Mau Bisnis Online Shop Lebih Lancar? Gudang Online Solusinya!

Semua pelaku bisnis pasti ingin bisnisnya cepat berkembang. Ketika berbicara tentang bisnis yang semakin besar, Sobat KH pasti teringat dengan stok produk yang semakin banyak karena jumlah pelanggan pun semakin besar. Namun, penampungan stok barang kerap menjadi masalah para pelaku bisnis, terutama online shop. Selain karena tidak ada gudang untuk menampung, tidak semua pelaku bisnis memahami manajemen gudang yang baik. Tugas ini kerap dianggap berat dan ribet.

 

Thanks to technology! Berbagai kegiatan dipermudah dengan bantuan digital. Nah, jika Sobat KH mengalami masalah-masalah yang disebutkan di atas, yang Sobat KH butuhkan adalah gudang online.

 

Selain gudang online, pastikan bisnis Anda dapat berkembang dalam jangka panjang secara aman dengan memastikan kelengkapan legalitasnya. Yuk simak informasi di bawah ini!


Penuhi Legalitas Bisnis Online 

Tidak hanya toko konvensional, online shop atau pelaku usaha yang berjualan di e-commerce juga harus memenuhi perizinan dalam berdagang, yakni Izin Usaha. Ketentuan ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PP PMSE). 

 

Pembuatan Izin Usaha bisa diakses melalui sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau biasa disebut dengan Online Single Submission (OSS). Peraturan ini juga berlaku untuk toko online yang sudah memiliki izin usaha yang mana wajib untuk mendaftarkan ulang izin usahanya melalui OSS. Apabila dilanggar, terdapat sanksi administrasi hingga pencabutan Izin Usaha yang sudah ada.

 

Dengan memenuhi legalitas, online shop Sobat KH akan mendapatkan perlindungan hukum dan diakui oleh peraturan perundang-undangan. Selain itu, legalitas dapat pula digunakan sebagai sarana promosi dan meningkatkan kredibilitas bisnis. Pada akhirnya, konsumen akan lebih memilih toko yang sudah dijamin oleh hukum.

 

Adapun tujuan pemerintah membuat regulasi yang mengatur para pelapak online ini tak lain juga untuk mengejar pajak. Selain itu pemerintah juga ingin menciptakan iklim usaha yang adil untuk toko online dan offline. Nah, sudahkah online shop Sobat KH punya Izin Usaha?

Efisiensi Bisnis, Kenali Gudang Online

Secara sederhana, gudang online dapat didefinisikan sebagai gudang yang dibuat untuk membantu kelancaran bisnis para pelaku usaha online. Biasanya gudang online dibuat di ruko, rumah, atau berbagai ruang yang tidak dipakai. Gudang online tidak hanya menyediakan jasa menampung barang, tetapi juga melakukan proses pengemasan serta distribusi barang hingga ke tangan konsumen.

Fungsi gudang online memang sangat kompleks. Karena itu, dalam istilah lain, gudang ini juga dikenal dengan istilah fulfillment center.

 

 Manfaat gudang online untuk bisnis kecil

Jika pelanggan online shop Sobat KH mulai banyak, Anda harus menyimpan stok produk dalam jumlah yang banyak pula. Mungkin saat ini Anda bingung ingin menyimpan stok tersebut di mana karena tidak ada ruang yang tersisa di rumah dan sangatlah mahal kalau sewa gudang sendiri. Belum lagi biayanya yang harus dibayarkan dimuka dan biasanya harus 2 tahun. Nah, sekarang saatnya Sobat KH mengandalkan jasa gudang online

Agar lebih spesifik dan Sobat KH mengerti bahwa gudang online memang sangat penting demi kelancaran bisnis, simak beberapa poin manfaat gudang online di bawah ini!


  • Menghindari rumah berantakan

Bayangkan rumah yang menjadi personal space Sobat KH dipenuhi dengan barang-barang jualan. Pasti pusing deh! Apalagi Sobat KH adalah mahasiswa yang tinggal di kosan. Jika terus-menerus melihat stok barang jualan menumpuk, Sobat KH mungkin akan capek sendiri karena terus dibayangi oleh pekerjaan.

Nah, untuk menghindari masalah tersebut, stok barang yang sudah cukup banyak bisa dititip di gudang online. Karena jasanya sudah lengkap sekaligus untuk pengemasan dan pengiriman, Anda juga tidak perlu ribet untuk meluangkan waktu packing barang dan mengantarkan barang-barang tersebut ke jasa ekspedisi untuk segera dikirim. Gudang online bisa mengatur semua!


  • Keamanan barang terjamin

Jika Anda menyimpan stok barang di rumah, lalu bepergian ke tempat lain, bisa saja stok barang tersebut hilang. Belum lagi ada masalah lain seperti atap rumah bocor, banjir, dan sebagainya, yang mengancam kemulusan produk yang ingin Anda jual.

Di gudang online, keamanan barang sangat terjamin. Di sana ada petugas yang akan mengecek kondisi semua stok barang secara rutin. Hal ini dilakukan agar kualitas barang yang disimpan di gudang online tersebut tetap terjamin. Jadi, Sobat KH tidak perlu khawatir stok barang rusak atau hilang ya!


