Skip to main content

Piala Dunia 2022 di Qatar sedang berlangsung. Ajak sepak bola empat tahunan yang berlangsung dari tanggal 20 November – 18 Desember 2022 ini tak hanya disambut antusias oleh para pecinta sepak bola untuk berkumpul dan nonton bersama, tetapi juga memunculkan beragam ide bisnis untuk meraih keuntungan.

Ya, untuk meramaikan gelaran sepak bola terbesar sejagat ini, Sobat KH bisa menjajal beberapa ide bisnis saat piala dunia yang dijamin laris manis. Mulai dari bisnis berbagai produk dan layanan bertemakan piala dunia, hingga penyediaan lokasi nonton bareng (nobar).

Ingin tahu kan, apa saja ide bisnis bertema piala dunia yang bisa Sobat KH coba? Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Bisnis Jersey Tim Piala Dunia

Menonton bola tak lengkap rasanya jika tidak menggunakan atribut tim jagoan kamu. Oleh karenanya, bisnis jersey tim piala dunia selalu laris manis selama gelaran piala dunia

Tentukan bentuk jersey yang akan kamu jual, bisa dalam bentuk polosan atau custom. Hal yang perlu diperhatikan juga tentunya kualitas jersey yang akan Sobat KH jual, apakah kamu akan menjual jersey kualitas KW, KW Super, Grade Ori, atau original.

Usahakan juga jersey yang Sobat KH jual merupakan produk yang tidak ada di tempat lain, sehingga lapak kamu akan dikenal sebagai tempat yang lengkap dan unik.

Bisnis Merchandise Tim

Selain jersey, pernak-pernik atau merchandise tim juga merupakan hal wajib yang harus dimiliki bagi para pecinta sepak bola. Nah, pada saat gelaran piala dunia berlangsung, bisnis yang menjual atribut tim nasional pasti akan kebanjiran pesanan. Mulai dari emblem, mug, kaus, syal atau topi.

Bagi Sobat KH yang ingin berbisnis merchandise, bisa melakukan produksi sendiri dengan cara mencetak aneka produk tersebut di konveksi ataupun bertindak sebagai reseller.

Menariknya, ide bisnis yang satu ini bisa Sobat KH jalankan dengan sistem pre-order (PO), lho! Artinya, kamu baru menyablon dan mengeluarkan produksi ketika ada pesanan masuk saja. Dengan begitu, bisnis ini tentu bisa mengefisiensi biaya produksi untuk pengeluaran yang tidak perlu.

Bisnis Hampers Piala Dunia

Gelaran piala dunia tahun ini berbarengan dengan momentum akhir tahun, yakni natal, tahun baru, serta wisuda. Tak sedikit juga mungkin teman-teman Sobat KH yang berulang tahun atau menikah pada akhir tahun ini.

Nah, gelaran piala dunia bisa jadi peluang yang menarik untuk memulai bisnis hampers edisi khusus piala dunia. Ada berbagai barang yang bisa Sobat KH masukan dalam satu paket hampers piala dunia, mulai dari botol minum, hand sanitizer, masker, hingga kartu ucapan custom.

Sobat KH juga bisa mengemas paket hampers tersebut dengan desain atau bungkusan bertemakan sepak bola atau negara tertentu tim piala dunia. Menarik, bukan?

Menggelar Acara Nobar

Selain berbisnis jualan produk, menggelar acara nobar alias nonton bareng juga menjadi salah satu ide bisnis yang dijamin laris manis saat piala dunia. Ya, sudah menjadi tradisi bahwa setiap gelaran sepak bola bergengsi selalu diwarnai dengan kegiatan nobar, baik bersama tetangga, teman-teman, hingga masyarakat umum.

Menariknya, Sobat KH bisa memperoleh cuan dari acara nobar ini. Mengingat kebanyakan orang rela membayar lebih agar bisa mengikuti acara nobar. Pasalnya, nobar piala dunia memiliki sensasi yang lebih seru dan menyenangkan.

Selain itu, Sobat KH juga bisa memanfaatkan acara nobar ini untuk ide bisnis lainnya, yaitu menjual makanan dan minuman. Karena tentu nobar akan kurang seru tanpa ada makanan dan minuman yang mendampingi hingar bingar dukungan pada tim kesayangan, bukan?

Bisnis Digital

Ide bisnis terakhir yang dijamin laris manis saat piala dunia adalah bisnis digital. Bisnis digital artinya Sobat KH menjual produk non fisik yang hanya bisa dinikmati secara visual atau audio saja.

Beberapa produk digital yang banyak dibeli adalah desain poster, desain feeds instagram, desain logo, dan bentuk graifs lain. Sobat KH bisa membuat poster yang memuat karya grafis bertemakan piala dunia, misalnya menciptakan karakter kartun atau animasi sendiri. Biasanya, karakter-karakter khusus tersebut seringkali dibeli oleh brand untuk kepentingan media promosi mereka. Harga lisensi produk digital juga sangat menjanjikan.

+++++

Itulah 5 ide bisnis yang dijamin laris manis saat gelaran piala dunia. Semoga bisa menginspirasi dan memberikan hasil yang menjanjikan bagi Sobat KH, ya!

Yang terpenting adalah, Sobat KH perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan ide bisnis apa yang akan kamu jalani. Melalui riset pasar ini, Sobat KH dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan menghasilkan keuntungan optimal.

Nah, setelah memilih salah satu ide bisnis tersebut, jangan lupa juga untuk segera daftarkan merek dagang-mu supaya tidak dicuri atau ditiru kompetitor. Sekalian juga buat Nomor Induk Berusaha (NIB) agar bisnismu bisa naik level.

Dengan memiliki NIB, Sobat KH akan mendapatkan banyak keuntungan loh, salah satunya seperti lebih mudah mendapatkan pendanaan modal usaha dari Kementerian BUMN, sehingga bisnismu pun akan terjamin keberlangsungannya dan tidak hanya menguntungkan di masa piala dunia saja.

Kontak KH

Bagi Sobat KH yang tertarik untuk menjalankan ide bisnis saat piala dunia atau masih memiliki pertanyaan seputar bisnis lainnya, bisa segera hubungi Kontrak Hukum.

Kontrak Hukum menyediakan layanan Digital Business Assistant (DiBA) yang dapat membantu Sobat KH untuk menghadapi masalah mengenai proses atau langkah yang harus dilakukan dalam berbisnis, mulai dari legalitas, pemasaran, hingga masalah keuangan.

Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman https://kontrakhukum.com/digital-assistant/ atau hubungi Kontrak Hukum via link berikut Tanya KH serta melalui Direct Message (DM) ke media sosial instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.