Skip to main content

Bulan Februari lekat dengan momen Valentine atau hari kasih sayang. Nah, momen ini bisa kamu manfaatkan untuk meraup pundi-pundi rupiah dengan membuka ide bisnis yang laris manis saat Valentine, lho! 

Hal ini mengingat akan banyak orang akan memberikan kejutan-kejutan kecil sebagai ungkapan kasih sayangnya pada pasangan, keluarga, hingga sahabat.

Kira-kira, apa saja ya ide bisnis yang laris manis saat Valentine? Yuk, cek disini!

Ide Bisnis Valentine

Seperti yang sudah disebutkan, momen Valentine yang jatuh pada 14 Februari setiap tahunnya ini bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis.

Tenang, kamu tak harus memiliki modal besar untuk memulainya dan dijamin akan laris manis karena umumnya, banyak orang yang akan membelinya untuk diberikan kepada orang terkasih.

Berikut sejumlah ide bisnis yang patut kamu coba dan dijamin laris manis saat Valentine:

Bisnis Hampers Kue Valentine

Ide bisnis pertama yang bisa kamu coba saat momen Valentine adalah bisnis hampers kue Valentine. Hal ini mengingat, hari kasih sayang identik dengan sesuatu yang manis. Nah, jika kamu hobi membuat kue, puding, atau kue kering, kamu bisa coba ide bisnis yang satu ini.

Biasanya orang-orang akan mencari kue berbentuk hati. Setelah itu, kamu bisa mengumpulkan ide menghias kue bertema Valentine. Jika modal sangat terbatas, kamu bisa membuka bisnis ini dengan sistem pre order. Jadi, kamu baru akan membuat kue saat ada pesanan masuk.

Bisnis Coklat Praline

Selain kue, coklat juga menjadi makanan paling populer untuk dijadikan hadiah di hari Valentine, karena rasanya yang manis dan bentuknya yang menarik. Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menjual aneka macam coklat praline.

Coklat praline adalah kreasi coklat yang menonjolkan bentuk yang menarik dan isi yang beraneka ragam, sehingga memungkinkan konsumen nantinya untuk memilih bentuk, hiasan, warna, hingga menambahkan tulisan di atas coklat tersebut. Dengan begitu, coklat ini memiliki tampilan yang berbeda dari coklat yang ada di pasaran.

Bisnis Buket Bunga

Selain makanan seperti kue dan coklat, bunga juga menjadi salah satu hadiah favorit untuk diberikan ke orang terkasih di hari Valentine. Maka dari itu, menjual buket bunga bisa jadi salah satu ide bisnis Valentine yang bisa kamu coba.

Untuk membedakan dengan penjual buket bunga lainnya, kamu bisa menambahkan makna dari setiap rangkaian bunga. Sehingga buket yang kamu rangkai akan terkesan lebih personal dan eksklusif. Gimana? Tertarik dengan ide bisnis satu ini?

Bisnis Pakaian Couple

Untuk memamerkan keserasian dan kekompakan dengan, pakaian couple menjadi salah satu barang yang cukup digemari oleh pasangan. Maka dari itu, tak ada salahnya lho, untuk membuka bisnis pembuatan kaos couple.

Kamu bisa memberikan kebebasan pada konsumen untuk meng-custom kaos sesuai keinginan. Dengan begitu, mereka akan lebih puas dengan hasilnya. Untuk memulai bisnis ini, kamu juga bekerja sama dengan pengusaha sablon terdekat untuk memproduksi produk.

Bisnis Mason Jars

Mason jars adalah semacam toples kecil dengan bentuk yang unik. Toples ini memiliki banyak kegunaan mulai dari sebagai gelas minuman, untuk menyimpan permen, camilan, dan barang-barang berukuran kecil lainnya. Bentuknya yang unik dan multifungsi, membuat mason jars ini jadi favorit.

Nah, mason jars juga cocok dijadikan ide bisnis saat valentine dimana kamu bisa mengisinya dengan coklat atau permen. Agar lebih menarik, tempelkan kertas dengan kata-kata romantis atau pesan khusus untuk si penerima, lalu ikat dengan pita.

Bisnis Hand Casting Kit

Ide bisnis lainnya yang bisa dicoba saat hari Valentine adalah menjual hand casting kit. Ya, hand casting juga bisa menjadi salah satu hadiah spesial untuk menyimpan memori di momen jari kasih sayang ini.

Dimana hand casting adalah semacam bahan untuk cetakan tangan yang berbentuk 3D. Selain hasilnya yang unik, aktivitas pembuatannya juga bisa dilakukan bersama orang terkasih sehingga lebih menyenangkan dan anti mainstream.

Bisnis Jasa Dekorasi

Selain saling memberikan hadiah, momen Valentine juga dapat dilakukan dengan makan malam romantis. Untuk itu, buat kamu yang jago dekor-dekor, cobalah untuk membuka jasa table decor.

Jangan salah, jasa ini banyak dicari lho! Sebab, biasanya orang akan menginginkan pengalaman makan malam romantis berkesan sesuai dengan konsep yang mereka idamkan. Untuk inspirasi, kamu bisa mulai belajar dan mencarinya di internet tentang table decor yang unik dengan budget murah.

Itulah deretan ide bisnis yang patut dicoba dan dijamin laris manis saat Valentine. Mana yang paling menarik untukmu?

Tips Menjalankan Ide Bisnis Valentine

Setiap momen bisa menjadi ladang cuan apabila kamu pandai mengambil peluang bisnis, salah satunya hari Valentine ini.

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis tersebut, tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan secara matang, mulai dari modal, strategi pemasaran, dan sebagainya.

Dengan strategi bisnis yang tepat, maka bisa menjadi senjata ampuh untuk menjual produk-produk atau layanan, terlebih jika bisnismu baru dan belum pernah diketahui sebelumnya oleh konsumen.

Dalam memilih ide bisnis saat Valentine, usahakan juga agar bisa menyesuaikan dengan tren di tahun 2023, begitupun dengan strategi pemasarannya untuk menaikan penjualan.

Kamu bisa melakukan promosi pada produk atau jasa yang kamu jual melalui media sosial menggunakan hashtag “Valentine’s Day” atau memberikan diskon untuk segmen ‘jomblo’ agar jangkauan konsumennya semakin luas.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mendaftarkan merek dagangmu secara resmi ke DJKI. Mengingat di era yang serba digital ini, merek telah menjadi ciri khas bisnis untuk bisa lebih menarik konsumen.

BACA JUGA: Yuk, Intip 6 Ide Bisnis Paling Menjanjikan di Tahun 2023!

Jika tidak didaftarkan secara resmi, bisa saja merek dagangmu dipergunakan tidak semestinya dan berisiko pada penyalahgunaan, sehingga akan membahayakan bisnis yang kamu miliki.

Kontak KH

Bagi Sobat KH yang juga ingin membuka bisnis menjelang momen Valentine, namun masih belum tahu apa dan bagaimana proses atau langkah yang harus dilakukan, ada baiknya untuk melakukan konsultasi bisnis terlebih dahulu bersama Kontrak Hukum.

Tak perlu khawatir, karena Sobat KH dapat melakukan konsultasi gratis dan seluruh data serta informasi-mu terjamin aman dan terlindungi. Selain berkonsultasi, kamu juga dapat melakukan pendaftaran merek dagang secara mudah di Kontrak Hukum.

Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman ini.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar kebutuhan bisnis atau layanan legal lainnya, Sobat KH juga bisa hubungi kami via laman berikut Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis