Skip to main content

Tahukah Sobat KH, bisnis tanpa sebuah jaringan atau networking adalah sebuah hal yang mustahil. Nyatanya, setiap bisnis selalu memerlukan jaringan karena tidak dapat berdiri sendiri, termasuk bisnis ramadhan.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh jika sebuah perusahaan atau pelaku usaha memiliki banyak jaringan, diantaranya mampu meningkatkan penjualan, menambah koneksi dan relasi, menjadi solusi bagi persoalan bisnis, hingga menambah wawasan atau memperluas pengetahuan bisnis.

Lantas, bagaimana jika pelaku usaha di bulan Ramadhan ingin lebih jauh membangun networking dalam bisnis? Apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkannya? Simak penjelasannya sampai akhir, ya!

Apa Itu Jaringan Bisnis?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membangun jaringan bisnis Ramadhan, Sobat KH perlu terlebih dahulu memahami apa itu jaringan bisnis.

Jaringan bisnis adalah kerja sama usaha, akses, dan hubungan lain dengan pihak ketiga yang biasanya merupakan pelaku usaha atau perusahaan lain, lembaga keuangan, atau lembaga lainnya yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk menjalankan bisnisnya secara efektif dan efisien.

Melalui jaringan bisnis tersebut bisnis bisa mencapai produktivitas dan daya saing yang tinggi. Hal ini karena pada akhirnya tujuan dari membangun jaringan bisnis adalah agar bisa mencapai keuntungan dan pertumbuhan bisnis yang diharapkan.

Sementara hal ini merupakan cara yang strategis untuk mendukung keberlangsungan dan kemajuan bisnis, maka dari itu, sebagai seorang pelaku bisnis termasuk bisnis Ramadhan harus bisa membangun komunikasi ke banyak pihak yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan.

Bagaimana Cara Membangun Jaringan Bisnis Ramadhan?

Untuk melakukannya, diperlukan strategi yang tepat sehingga terbentuk jaringan bisnis yang luas dan juga berkualitas. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membangun jaringan bisnis di bulan Ramadhan, antara lain:

Gabung dengan Organisasi/Komunitas Pebisnis

Apabila Sobat KH ingin menambah networking untuk bisnis Ramadhan secara signifikan, caranya adalah dengan bergabung ke tempat atau wadahnya langsung. Misalnya seperti organisasi profesional untuk pengusaha ataupun komunitas entrepreneur.

Nah, setelah bergabung, sebaiknya cobalah membangun relasi dengan anggota-anggota lainnya di dalam organisasi/komunitas tersebut. Sobat KH bisa memulainya dengan mencari orang-orang yang merintis bisnis yang sama dengan mu, bisa saja mereka nantinya bisa menjadi mitra bisnismu.

Rutin Mengikuti Seminar

Tidak hanya mendapatkan beragam ilmu maupun keterampilan baru, Sobat KH juga bisa membangun jaringan bisnis saat mengikuti seminar ataupun forum. Dalam hal ini, Sobat KH punya kesempatan untuk menjalin relasi dengan orang-orang baru yang mungkin punya ketertarikan jenis bisnis yang sama denganmu.

Kuncinya, Sobat KH perlu memberanikan diri untuk berkenalan dengan peserta lain. Setelah itu, jangan ragu untuk menggali keahlian dan pengetahuan dari kenalan baru tersebut.

Datang ke Berbagai Acara Sosial

Biasanya saat bulan Ramadhan akan banyak acara sosial yang diselenggarakan, baik kegiatan amal perusahaan, hingga acara buka puasa bersama. Nah, walaupun acara-acara tersebut kasual dan santai, kegiatan tersebut dapat membantu Sobat KH dalam membangun jaringan baru, lho.

Selain itu, manfaatkan suasana acara yang santai dan formal untuk berbincang-bincang dengan orang lain. Jika beruntung, SObat KH bisa saja menemukan rekanan bisnis baru di bulan Ramadhan ini.

Tukar Kartu Nama

Meski terlihat sederhana, ternyata kartu nama memiliki peran penting ketika Sobat KH ingin melakukan networking bisnis. Kartu nama merupakan alat penting yang menjadi identitas untuk memperluas jaringan bisnis.

Saat berkenalan dengan rekan bisnis yang baru ditemui, jangan pernah lupa memberikan kartu nama. Hal ini karena kartu nama merupakan sumber informasi penting yang akan memudahkan orang lain untuk menghubungimu. Siapa tahu, beberapa diantara mereka ada yang ingin memesan produk yang Sobat KH jual di bulan Ramadhan ini.

Beri Dukungan Rekan Bisnis

Dalam bisnis, adakalanya Sobat KH akan menemui beberapa masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri, begitu pula dengan rekan bisnismu.

Nah, jika Sobat KH ingin membangun sebuah jaringan bisnis yang kuat, maka sediakan waktu untuk saling memberi dukungan pada rekanmu. Sekalipun antara Sobat KH dan orang tersebut memiliki jenis bisnis yang sama di bulan Ramadhan ini, tapi dengan saling membantu, secara otomatis akan memperoleh kedekatan.

