Skip to main content

Ide bisnis kreatif di bulan ramadhan memang menjadi momok menyenangkan dan peluang yang sangat bagus untuk menghasilkan pundi rupiah.

Hal ini mengingat, pada saat bulan ramadhan akan ada banyak kesempatan berbisnis, mulai dari makanan, fashion, dan lainnya yang bisa Sobat KH pilih. Tak hanya itu, sebagian besar ide bisnis kreatif juga tak membutuhkan banyak modal.

Nah, bagi Sobat KH yang ingin meraup keuntungan dan tengah mencari ide bisnis kreatif untuk dicoba di bulan ramadhan 2023 mendatang, maka kamu berada di tempat yang tepat.

Disini, Sobat KH akan menemukan beragam ide menarik yang bisa kamu coba. Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Apa Saja Ide Bisnis Kreatif Yang Bisa Dicoba di Bulan Ramadhan 2023?

Ingin berbisnis tapi merasa bahwa bidang makanan dan fashion sudah terlalu mainstream dan banyak saingannya? Mungkin Sobat KH bisa mencoba salah satu dari delapan ide bisnis kreatif dan anti mainstream di bulan ramadhan 2023 berikut ini.

Bisnis Makanan Sahur Cepat Saji

Jika Sobat KH merasa menjual makanan berbuka atau takjil sudah terlalu banyak, kamu bisa mencoba berbisnis makanan cepat saji untuk sahur. Ide bisnis yang satu ini akan sangat menguntungkan, apalagi jika Sobat KH tinggal di lingkungan kost-kostan.

Kebanyakan anak kost tak sempat bangun lebih awal untuk memasak, apalagi jika tak dilengkapi dengan dapur yang memadai. Sobat KH juga bisa memberi pelayanan tambahan seperti delivery order.

Bisnis Kurma dan Buah Lainnya

Berbicara mengenai ide bisnis di bulan ramadhan, belum lengkap rasanya jika tak membahas soal bisnis kurma. Bagaimana tidak, buah asal Timur Tengah ini menjadi buah favorit yang banyak dicari dan dikonsumsi orang untuk berbuka puasa. Jenis kurma pun sangat beragam di pasaran.

Tidak hanya kurma, beragam jenis buah-buahan lainnya juga banyak dicari oleh orang di bulan ramadhan. Hal ini karena buah-buahan merupakan salah satu komponen pelengkap pada takjil seperti sop buah, es campur, es teler, dan sebagainya.

Bisnis Makanan Ringan

Berpuasa bukan halangan untuk menikmati makanan ringan layaknya hari biasa. Inilah mengapa penjual makanan ringan tak pernah sepi pembeli. Bahkan, omzet penjualan semakin meningkat saat bulan ramadhan.

Sobat KH bisa gunakan kesempatan ini untuk meraup keuntungan maksimal dengan menjual makanan ringan seperti kue basah, sosis atau bakso bakar, makaroni, dan keripik pedas, baik secara langsung ataupun online.

Bisnis Mukena dan Sajadah Kustom

Saat ini, bisnis yang mengutamakan kustomisasi tengah populer. Nah, jika Sobat KH memiliki kreativitas dan gemar mendesain sesuatu, kamu bisa membuka bisnis kustom mukena dan sajadah untuk beribadah.

Sobat KH bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis karena akan banyak orang yang membeli peralatan ibadah baru untuk beribadah di bulan suci ini, terutama hingga menjelang hari raya.

Bisnis Sandal Jepit Kustom

Menjual sandal jepit? Ya, bisnis satu ini akan lebih kreatif dan unik jika Sobat KH bisa menjual sandal jepit kustom seperti memberikan inisial nama di permukaan sandal. Meski terdengar tak biasa, berbisnis sandal jepit bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan, lho!

Hal ini mengingat, di bulan Ramadhan banyak orang akan melakukan tarawih dan banyak yang kehilangan sandal di masjid. Untuk itulah bisnismu hadir, yakni menjadi solusi bagi mereka yang kerap kehilangan sandal, dengan menghadirkan desain yang berbeda dari biasanya.

