek, biasanya ciri-ciri investasi ilegal yakni menerapkan konsep perjudian. Salah satu bentuk investasi ilegal yang menggunakan metode ini adalah aplikasi atau robot trading online.

Lebih lanjut, jenis investasi seperti ini hanya akan memberikan keuntungan pada awal penanaman modal saja. Akibatnya, tingkat kegagalan akan semakin tinggi seiring bertambahnya modal yang diinvestasikan.

Menawarkan Bonus Jika Berhasil Mendapatkan Pengguna Baru

Ciri investasi ilegal lainnya adalah biasanya akan meminta investor untuk mencari nasabah baru, dengan iming-iming keuntungan yang besar jika kita berhasil menggaet nasabah baru.

Hal tersebut biasanya diawali dengan pemberian bonus oleh admin aplikasi investor. Bonus akan semakin besar seiring bertambahnya jumlah pengguna baru yang direkrut.

Desakan dan Tekanan untuk Segera Berinvestasi

Pelaku investasi ilegal seringkali menggunakan teknik desakan dan tekanan agar calon korban segera menanamkan modal. Mereka ingin membuat calon investor merasa harus segera mengambil keputusan tanpa cukup waktu untuk melakukan riset dan mempertimbangkan investasi dengan matang.

Bagaimana Cara Menghindari Investasi Ilegal?

Mengetahui maraknya jenis investasi ilegal, Sobat KH harus cermat dan waspada. Jika saat ini kamu masih menjadi investor pemula, ada baiknya mengetahui tips berinvestasi secara aman.

Adapun beberapa cara menghindari investasi ilegal tersebut adalah sebagai berikut:

Lakukan Riset Mendalam

Cara menghindari investasi ilegal yang pertama adalah dengan melakukan riset mendalam. Sebelum berinvestasi, lakukanlah riset tentang jenis investasi, perusahaan yang menjalankan, serta potensi risikonya.

Disamping itu, periksa juga dokumentasi dengan seksama untuk memastikan keabsahan investasi tersebut. Dengan begitu, Sobat KH dapat membuat keputusan dengan bijaksana.

Cek Testimoni Pengguna

Cara menghindari investasi ilegal selanjutnya adalah mengecek testimoni pengguna. Upayakan jangan hanya bergantung pada testimoni yang ada di situs web perusahaan, karena hal tersebut bisa saja direkayasa.

Carilah informasi independen dan baca ulasan dari pengguna yang telah berinvestasi sebelumnya. Jika ada banyak ulasan negatif atau penipuan yang dicurigai, sebaiknya hindari investasi tersebut.

Cek Melalui OJK

Selain testimoni pengguna, Sobat KH juga perlu melakukan pengecekan melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau badan keuangan resmi lainnya. OJK memiliki data perusahaan investasi resmi yang dapat kamu verifikasi.

Jika perusahaan tidak terdaftar, ada kemungkinan besar bahwa investasi tersebut merupakan investasi ilegal. Jadi pastikan Sobat KH tidak melewatkan cara yang satu ini, ya!

Buat Rencana Investasi yang Jelas

Cara menghindari investasi ilegal lainnya adalah membuat rencana investasi dengan jelas. Sebelum berinvestasi, buatlah rencana investasi jelas tentang tujuan, jangka waktu, dan toleransi risiko yang spesifik.

Pilihlah instrumen investasi dengan risiko yang terukur, seperti deposito, reksa dana, atau obligasi. Hindari tergiur oleh janji-janji keuntungan besar tanpa mempertimbangkan risiko yang mungkin dihadapi.

Buat Perjanjian Investasi

Dalam dunia penanaman modal, surat perjanjian investasi merupakan dokumen sangat penting, yang mengatur persetujuan, syarat, dan kondisi terkait pelaksanaan investasi yang akan digunakan.

Surat perjanjian investasi memuat berbagai keuntungan, hak, kewajiban, dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak terkait investasi.

BACA JUGA: Minim Risiko! Ini 10 Jenis Investasi Terbaik 2023 dan Tipsnya

Surat perjanjian ini digunakan untuk mengatur hubungan antara investor dan pihak penerima modal. Selain itu, dokumen ini juga digunakan untuk melindungi kepentingan kedua belah pihak dalam hal penanaman modal yang dilakukan.

Kontak KH

Itulah informasi seputar pengertian, jenis, ciri-ciri, dan cara menghindari investasi ilegal yang perlu Sobat KH ketahui.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menghindari investasi ilegal adalah langkah penting untuk melindungi keuangan dari potensi penipuan dan kerugian. Dengan berhati-hati dan bijaksana, Sobat KH dapat mengembangkan portofolio investasi yang aman serta menguntungkan.

Nah, untuk investasi yang aman dan terjamin, Sobat KH dapat mempertimbangkan pembuatan surat perjanjian investasi bersama Kontrak Hukum.

Kami dapat membantumu untuk membuat surat perjanjian investasi secara mudah dan cepat, 100% online tanpa tatap muka hanya dalam waktu 48 jam selesai. Dijamin aman dan sah secara hukum karena layanan perjanjian Kontrak Hukum sudah lawyer approved!

Untuk informasi pemesanan, kunjungi laman Layanan KH – Perjanjian Investasi. Jika ada pertanyaan seputar kebutuhan bisnis atau hukum lainnya, silakan konsultasikan secara gratis di Tanya KH ataupun melalui direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis