Skip to main content

Sobat KH berkeinginan untuk coba-coba membuka usaha dari rumah? Coba deh, simak beberapa ide usaha rumahan yang lagi tren dan paling menjanjikan di tahun 2024 ini.

Ya, untuk mencapai peluang usaha yang sukses, Sobat KH tentu memerlukan adanya ide yang banyak diminati, bukan? Oleh karena itu, Sobat KH harus cari tahu apa saja hal yang sedang ramai dibutuhkan akhir-akhir ini untuk dijadikan ide usaha rumahan.

Ide Bisnis Rumahan yang Lagi Tren dan Paling Menjanjikan di 2024

Pesatnya perkembangan tren dari tahun ke tahun telah memunculkan banyak peluang usaha. Bahkan, hanya dari rumah saja bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Eits, meski usaha rumahan, bukan berarti keuntungannya tidak menjanjikan, lho! Lihat saja Lanny Wijaya, pendiri sambal Bu Ruddy yang awalnya hanya membuatkan sambal untuk sang suami, kini sudah menjadi usaha kuliner nasional yang beromzet Rp2 miliar/bulan. Menarik, kan?

Nah, lewat artikel kali ini, kami akan membocorkan beragam ide usaha rumahan yang lagi tren dan tentunya menjanjikan di 2024 ini. Mungkin salah satu ide ini bisa menjadi alternatif bagi Sobat KH sebagai pengusaha pemula. Yuk, simak artikelnya sampai akhir ya!

  • Usaha Makanan Beku (Frozen Food)

Makanan beku menjadi favorit banyak orang di masa kini karena awet dan praktis. Adapun jenis makanan beku yang paling diminati antara lain sosis, nugget, dan bakso. Sebagian orang juga kerap memburu makanan beku berupa daging sapi hingga nasi beserta lauk.

Nah, memulai usaha makanan beku juga cukup mudah, Sobat KH bisa menjadi retail dari salah satu toko makanan beku atau bisa juga membuka langsung toko dengan namamu sendiri dan memulainya kecil-kecilan.

Modal yang Sobat KH butuhkan untuk memulai usaha ini adalah pembelanjaan awal dan tempat penyimpanan. Namanya juga frozen food, pasti kamu perlu menjaga makanan tersebut agar tetap beku sampai ke tangan konsumen.

  • Usaha Open PO Makanan (Rumahan dan Online)

Saat ini sedang tren akun media sosial yang mengatasnamakan Pre-Order (PO) makanan dengan berbagai hidangan. Bagi Sobat KH yang hobi masak dan jago dalam membuat kuliner hits, usaha ini cocok untuk kamu jalankan.

Ya, hampir sebagian besar pengusaha pemula kecil-kecilan melakukan hal tersebut. Karena selain usaha ini bisa dijalankan dari rumah, pemasarannya pun sudah semakin mudah berkat adanya perkembangan teknologi.

Sobat KH tidak hanya bisa memperkenalkan usaha-mu melalui media sosial saja, tetapi juga bisa mendaftarkan kedai makanan ke Jasa Online seperti Shopee Food, Grabfood, Gofood, dan sebagainya. 

  • Usaha Rumahan Online Shop

Meskipun pandemi Covid-19 sudah semakin mereda dan memungkinkan masyarakat untuk kembali bepergian ke luar rumah, namun berdasarkan survey minat pembelian di tahun 2024, ternyata masih banyak lho orang yang lebih memilih berbelanja melalui online.

Mengingat saat ini juga sudah semakin banyak platform yang memfasilitasi belanja online, seperti Facebook yang memiliki marketplace, Instagram yang memiliki fitur swipe for shopping, atau mungkin Tiktok Shop.

Nah, hal ini bisa Sobat KH manfaatkan untuk membuka usaha rumahan online shop, lho! Baik itu sebagai dropshipper maupun reseller. Sobat KH hanya perlu mencari pemasok produk yang bagus, lalu memasarkannya kepada konsumen atau menjualnya kembali.

  • Usaha PPOB

Usaha rumahan yang lagi tren selanjutnya adalah PPOB. PPOB atau Payment Point Online Bank adalah sistem pembayaran secara online dengan memanfaatkan fasilitas sistem perbankan. Untuk membuka usaha pembayaran online ini, Sobat KH tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar.

Kamu hanya perlu menyiapkan laptop dan sistem yang digunakan untuk menunjang setiap transaksi. Adapun berbagai transaksi yang dapat Sobat KH layani seperti pulsa, pembayaran listrik, cicilan kendaraan, top up saldo, dan semua yang berhubungan dengan perbankan online.