  • Asuransi barang

Selain adanya petugas yang memantau kondisi barang di gudang online, jasa ini juga menawarkan asuransi untuk stok barang yang rusak karena bencana seperti gempa, banjir, dan kebakaran. So, percayakan saja stok barang Sobat KH di gudang online!


  • Hemat biaya sewa gedung

Karena Anda tidak mau membuat rumah terlihat berantakan dengan tumpukan stok barang jualan, Anda mungkin kepikiran untuk menyewa gedung khusus tempat menyimpan barang-barang tersebut. Namun apakah Anda yakin? Biaya sewa gedung sekarang cukup mahal lho! Belum lagi harus membayar maintenance gudang juga karyawan untuk menjaga dan merapikan stok barang di gedung tersebut.

 

Tenang, masalah ini bisa diatasi dengan gudang online. Di sini Sobat KH tidak perlu menyewa gedung untuk dijadikan sebagai gudang penyimpanan atau mengeluarkan biaya lain untuk membayar karyawan tambahan. Gudang online memanfaatkan ruang-ruang kosong yang letaknya strategis dan berada di dekat kawasan tempat tinggal konsumen alias pusat-pusat kota. Semua jadi lebih mudah, kan?

  • Hemat biaya distribusi

Selamat hemat biaya gedung, gudang online juga memungkinkan Sobat KH lebih hemat biaya distribusi lho

Selama ini mungkin pusat pergudangan banyak yang dibangun jauh dari lokasi strategis. Hal ini tentu akan memberatkan pelaku bisnis kecil. Dengan keberadaan gudang online yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal konsumen, biaya distribusi pun otomatis akan lebih rendah. Konsumen juga akan puas karena barang pesanannya akan lebih cepat diterima.


  • Kerapian barang terjamin

Bukan gudang online namanya jika stok barang yang disimpan tidak rapi. Gudang online memang dilengkapi dengan sistem manajemen gudang yang direncanakan dengan baik sehingga alur manajemennya pun jelas dan tertata.

Karena jasa gudang online tidak hanya sebatas menampung stok barang, tetapi juga pengemasan dan pengiriman barang, maka di sana ada petugas yang selalu melakukan pengecekan kualitas dan ketersediaan barang, serta memastikan pengiriman barang tertentu sudah sesuai ke alamat tujuannya. 

 

Bayangkan jika Sobat KH melakukan manajemen gudang tersebut sendirian, ribet!

Manajemen gudang online

Manajemen gudang online adalah seluruh proses penyimpanan dan pengelolaan stok barang di gudang online. Ada beberapa aktivitas yang termasuk bagian dari manajemen gudang, yakni:


       1. Sistem administrasi

Proses ini merupakan kegiatan yang dilakukan di gudang online untuk mengatur kapasitas gudang serta melakukan pengawasan terhadap kondisi semua stok barang. Dalam sistem administrasi, penerimaan dan pengiriman barang diatur dan dicatat dengan baik.


       2. Penerimaan barang

Penerimaan barang adalah kegiatan yang terjadi ketika ada pelaku usaha yang membuat permintaan untuk menyimpan stok barang jualannya di gudang online. Demi kelancaran proses, penerimaan barang biasanya dibantu dengan software tertentu untuk mendata stok barang yang akan disimpan di gudang.

      3.Penyimpanan barang

Jika barang sudah diterima dari klien atau pelaku usaha, barang tersebut pun dibawa ke gudang dan diperiksa kembali kondisinya. Petugas gudang online juga akan menghitung kembali jumlah barang yang diterima lalu memberi kode untuk setiap barang agar bisa disimpan di gudang sesuai kategorinya. Pemberian kode barang juga dilakukan untuk memudahkan pendataan dan pengecekan barang oleh petugas.


      4. Pengemasan barang 
Di gudang online, barang yang sudah dipesan oleh konsumen akan segera dikemas dengan baik. Petugas memastikan tidak ada kecacatan barang.


      5. Pengiriman barang
Pengiriman atau pengeluaran barang juga dicatat dengan rinci oleh petugas gudang online. Pencatatan dilakukan untuk mengetahui jumlah stok barang yang tersisa di gudang online. Setelah itu, petugas akan mengirimkan barang melalui kurir atau jasa ekspedisi yang telah bekerja sama dengan gudang online tersebut.

Keeppack, gudang online terbaik untuk kelancaran bisnis

Jika saat ini Sobat KH sedang merintis usaha kecil, terutama bisnis online shop, dan membutuhkan jasa gudang online, Keeppack adalah jasa yang bisa Anda andalkan!

Keeppack memberikan layanan manajemen gudang terbaik untuk membantu Sobat KH dalam menangani aspek penyimpanan dan pengiriman yang lebih tertata. 

Agar pengiriman dapat dilakukan ke berbagai wilayah, Keeppack juga telah bekerja sama dengan berbagai jasa ekspedisi, mulai dari JNE, Wahana, SiCepat, Pos Indonesia, J&T Express, Ninja Xpress, TIKI, Lion Parcel, SAP, Pandu Logistics bahkan Gojek dan Grab! Lengkap banget kan!

Ayo, jangan ragu pakai jasa gudang online dari Keeppack. Dengan bantuan Keeppack, Anda bisa #FokusJualanAja!