Amati dan Tiru

Meniru langkah dan strategi bisnis dari orang-orang yang telah sukses menjalankan bisnis itu sangat diperlukan. Proses meniru ini akan membawa Sobat KH untuk bisa memahami dan menganalisa bagaimana tahapan dalam menjalankan bisnis untuk mencapai tujuan, khususnya di bulan Ramadhan ini.

Begitu juga cara membangun jaringan bisnis yang tepat, meniru dari sosok role model Sobat KH dalam berbisnis bisa menjadi strategi yang jitu.

Manfaatkan Sosial Media

Cara terakhir yang bisa Sobat KH coba adalah dengan memanfaatkan sosial media untuk membangun jaringan bisnis. Ya, saat ini, setiap orang sudah bisa terhubung lebih dekat dengan orang lain tanpa dihalangi batasan ruang dan waktu.

Cobalah menjaring networking dengan orang-orang yang berada di luar lingkaran pertemanan, namun relevan dengan bisnismu. Selain bisa menemukan insight baru soal bisnis, Sobat KH juga bisa mengetahui apa saja yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan oleh target audiens.

Tindak Lanjut

Apapun tujuan networking bisnismu, pastikan Sobat KH membuat rencana tidak lanjut sebelum mengakhiri suatu pembicaraan dengan rekan bisnis. Tidak lanjut tersebut dapat berupa janji untuk menelepon kembali atau sesederhana mengirimkan email.

Pentingnya Membangun Jaringan Bisnis Ramadhan

Akan ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa Sobat KH dapatkan jika bisa membangun jaringan bisnis yang luas dan berkualitas, antara lain:

Sarana Untuk Meningkatkan Pengetahuan

Melalui jaringan bisnis, antara pemilik usaha bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan bisnis. Dari situ, akan didapatkan banyak informasi penting yang dapat memperbaiki pola manajemen bisnis.

Selain itu, pengalaman pelaku usaha satu sama lain juga bisa menjadi inspirasi dan pelajaran berharga dalam berbisnis.

Sarana Berbagi Informasi

Dengan membangun jaringan bisnis, kemungkinan besar Sobat KH akan mendapatkan informasi yang relevan dengan bisnis yang kamu jalankan. Mulai dari informasi soal peluang, ancaman, tren, dan informasi bisnis lainnya, termasuk terkait kondisi dan peluang bisnis di bulan Ramadhan ini.

Media Promosi Untuk Bisnis

Manfaat selanjutnya dari jaringan bisnis adalah akan terbuka lebar peluang untuk saling mempromosikan bisnis yang dimiliki ke jaringan lainnya yang lebih luas. Sebab pada kenyataannya, setiap pelaku usaha biasanya sudah punya jaringan lain yang sudah terbangun sebelumnya.

Membangun Kemitraan Bisnis

Kemitraan yang bisa dibangun lewat jaringan bisnis akan sangat luas. Baik itu mengarah pada kolaborasi, distribusi, persediaan stok, bahan baku, dan kemitraan lainnya.

Meningkatkan Daya Dukung

Manfaat terakhir dari membangun jaringan bisnis adalah meningkatkan daya dukung sesama pelaku usaha. Hal ini karena dukungan merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis, baik dalam bentuk dukungan material maupun non material.

Demikian penjelasan mengenai jaringan bisnis dan cara mudah untuk membangunnya. Jika cara-cara diatas sudah berhasil dikuasai, maka jangan lupa untuk memenuhi dokumen legalitas bisnis dengan baik agar bisnis Ramadhan tetap berjalan.

Adapun dokumen legalitas bisnis yang dimaksud seperti NPWP, NIB, Izin usaha, dan pendaftaran merek dagang ke DJKI. Jika bisnismu sudah semakin meningkat dengan pesat, tak ada salahnya juga untuk mendirikan badan usaha PT.

BACA JUGA: Kisah Bisnis Ramadhan Ina Cookies, Yuk Cek Tips Suksesnya Di Sini!

Selain bisa memiliki badan usaha yang resmi dan terlindungi secara hukum, hal tersebut juga akan semakin membantu terbangunnya jaringan bisnis yang lebih luas dan berkualitas, bahkan memudahkan akses bantuan dana dari pemerintah.

Kontak KH

Nah, bagi Sobat KH yang saat ini tengah menjalankan bisnis Ramadhan, namun masih belum tahu apa dan bagaimana proses yang harus dilakukan dalam membangun jaringan bisnis, termasuk mengurus dokumen legalitas, jangan ragu untuk konsultasikan bersama Kontrak Hukum.

Tak perlu khawatir, karena Sobat KH dapat melakukan konsultasi gratis mengenai legalitas dan seluruh data serta informasi-mu terjamin aman dan terlindungi. Untuk informasi selengkapnya mengenai konsultasi gratis di Kontrak Hukum, silakan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar kebutuhan bisnis lainnya, Sobat KH juga bisa hubungi kami di Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.