Modal Kecil Cuan Gede! Ini 8 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Hi Sobat KH. Kamu seorang ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan mempunyai bisnis sampingan? Jika iya, maka kamu berada di artikel yang tepat karena artikel ini akan membantu menemukan ide bisnis yang tepat untukmu.

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kamu harus berhenti mengejar mimpi menjadi seorang pebisnis. Dengan berkembangnya zaman, saat ini tidak menutup kemungkinan ibu rumah tangga bisa mendapatkan penghasilan walaupun tetap berada di rumah.

Jika kamu adalah salah satu ibu rumah tangga yang ingin membangun bisnis dengan sedikit modal namun menghasilkan banyak keuntungan, yuk simak penjelasan tentang 8 ide bisnis menarik berikut!

  1. Menjadi dropshipper
    Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang pertama adalah dengan menjadi seorang dropshipper. Seperti yang kita ketahui, saat ini keberadaan e-commerce tentu sangat memudahkan siapapun untuk memulai bisnis, bahkan dari rumah.

    Dropshipper adalah jenis usaha yang dilakukan dengan menyalurkan barang dari distributor ke konsumen kamu. Cara menjadi dropshipper pun sangat mudah, kamu bisa melihat trend barang yang sedang diminati, lalu mulailah tawarkan pada orang-orang sekitar.

    Dengan menjadi dropshipper, kamu tidak perlu khawatir soal stock dan pengiriman barang, karena semua itu akan dilakukan langsung oleh supplier kamu. Bisnis untuk ibu rumah tangga menjadi seorang dropshipper banyak diminati karena mudah dan praktis. Kamu cukup mencari supplier terpercaya dengan harga yang murah agar barang yang kamu jual dapat bersaing di pasaran.

  2. Membuka jasa catering rumahan

    Kamu merupakan seorang ibu rumah tangga yang suka masak dan sudah banyak yang mengakui bahwa masakanmu enak? Jadikan sebagai peluang bisnis saja!

    Dengan menjalankan ide bisnis satu ini, kamu tidak perlu berpikir rumit untuk membuka restoran karena kamu hanya perlu menyajikan menu makanan berat untuk kebutuhan prasmanan seperti paket nasi box, kue kering, kue basah, dan lain-lain.

    Bisnis untuk ibu rumah tangga dengan membuka jasa catering rumahan tidak memerlukan biaya tambahan seperti sewa tempat layaknya restoran. Kamu bisa menggunakan dapur pribadi dan memulai promosi dengan menawarkan menu andalan melalui media sosial dan orang-orang terdekat.

  3. Membuat bisnis makanan beku
    Makanan beku atau frozen food menjadi penyelamat ketika seseorang sedang malas masak. Nah, fenomena ini bisa menjadi peluang bisnis, loh! Kamu bisa memulai bisnis menjual makanan beku.

    Terlebih lagi makanan beku bisa bertahan lama sehingga kamu bisa tinggal menyediakan kulkas untuk menyimpan dan menjaga suhu makanan tetap beku. Jenis makanan beku yang bisa kamu jual adalah nugget homemade, pempek, risoles, ayam potong, daging giling, sampai pisang coklat yang siap digoreng.

    Jadi, bisnis membuat dan menjual makanan beku bisa menjadi salah satu ide bisnis yang cocok dilakukan ibu rumah tangga karena mudah dilakukan dan bisa disambi dengan pekerjaan rumah lain.

  4. Membuat kerajinan tangan
    Jika kamu merupakan seorang ibu rumah tangga yang memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan dari barang-barang yang ada, mungkin bisnis ini jadi salah satu ide yang tepat.

    Tidak salahnya mencoba bisnis untuk ibu rumah tangga yang satu ini dengan memanfaatkan barang-barang yang telah ada dan menambah nilai jual. Contoh kerajinan tangan yang bisa kamu buat antara lain souvenir, parcel, bingkisan, karangan bunga, boneka kain, dan lain-lain.

    Modal utama untuk bisnis yang satu ini adalah kreativitas. Kreativitas akan semakin berkembang dan meningkat seiring waktu jika kamu terus mengasahnya. Kamu juga bisa lebih mengembangkan kreativitas dan bakat dengan mempelajarinya melalui internet.

  5. Berbisnis tanaman
    Belakangan gaya hidup minimalis sedang banyak digemari dan dibahas di media sosial. Salah satu aspek terpenting dari gaya hidup minimalis adalah dengan menanam tanaman di rumah untuk menjadikan rumah lebih segar dan asri.

    Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai ide bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil. Terlebih jika kamu seorang pecinta tanaman, kamu bisa menjajakan tanaman hias yang sedang menjadi tren dan banyak digemari.

    Selain menjual secara ecer, kamu juga bisa menjual secara partai besar untuk dekorasi rumah atau kantor. Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang satu ini tergolong mudah dan tidak membutuhkan banyak modal mengingat beberapa bibit tanaman hias yang mudah didapat dengan harga murah.

  6. Membuka kursus atau bimbingan belajar di rumah
    Ide bisnis yang satu ini juga menjadi salah satu usaha untuk ibu rumah tangga yang terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak modal. Apalagi jika bekal mengajar dan ilmu pengetahuan sudah kamu dapatkan sejak bangku sekolah atau perguruan tinggi.

    Ide bisnis untuk membuka kursus atau bimbingan belajar di rumah sangat relevan mengingat meningkatnya kebutuhan akan guru les dan anak-anak yang membutuhkan bimbingan belajar untuk beberapa mata pelajaran yang sulit dikuasai.

    Beberapa mata pelajaran yang seringkali membutuhkan guru les antara lain matematika, bahasa inggris, ilmu pengetahuan alam, hingga mengaji. Pekerjaan ini tidak akan banyak menyita waktu sehingga kamu tidak perlu takut urusan rumah tangga akan terbengkalai.

  7. Menjadi make up artist (MUA)
    Bisnis MUA adalah salah satu ide bisnis yang paling menjanjikan, baik itu untuk dijadikan sebagai pekerjaan utama ataupun sebagai usaha sampingan. Pasalnya merias wajah memang menjadi salah satu kebutuhan terutama bagi perempuan.

    Profesi MUA juga semakin populer saat ini seiring dengan perkembangan teknologi dan tren make up yang sudah beredar luas di berbagai media sosial. Jasa MUA saat ini juga sudah dianggap sangat penting dalam berbagai acara seperti wisuda, pre-wedding, pemotretan, peragaan busana, pernikahan, hingga berbagai pertemuan lainnya.

    Jika kamu ingin memulai bisnis menjadi MUA profesional, kamu dituntut untuk ahli dalam menerapkan make up dan keahlian ini dapat ditingkatkan melalui kursus atau workshop MUA, hingga youtube, instagram, dan tiktok.

  8. Membuka jasa laundry
    Ide bisnis yang satu ini juga cocok dijalankan untuk ibu rumah tangga terlebih banyaknya orang-orang seperti pekerja atau mahasiswa yang sering tidak punya waktu untuk mencuci. Sehingga jasa laundry menjadi solusi dan peluang bisnis terkait hal tersebut.

    Terdapat beberapa pilihan jasa laundry seperti laundry kiloan, laundry boneka, laundry sepatu, dan lain-lain. Jasa laundry umumnya dibagi menjadi tiga pekerjaan yakni cuci saja, setrika saja, atau cuci dan setrika. Dengan begitu, kamu bisa melayani pelanggan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

    Untuk menjalani bisnis ini, pastikan harga jasa yang kamu tawarkan terjangkau dan tidak jauh dari harga pasaran. Untuk mempermudah kamu dalam menentukan harga, ada baiknya untuk melakukan survei terlebih dahulu.
Nah, itulah delapan ide bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil namun bisa dijalani tanpa mengabaikan urusan keluarga. Jika bisnis yang dijalani menunjukkan perkembangan, kamu bisa melebarkan sayap bisnis dan membantu ibu rumah tangga lainnya untuk mendapatkan penghasilan.


Tapi Sobat KH juga jangan lupa, setelah punya bisnis segera daftarkan merek supaya merekmu tidak dicuri atau ditiru kompetitor ya. Nah setelah itu sekalian buat juga Nomor Induk Usaha (NIB) agar usahamu bisa naik level. Dengan memiliki NIB akan banyak keuntungan loh, salah satunya seperti lebih mudah mendapatkan pendanaan modal usaha dari Kementerian BUMN.

Bagi kamu yang hendak berbisnis dan memiliki pertanyaan seputar bisnis seperti finance, pajak, dan lainnya segera konsultasikan dengan Kontrak Hukum dengan menghubungi via Whatsapp atau telpon di 0821-1212-5767, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Dan jika Sobat KH membutuhkan layanan legal untuk bisnis mu, seperti pendaftaran merek dan NIB, kamu bisa kunjungi laman https://kontrakhukum.com/services atau https://promo.kontrakhukum.com/diba/. Melalui Kontrak Hukum, kamu bisa menikmati layanan Digital Business Assistant (DiBA) sesuai dengan kebutuhan bisnismu.