Dengan adanya usaha PPOB ini, tentu akan membantu banyak orang dan hasilnya pun menguntungkan bagi Sobat KH. 

  • Usaha Souvenir

Semenjak akhir tahun 2022 lalu, keganasan Covid- 19 perlahan sudah mulai mereda. Berbagai acara seperti seminar dan permikahan, banyak yang diselenggarakan secara offline.

Seperti lumrahnya seminar dan resepsi pernikahan, penyelenggara acara biasanya membutuhkan souvenir atau freebies untuk diberikan ke tamu undangan yang hadir.

BACA JUGA: Modal Kecil Cuan Gede! Ini 8 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Tak heran, permintaan akan souvenir ini bisa meningkat seiring banyaknya acara yang kini dihelat secara tatap muka. Bagi Sobat KH yang berminat untuk membuka usaha rumahan, tidak ada salahnya untuk menjajal bisnis souvenir. Mengingat peluang dan permintaannya yang cukup besar.

Tips dan Trik Memulai Usaha Rumahan Paling Menjanjikan di 2024

Selain dari rekomendasi ide usaha rumahan di atas, Sobat KH juga memerlukan adanya tips untuk memulai usaha ini. Sebab jika salah, bisa berakibat fatal pada modal yang sudah kamu keluarkan untuk usaha tersebut.

Berikut beberapa tips dan trik yang bisa Sobat KH lakukan untuk memulai usaha rumahan di 2024:

  • Mulailah dengan Modal Pribadi

Karena usaha rumahan ini terbilang kecil-kecilan, maka sangat disarankan untuk tidak menggunakan modal bersama atau pinjaman dari pihak lain. Sebab, Sobat KH belum mengetahui bagaimana perkembangan prospek dari produk yang kamu miliki.

  • Gunakan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini kita telah berada di era digital yang semuanya sudah menggunakan kecanggihan teknologi. Bahkan untuk menjual makanan rumahan saja, diperlukan teknologi untuk memasarkan produk yang kita miliki.

Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran usaha rumahan-mu. Selain karena terjangkau dan efisien, Sobat KH juga bisa memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya untuk membantu usaha semakin terkenal di masyarakat.

  • Penuhi Legalitas Usaha

Kalau Sobat KH sudah mantap untuk menjalankan salah satu ide usaha rumahan, jangan lupa juga untuk segera memenuhi legalitas usaha, salah satunya adalah pendaftaran merek dagang.

Mengingat di era yang serba digital ini, merek telah menjadi ciri khas bisnis untuk bisa lebih menarik konsumen. Jika tidak didaftarkan secara resmi, bisa saja merek dagang dipergunakan tidak semestinya dan berisiko pada penyalahgunaan, sehingga akan membahayakan usaha yang kamu miliki.

Nah, sekalian juga untuk buat Nomor Induk Usaha (NIB) agar usahamu bisa naik level. Dengan memiliki NIB akan banyak keuntungan loh, salah satunya seperti lebih mudah mendapatkan pendanaan modal usaha dari Kementerian BUMN.

Demikian ulasan mengenai ragam ide usaha rumahan yang lagi tren dan paling menjanjikan di 2024. Bagaimana, sudah siap untuk cari cuan di tahun ini? Jangan lupa juga untuk melakukan tips dan trik yang telah dijelaskan di atas seperti terkait permodalan, pemasaran, hingga legalitas usaha, ya!

Kontak KH

Bagi Sobat KH yang ingin memulai usaha rumahan dan membutuhkan layanan legal, keuangan, dan sebagainya, bisa segera hubungi Kontrak Hukum.

BACA JUGA: Mudah dan Minim Modal, 6 Ide Usaha Ternak Ini Wajib Dicoba!

Kami memiliki layanan Digital Business Assistant (DiBA) yang dapat memenuhi segala kebutuhan bisnismu seperti pendaftaran merek, perubahan akta badan usaha, pembuatan kontrak, bahkan sampai ke layanan akuntansi dan pajak, hanya di satu tempat dengan DiBA dari Kontrak Hukum.

Yuk, segera permudah usaha rumahan-mu dengan kunjungi laman https://kontrakhukum.com/digital-assistant/  Dengan DiBA, #semuajadiberes!

Untuk konsultasi seputar bisnis lainnya, Sobat KH bisa hubungi kami via link bericht Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis