Skip to main content

Dalam era globalisasi yang semakin maju seperti saat ini, persaingan di pasar bisnis menjadi semakin sengit. Pelaku bisnis tidak lagi hanya bersaing dengan pesaing lokal, tetapi juga dengan produk impor yang menawarkan berbagai keunggulan.

Namun, bagi pelaku bisnis yang cerdas persaingan ini bukanlah hambatan, melainkan peluang untuk berkembang dan bersaing di tingkat global.

Membangun bisnis yang mampu bersaing dengan produk impor atau bahkan menjadi merek global bukanlah tugas yang mudah. Diperlukan strategi yang tepat, fokus pada kualitas, inovasi berkelanjutan, dan pemahaman yang mendalam tentang pasar dan pesaing.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan membahas strategi dan tips-tips yang dapat membantu pelaku bisnis lokal untuk bersaing dengan produk impor atau bahkan menjadi merek global yang dikenal secara luas.

Mengingat kondisi pasar yang semakin kompetitif, penting bagi pelaku bisnis untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang apa yang diperlukan untuk berhasil dalam persaingan pasar.

Pentingnya hal ini tidak hanya terbatas pada kesuksesan individu atau bisnis, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan pada ekonomi nasional secara keseluruhan.

Dimana ketika pelaku bisnis lokal mampu bersaing dengan produk impor dan membangun merek yang kuat, hal ini tidak hanya menciptakan kesempatan untuk pertumbuhan bisnis mereka sendiri, tetapi juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Bisnis yang berhasil tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga meningkatkan pendapatan dan mendorong investasi dalam negeri.

Apa Saja Tips untuk Meningkatkan Daya Saing Pebisnis Lokal?

Kepala Pusat Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Nila Kumalasari mengakui, keluhan yang paling sering terjadi di lapangan yakni tidak dibelinya produk dari produsen lokal.

Meski kata dia, selama ini mereka sudah melengkapi diri dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Diungkapkannya, selama ini kendala yang mengakibatkan produk mereka tidak laku di pasaran karena selama ini masyarakat terlanjur terlena dengan produk impor. Kondisi ini membuat produk lokal kalah saing dengan produk luar negeri.

Menghadapi hal ini memang bisa menjadi tantangan yang besar untuk para pelaku bisnis lokal. Namun tak perlu khawatir, ada cara bersaing dengan produk impor yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya saing dan produk lokal di pasaran. Apa saja?

1. Fokus pada Kualitas Produk

Kualitas produk merupakan faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan bisnis di pasar lokal maupun global. Dengan fokus pada kualitas produk, kamu dapat membangun reputasi yang kuat dan memenangkan kepercayaan konsumen.

Ini melibatkan tidak hanya memastikan bahwa produk memenuhi standar kualitas yang tinggi, tetapi juga harus terus berinovasi. Dengan demikian, pelanggan akan merasa puas dan cenderung loyal terhadap merekmu.

2. Inovasi Berkelanjutan

Inovasi adalah kunci untuk bertahan dan berkembang dalam pasar yang terus berubah. Dimana bisnis yang sukses di pasaran tidak hanya mengandalkan produk yang sudah ada, tetapi juga harus terus berusaha untuk meningkatkan dan mengembangkan produk baru.

Dengan terus berinovasi, kamu dapat mempertahankan daya saing produk, menarik minat konsumen baru, dan memperluas pangsa pasarmu.

3. Pahami Pasar dan Pesaingnya

Pemahaman yang mendalam tentang pasar dan pesaing merupakan aspek dari strategi bisnis yang sukses. Teliti tren pasar, kebutuhan konsumen, dan strategi yang digunakan oleh pesaing bisnismu.

Ini akan membantu mengidentifikasi peluang yang ada di pasar, mengantisipasi perubahan dalam perilaku konsumen, dan mengembangkan strategi yang tepat untuk bersaing.

4. Bangun Brand yang Kuat

Branding yang kuat adalah kunci untuk memenangkan persaingan di pasar lokal dan global. Buatlah identitas merek yang unik dan mudah dikenali, serta komunikasikan nilai-nilai merek secara konsisten kepada konsumen.

Dengan membangun brand yang kuat, kamu dapat membedakan diri dari pesaing, membangun hubungan yang kuat dengan konsumen, dan memenangkan kepercayaan mereka.

