Skip to main content

Sobat KH, siapa nih, yang sudah nonton ‘Gadis Kretek’ di Netflix? Serial yang diadaptasi dari novel karya Ratih Kumala ini tengah ramai diperbincangkan dan mendapat banyak pujian dari netizen, baik dari segi alur cerita hingga akting para aktor dan aktrisnya.

Seperti diketahui, Gadis Kretek mengisahkan cerita cinta sekaligus penemuan jati diri seorang perajin rokok kretek berbakat yang menentang tradisi di industri kretek di Indonesia pada era 1960-an.

Adapun tokoh utama dalam cerita ini adalah Dasiyah (Jeng Yah) dan Soeraja. Perjalanan hidup kedua tokoh tersebut dipenuhi banyak pelajaran moral dan keuangan. Dimana pelajaran finansial dari serial ini cukup erat kaitannya dengan urusan bisnis.

Ya, selain alur cerita yang dibumbui kisah romansa Jeng Yah dan Soeraja, serial Gadis Kretek juga mengandung banyak pelajaran seputar bisnis yang cukup penting. Kok bisa? Apa saja pelajaran bisnis yang dimaksud? Biar nggak penasaran, yuk simak lebih lanjut disini!

Sekilas Tentang Serial Gadis Kretek

Gadis Kretek merupakan adaptasi dari novel fiksi sejarah yang berjudul sama karya Ratih Kumala. Serial lima episode ini sudah tayang di Netflix sejak 2 November 2023.

Gadis Kretek menceritakan tentang kisah Raja, pemilik pabrik kretek Djagad Raja yang tengah sekarat. Di sisa umurnya, Raja ingin bertemu dengan Jeng Yah yang pernah menjadi cintanya di masa lalu.

Raja meminta anak bungsunya, Lebas untuk mencari keberadaan Jeng Yah. Pencarian inilah yang membangun cerita Gadis Kretek. Lebas berusaha mewujudkan keinginan terakhir ayahnya menemukan keberadaan Jeng Yah.

Di tengah pencarian, Lebas bertemu dengan donatur koleksi museum kretek sekaligus anak dari Rukayah bernama Arum. Rukayah sendiri adalah adik dari Jeng Yah. Lebas dan Arum bekerja sama mencari tahu masa lalu keluarga yang selama ini tak diceritakan.

Sementara itu, Jeng Yah adalah anak perempuan pemilik pabrik rokok Merdeka. Mimpinya untuk membuat saus campuran kretek sangatlah kuat.

Namun, ia harus berhadapan dengan budaya patriarki dimana perempuan dianggap sebelah mata oleh laki-laki, termasuk di pabrik saus kretek. Adanya perempuan di sana dipercaya membuat rasa saus menjadi asam.

Segala halangan tak lantas membuat Jeng Yah menyerah. Ia berhasil mematahkan stereotip tersebut dengan racikan saus buatannya. Dari situ, merek rokok kretek bernama Gadis pun tercipta.

Mimpi memiliki rokok dengan saus buatannya tak lantas membuat Jeng Yah hidup bahagia. Ia harus menerima kenyataan bahwa bisnis kretek keluarganya hancur lebur menyusul tragedi 65.

Selain itu, kekasihnya pada saat itu, Raja, lantas mencuri resep kretek Jeng Yah dan menikahi Purwanti, anak dari rival bisnis kretek keluarganya.

Apa Pelajaran Bisnis yang Bisa Diambil?

Dari alur cerita Gadis Kretek, dapat dilihat bahwa Jeng Yah sebagai tokoh utama merupakan perempuan yang memiliki bakat dalam meracik saus kretek. Ia berhasil meracik saus yang membawa bisnis rokok keluarganya melejit, namun, racikan saus itu dicuri oleh lak-laki yang dicintainya, Raja.

BACA JUGA: Belajar Dari Film The Founders, Ini Cara Yang Ray Kroc Lakukan Untuk Mengembangkan McDonald’s!

Ya, tak hanya tentang cinta dan penemuan jati diri, ada pelajaran bisnis yang bisa diambil dari serial Gadis Kretek. Penasaran dengan pelajaran bisnis yang dimaksud? Berikut ulasannya:

Manajemen Supply Chain yang Baik

Dalam dunia bisnis, ada istilah yang disebut dengan supply chain. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, supply chain berarti rantai pasok yang membentuk jaringan antara produsen dan pemasok, dalam memproduksi dan mendistribusikan produknya ke pelanggan.

Di serial ini, dijelaskan dengan detail bagaimana kualitas tembakau akan sangat mempengaruhi rasa dari kretek yang dijual di pasaran. Dimana ayah Jeng Yah, sempat dicurangi oleh vendor pemasok tembakau. Alhasil, dia membeli tembakau berkualitas buruk di harga premium.

