Skip to main content

Kamu mungkin sudah familiar dengan istilah influencer marketing yang dilakukan oleh brand atau bisnis di beberapa platform media sosial, seperti Instagram dan Tiktok.

Yup, Influencer marketing umumnya dimanfaatkan oleh bisnis untuk meningkatkan pemasaran di era digital seperti saat ini.

Hal ini tak lepas dari kemampuan influencer yang mampu menarik banyak target audiens untuk mengikuti mereka di media sosial. Sehingga, bisnis yang bekerja sama dengan influencer dapat menjangkau pengikut mereka.

Lantas, apa sih, sebenarnya yang dimaksud dengan influencer marketing?

Influencer marketing adalah salah satu bentuk pemasaran sosial media dimana bisnis atau brand bekerja sama dengan individu atau organisasi yang merupakan influencer untuk mempromosikan sebuah bisnis.

Promosi yang dilakukan bisa merupakan endorsement atau product placement pada konten yang dibuat oleh influencer.

Oleh karena itu, jika kamu menargetkan konsumen yang bersumber dari media sosial, menggunakan jasa influencer sebagai bagian dari strategi pemasaran layak untuk dipertimbangkan. Mengingat mereka adalah orang-orang yang memiliki pengaruh cukup besar di media sosial didukung dengan jumlah pengikut yang banyak.

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Influencer Marketing?

Influencer marketing membantu bisnis mensukseskan pemasaran digital. Dimana metode marketing ini mempermudah membangun brand awareness dan customer trust.

Selain itu, masih ada beberapa alasan lainnya mengapa bisnis perlu bekerja sama dengan influencer didukung oleh data statistik berikut:

  • Influencer marketing telah berkembang menjadi US$13,8 miliar pada tahun 2021
  • Bisnis menghasilkan US$5,78 ROI untuk setiap US$1 yang dihabiskan untuk influencer marketing
  • Ada peningkatan 465 persen dalam pencarian untuk keyword “Influencer marketing” di Google sejak 2016
  • 90 responden survei percaya bahwa influencer marketing menjadi bentuk pemasaran bisnis yang efektif
  • Hampir 49 persen konsumen bergantung pada rekomendasi influencer untuk keperluan pembelian mereka

Apa Manfaat Influencer Marketing Bagi Bisnis?

Berikut adalah beberapa manfaat influencer marketing bagi bisnis:

Meningkatkan Brand Awareness

Influencer marketing bermanfaat untuk memperluas jangkauan dan posisimu di pasar. Dimana pengguna media sosial dapat mempelajari lebih lanjut tentang merek, produk, atau layanan yang kamu tawarkan.

Membangun Kepercayaan

Adanya konten yang dibagikan oleh influencer membuat bisnismu terlihat memiliki kredibilitas dan nilai yang baik melalui testimoninya. Dengan kata lain, konsumen dapat melihat kualitas produk-mu melalui idolanya. Sehingga secara tidak langsung sebenarnya influencer juga ikut membangun kepercayaan masyarakat terhadap brand.

Influencer Menghubungkan Bisnis dengan Generasi Milenial dan Gen Z

Jika kamu ingin menarik target audiens millennial atau Gen Z, influencer marketing merupakan cara yang tepat.

Menarik konsumen dari segmen audiens ini membawa nilai yang luar biasa bagi bisnis mengingat studi Animoto yang menyatakan bahwa 75 persen keputusan untuk membeli pada generasi milenial dipengaruhi oleh media sosial suatu brand.

Pertumbuhan populasi generasi Z yang memiliki daya belanja sebesar US$143 miliar juga menjadikannya sebagai salah satu kekuatan konsumen paling berpengaruh di pasar saat ini.

Meningkatkan Penjualan

Jika brand sukses memperkenalkan produk, menyasar target pasar, dan menumbuhkan kepercayaan terhadap produk yang ditawarkan melalui influencer marketing, maka peluang untuk meningkatkan penjualan juga tinggi.

Hemat Waktu dan Biaya

Biaya influencer sangat tergantung pada ukuran audiens. Influencer marketing juga membuka peluang baru bagi bisnis untuk bersaing dengan strategi yang lebih efisien dan optimal di media sosial.

Tidak hanya itu, banyaknya influencer yang menghasilkan konten dari rumah atau studio masing-masing juga bisa menghemat waktu dibandingkan membuat kampanye iklan.

Cocok untuk Segala Jenis Bisnis

Influencer biasanya memiliki keahliannya di bidang masing-masing. Tidak peduli seberapa besar bisnis dan industri apa yang digeluti, selalu ada ruang untuk menggunakan teknik influencer marketing, selama kamu bisa mengidentifikasi influencer yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Pentingnya Pendaftaran Brand dalam Influencer Marketing

Hal lain yang tak kalah pentingnya dalam strategi influencer marketing adalah melakukan pendaftaran brand atau merek secara resmi ke Kemenkumham.

Ya, pendaftaran merek sangat penting dalam influencer marketing karena dapat memberikan perlindungan hukum terhadap penggunaan merek oleh pihak lain tanpa izin.

Dalam influencer marketing, merek menjadi identitas unik yang dapat mempertahankan citra brand itu sendiri dan memastikan bahwa influencer yang bekerja sama dengan bisnismu dapat menggunakan merek tersebut secara konsisten dan berintegritas.

Terlebih, konsumen juga cenderung lebih percaya pada brand yang memiliki merek dagang terdaftar karena hal tersebut menunjukkan komitmen, kualitas, serta keaslian produk atau layanan.

BACA JUGA: Mau Endorse? Yuk Kenali Dulu Perjanjian Kerja Sama Influencer!

Dengan begitu, merek yang terdaftar akan meningkatkan pengenalan atau brand awareness di antara audiens influencer, mengingat basis jumlah pengikutnya yang besar.

Kontrak Hukum x Partipost

Bagaimana, apakah kamu juga tertarik untuk memperluas ekspansi bisnismu melalui influencer marketing?

Nah, untuk mempermudah strategi influencer marketing termasuk pendaftaran merek dagang, kamu bisa hubungi Kontrak Hukum & Partipost.

Sebagai salah satu platform influencer marketing, Partipost menyediakan berbagai layanan campaign dan membantumu memilih influencer dengan target audiens yang sesuai melalui fitur yang dimiliki.

Semantara itu, Kontrak Hukum menyediakan layanan pendaftaran merek dagang sebagai salah satu aspek penting influencer marketing maupun legalitas untuk kegiatan bisnis itu sendiri.

Yuk, maksimalkan ekspansi bisnis influencer marketing secara praktis dan mudah bersama Kontrak Hukum x Partipost!

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.