5. Penuhi Legalitas Usaha

Konsumen cenderung lebih percaya pada produk atau layanan yang dijual oleh pelaku usaha yang memenuhi legalitas usaha. Ini mencakup perizinan, perpajakan, dan kepatuhan terhadap standar kualitas dan keselamatan.

Dengan begitu, konsumen akan lebih condong memilih produk dalam negeri daripada impor yang mungkin kurang dikenal atau dianggap kurang dapat dipercaya.Hal ini juga mengingat bahwa pemerintah cenderung memberikan dukungan kepada pelaku usaha yang mematuhi semua regulasi dan legalitas yang berlaku.

Ini bisa berupa insentif pajak, bantuan keuangan, atau akses lebih mudah ke pasar dalam negeri. Dengan mendapatkan dukungan semacam itu, pelaku usaha dapat lebih kuat dalam bersaing dengan produk impor yang mungkin tidak mendapatkan dukungan serupa.

6. Ikuti Pameran dan Expo Dagang

Tips selanjutnya yakni ikuti pameran dagang dan expo baik di dalam maupun di luar negeri. Ini adalah kesempatan yang baik untuk memperluas jaringan, memperkenalkan produkmu kepada pasar baru, dan belajar dari pesaing dan pemain industri lainnya.

Dengan mengikuti pameran dan expo dagang, kamu dapat meningkatkan visibilitas merek bisnismu, menjalin hubungan dengan pelanggan potensial, dan memperoleh wawasan tentang tren pasar dan inovasi produk.

7. Jalin Kemitraan yang Strategis

Kemitraan yang strategis dengan produsen, distributor, dan influencer industri dapat membantu memperluas jangkauan produk dan mempercepat pertumbuhan bisnis.

Survei oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menunjukkan, 80 persen bisnis di Indonesia mengakui bahwa kemitraan telah membantu mereka dalam meningkatkan pangsa pasar dan meningkatkan keuntungan.

Dengan menjalin kemitraan yang strategis, kamu dapat memanfaatkan sumber daya dan pengetahuan tambahan, serta memperoleh dukungan yang diperlukan untuk meraih kesuksesan di pasar global.

Dengan menerapkan cara-cara di atas secara efektif, pelaku bisnis dalam negeri dapat meningkatkan daya saing dengan produk impor dan mencapai kesuksesan jangka panjang.

Ini tidak hanya meningkatkan pendapatan bisnis dan mendorong investasi dalam negeri, tetapi juga juga menciptakan citra positif bagi negara di mata dunia, membuka pintu untuk lebih banyak peluang perdagangan internasional, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Ingatlah bahwa proses berbisnis di era digital dan pasar bebas adalah perjalanan yang berkelanjutan, jadi tetaplah fleksibel dan terbuka terhadap perubahan yang diperlukan.

Yuk, Tingkatkan Daya Saing Bisnismu Bersama KH x Inabuyer!

Dalam menghadapi persaingan bisnis, penting bagi pelaku usaha untuk memastikan bahwa bisnis mereka terlindungi secara hukum dan memenuhi semua regulasi yang berlaku.

Maka dari itu, salah satu langkah penting yang perlu diambil adalah memenuhi legalitas usaha, mulai dari izin usaha, perpajakan, hingga pendaftaran merek sebagai brand yang kuat dan mampu bersaing di pasar lokal maupun global.

Konsultasikan kebutuhan legalitas bisnismu dengan ahli hukum terpercaya seperti Kontrak Hukum. Kami siap membantu para pelaku usaha dalam memastikan bahwa bisnis beroperasi secara sah, profesional, dan terlindungi secara hukum.

Untuk melihat layanan sesuai kebutuhan, kamu bisa kunjungi laman Layanan KH – Legalitas Usaha.

Selain itu, untuk memperluas jangkauan bisnis dan menjalin koneksi yang lebih luas, jangan lewatkan kesempatan untuk menghadiri Inabuyer B2B2G Expo 2024.

Melalui berbagai program yang diselenggarakan seperti live commerce, business matching, serta showcase produk unggulan, pelaku usaha dapat memperluas jaringan, memperkenalkan produkmu kepada pasar baru, dan belajar dari para pemain industri terkemuka.

Segera daftarkan dirimu untuk menghadiri Inabuyer B2B2G Expo 20204 yang akan diselenggarakan pada 15-17 Mei 2024 melalui laman:
https://bit.ly/Visitor-INABUYER2024.

Konsul Gratis