Bisnis Jasa Membuat Parcel

Ide bisnis kreatif di bulan ramadhan berikutnya adalah jasa membuat parsel. Meskipun penjual parsel atau hampers di pasaran sudah banyak, Sobat KH bisa berkreasi dengan menawarkan parsel sesuai keinginan konsumen. Hal ini karena beberapa orang lebih menyukai kustomisasi parsel untuk diberikan ke kerabat atau koleganya.

Jangan lupa untuk mengemas parsel secantik dan sebaik mungkin agar konsumen merasa puas dengan pelayanan bisnismu. Dengan begitu, mereka bisa menjadi konsumen langganan, bahkan merekomendasikannya ke orang lain.

Bisnis Jasa Membuat Konten Khusus Ramadhan

Bagi Sobat KH yang memiliki kemampuan mendesain atau membuat konten menarik selama bulan ramadhan, mungkin perlu mencoba ide bisnis satu ini. Peluang bisnis ini semakin terbuka lebar karena akan ada banyak orang hingga perusahaan yang membutuhkan konten untuk bulan ramadhan hingga menjelang lebaran.

Untuk Sobat KH yang memiliki pengetahuan di bidang manajemen konten, gunakanlah kesempatan ini untuk mempromosikan kelebihanmu dan meraih cuan.

Bisnis Ketupat Saat Mendekati Lebaran

Ide bisnis kreatif yang bisa Sobat KH coba adalah berjualan ketupat. Jualan yang satu ini sudah pasti laris manis terutama saat mendekati hari lebaran mengingat ketupat merupakan tradisional khas Indonesia yang disukai banyak orang dan identik dengan hari raya.

Oh ya, jangan terpaku dengan ketupat saja, Sobat KH juga bisa berjualan bahan dasarnya seperti daun ketupat atau janur.

Tips Menjalankan Ide Bisnis Kreatif di Bulan Ramadhan 2023

Setelah menentukan ide bisnis kreatif apa yang akan dicoba di bulan ramadhan 2023 ini, kini saatnya Sobat KH menyiapkan sejumlah strategi agar bisnis yang dijalankan bisa efektif dan menguntungkan.

Ya, meskipun bisnis masih kecil-kecilan, namun segala sesuatunya harus dipersiapkan secara matang. Jangan sampai niatnya mencari untung, malah jadi ‘buntung’ karena kurang mempersiapkan strategi bisnis dengan baik.

Adapun strategi bisnis yang diperlukan mencakup modal, target pasar, hingga inovasi produk. Tidak hanya itu, Sobat KH juga bisa memaksimalkan strategi bisnis promosi online, seperti melalui media sosial, website, hingga e-commerce.

Oh ya, jangan lupa juga untuk penuhi legalitas bisnismu, seperti pendaftaran merek dagang dan logo bisnis ke DJKI Kemenkumham. Ya, tanpa didaftarkan secara resmi, bisa saja merek dagang dan logo bisnismu akan diplagiasi atau disalahgunakan oleh kompetitor.

BACA JUGA: Catat! Ini Syarat dan Prosedur Mengurus Izin Usaha Katering

Tidak hanya itu, jika bisnis sudah mulai berkembang, tak ada salahnya juga untuk mendirikan badan usaha PT. Karena jika tidak, bisa saja bisnis dianggap ilegal karena tidak memiliki badan usaha yang resmi dan terlindungi secara hukum.

Kontak KH

Bagi Sobat KH yang ingin membuka ide bisnis kreatif di bulan ramadhan 2023 ini, namun masih belum tahu apa dan bagaimana proses atau langkah yang harus dilakukan, termasuk dokumen legalitas bisnis apa saja yang diperlukan, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu bersama Kontrak Hukum.

Tak perlu khawatir, karena Sobat KH dapat melakukan konsultasi gratis mengenai legalitas dan seluruh data serta informasi-mu terjamin aman dan terlindungi. Untuk informasi selengkapnya mengenai konsultasi gratis di Kontrak Hukum, silakan kunjungi laman layanan KH-memulai usaha.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar kebutuhan legalitas lainnya, Sobat KH juga bisa hubungi kami di Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.