Hal ini tentu mengakibatkan masalah dalam urusan penjualan dan berdampak pada kinerja bisnis di jangka panjang. Namun untungnya, masalah ini bisa terselesaikan lewat bantuan Soeraja. Ia berhasil menemukan pemasok tembakau lain yang kualitasnya lebih bagus meski belum dikeringkan.

Terus Melakukan Inovasi

Dalam industri kretek masa lalu, ada stigma yang menyatakan bahwa perempuan tak boleh menjadi peracik saus kretek. Namun Jeng Yah berhasil membuktikan bahwa stigma itu salah.

Dimana saat dirinya meracik saus Kretek Gadis dan meluncurkan program pemasaran untuk kretek tersebut, bisnisnya jadi makin laris manis.

Sejak awal, Jeng Yah sudah menyadari adanya potensi keuntungan besar dari inovasi. Ia juga menyatakan, apabila produsen kretek tidak memiliki terobosan, maka akan merugi di masa depan.

Customer Engagement yang Kreatif

Jeng Yah bukan hanya perempuan cerdas, namun juga pemasar andal. Ia menemukan racikan saus kretek anyar dan membuat sebuah merek kretek baru bernama Kretek Gadis, satu keluarga dengan merek Merdeka yang didirikan oleh ayahnya.

Uniknya, ia melakukan pemasaran bukan dengan menghujankan brosur iklan kretek dari udara seperti yang dilakukan oleh merek pesaing (Proklamasi), tetapi dengan aktivasi yang unik, yakni gimmick berupa set teko dan cangkir untuk setiap pembelian Kretek Gadis.

Gimmick itu diberikan tidak utuh langsung satu set, tetapi bertahap agar orang terus menerus membeli kreteknya sampai perangkat minum itu komplit.

Pemilihan Tim yang Tepat

Kunci keberhasilan bisnis juga bergantung dari pemilihan tim yang tepar, lho. Dimana dalam hal ini, sosok Soeraja adalah talenta yang diunggulkan ayah Jeng Yah untuk menjadi mandor bisnisnya. Soeraja juga diincar oleh Djagad, pesaing ayah Jeng Yah.

Soeraja dan Jeng Yah merupakan peracik kretek yang andal. Mereka mampu membedakan aroma bahan baku berkualitas atau tidak, serta tajam memprediksi kreteknya bakal sukses di pasaran.

Pahami Rahasia Dagang

Teknik ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) tentu menjadi hal yang umum terjadi dalam persaingan bisnis. Namun, apa jadinya jika kompetitor memodifikasi alias menjiplak ide produk seperti yang terjadi antara bisnis Kretek Gadis dan Kretek Proklamasi?

Perlu diketahui bahwa racikan atau resep merupakan aset bisnis yang bernilai dan perlu dijaga kerahasiaannya. Sebagai aset bisnis, rahasia dagang penting untuk dilindungi untuk mencegah pihak lain yang memiliki bisnis sejenis maupun yang tidak sejenis mengetahui informasi tersebut yang akan menimbulkan kerugian bagi penemu.

BACA JUGA: Terjadi Pelanggaran Rahasia Dagang, Bagaimana Penyelesaiannya?

Dalam hal ini, racikan saus kretek Jeng Yah juga bisa dikategorikan dan dilindungi sebagai rahasia dagang karena memuat lingkup-lingkup sesuai dengan Pasal 2 UU No 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang, seperti metode produksi, metode pengolahan, metode penjualan, atau informasi lain di bidang teknologi dan/atau bisnis yang memiliki nilai ekonomi dan tidak diketahui oleh masyarakat umum.

Nah, itulah lima pelajaran dari serial Gadis Kretek. Ternyata selain alur ceritanya yang menarik, siapa sangka ternyata serial yang tengah viral ini juga menyimpan banyak pelajaran bisnis didalamnya, ya.

Kontak KH

Bagi Sobat KH yang saat ini sedang atau ingin menjalani bisnis namun masih bingung terkait bagaimana proses dan apa saja langkah yang harus dilakukan, bisa konsultasikan saja dengan Kontrak Hukum.

Kami telah dipercaya oleh lebih dari 5000 perusahaan di Indonesia dalam menyelesaikan kebutuhan bisnis mereka, termasuk pemasaran, keuangan, perjanjian kerja sama, hingga hingga kebutuhan kekayaan intelektual lainnya seperti rahasia dagang.

Tak perlu khawatir, karena layanan yang tersedia sangatlah lengkap, terjangkau, dan ditangani langsung oleh ahli profesional berpengalaman, sehingga cocok bagi para pebisnis pemula maupun UMKM.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha. Jika ada pertanyaan, kamu juga bisa hubungi kami di Tanya KH ataupun mengirimkan direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum. Dengan KH, #semuajadiberes!

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.