Skip to main content

Di era modern seperti saat ini, bisnis digital menjadi sangat penting dan berpeluang menjanjikan sehingga perlu dipelajari oleh para pelaku usaha. Sebab, jika bisnis yang saat ini kamu jalani masih belum bergerak ke dunia digital, dikhawatirkan tidak akan bisa bertahan melawan arus teknologi dan persaingan dari usaha-usaha lain.

Bahkan tidak sedikit perusahaan besar yang harus tutup karena belum mampu berevolusi ke dunia yang baru. Sehingga para pelaku usaha diharapkan dapat memulai bisnisnya dengan menggunakan platform digital.

Dikutip dari laman IT Pro, 8 dari 10 perusahaan di seluruh dunia telah beralih dengan cepat ke platform digital sejak tahun 2020. Rencana yang seharusnya direalisasikan dalam dua hingga lima tahun kedepan, secara mendadak harus segera selesai dalam hitungan bulan jika bisnis ingin terus bertahan.

Saat ini, persaingan dalam bisnis di dunia digital juga semakin ketat. Baik bisnis baru maupun perusahaan raksasa, berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen mereka. Hal ini menjadi bukti, bahwa membawa bisnis ke dunia digital bukan lagi menjadi sebuah pilihan, namun sebuah kewajiban.

Melihat hal tersebut, sudah waktunya kamu cek sistem bisnis yang kamu jalankan. Apakah sudah menggunakan sistem bisnis digital? Atau ternyata kamu belum paham betul mengenai sistem yang satu ini? Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas lebih lanjut mengenai apa itu bisnis digital, jenis-jenis, serta keuntungannya!

Pengertian Bisnis Digital

Sesuai namanya, bisnis digital adalah bisnis yang memanfaatkan alat-alat digital atau dapat dikatakan sebagai bisnis yang telah digitalisasi. Dalam arti luas, bisnis digital adalah bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menciptakan sebuah produk maupun memasarkannya.

Biasanya, penjualan produk dalam bisnis digital dilakukan secara online dengan memanfaatkan berbagai platform seperti internet dan sosial media. Akan tetapi sebenarnya, bisnis digital tidak terbatas hanya menjual produk saja, namun juga bisa menjual jasa. Intinya, sepanjang bisnis tersebut memanfaatkan teknologi, maka dapat disebut sebagai bisnis digital.

Jenis-Jenis Bisnis Digital

Selain secara online, operasional bisnis digital juga bisa dilakukan melalui berbagai cara. Dikutip dari laman More Than Digital, setidaknya terdapat 11 cara operasi sebuah bisnis digital.

Namun dalam artikel ini, kita hanya akan mempelajari empat jenisnya yang paling banyak digunakan di Indonesia. Keempat jenis bisnis digital tersebut antara lain:

  • Jenis Marketplace

Jenis pertama sekaligus yang paling banyak diketahui oleh masyarakat awam adalah bisnis digital dalam bentuk marketplace. Marketplace sendiri adalah sebuah bisnis digital dimana pelaku usaha atau pemilik bisnis menyediakan wadah atau media untuk orang lain berjualan di platform tersebut.

Artinya, produk yang dibuat dalam bisnis jenis ini adalah sebuah platform online agar pembeli maupun penjual bisa berbelanja dengan mudah dan nyaman.  Berbeda dengan e-commerce yang modalnya harus dibagi antara pengembangan produk fisik dan media digital, marketplace lebih bisa fokus mengalokasikan modal yang dimiliki untuk mengembangkan platform tanpa harus memikirkan kualitas produk fisik.

  • Jenis E-Commerce

Jika bisnis jenis marketplace hanya menyiapkan platform untuk mempertemukan penjual dan pembeli, maka bisnis digital jenis e-commerce ini menyediakan produk sekaligus media khusus untuk menjual produk yang mereka buat.

Contohnya, perusahaan produk kecantikan yang membuat website agar pembeli bisa memesan produk mereka secara online di website tersebut. Atau contoh lainnya adalah restoran cepat saji yang membuat aplikasi khusus agar konsumen bisa memesan makanan lewat aplikasi tersebut secara online.

Itulah mengapa, rata-rata platform digital yang digunakan dalam bentuk e-commerce mempunyai fitur yang lebih terbatas dibandingkan marketplace. Sebab perusahaan tidak bisa memfokuskan modal mereka ke pengembangan platform digital saja.

  • Jenis Subscription

Jenis bisnis digital yang satu ini juga sudah banyak dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Sebagai contohnya adalah Netflix, Amazon Prime, Disney+, Zoom, dan lain-lain.

Jenis bisnis yang satu ini sangat mirip dengan jaman dahulu ketika kita berlangganan koran atau majalah yang dikirimkan setiap minggu atau setiap bulan. Bedanya, kini konten tersebut bersifat digital dan bisa diakses secara online.

  • Jenis Ad-supported

Pernahkah kamu berpikir darimana Facebook, Instagram, Youtube mendapatkan keuntungan? Padahal kita menggunakan layanan dan aplikasi tersebut secara gratis. Hal tersebut dikarenakan para aplikasi tersebut merupakan bisnis digital yang beroperasi secara Ad based atau Ad-supported.

Artinya, mereka mendapatkan keuntungan dari setiap iklan, promosi, atau sponsor yang masuk ke perusahaan mereka. Di Indonesia, bisnis yang beroperasi dengan sistem seperti ini biasanya dijalankankan oleh aplikasi berita, aplikasi komik gratis, dan aplikasi tempat berbagi video singkat.

Keuntungan Menjalani Bisnis Digital

Perkembangan bisnis digital yang saat ini makin pesat, bukanlah tanpa alasan. Hal ini menjadi bukti bahwa bisnis tradisional dapat bertransformasi menjadi bisnis digital yang memberikan segudang keuntungan bagi berbagai pihak, termasuk karyawan dan konsumen yang terlibat dalam aktivitas bisnis tersebut.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa dirasakan ketika menjalani bisnis digital, yaitu:

  • Menghadirkan pengalaman konsumen yang lebih baik

Kemajuan teknologi berdampak positif pada cara perusahaan berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumennya. Adanya pelibatan teknologi dalam bisnis digital tidak hanya memudahkan proses interaksi tersebut, namun juga dapat meningkatkan layanan yang lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hasilnya, konsumen akan merasa lebih puas dan dapat memberikan tambahan nilai mutu bagi perusahaan.

  • Meningkatkan keterampilan karyawan

Karyawan atau pegawai perusahaan juga menjadi pihak yang diuntungkan jika kamu menjalani bisnis digital. Hal ini karena penerapan konsep digital dalam operasional perusahaan dapat mengembangkan keterampilan para karyawan agar dapat memberikan hasil kerja sesuai harapan. Hal ini menjadi salah satu poin penting yang bisa meningkatkan kualitas kerja perusahaan secara keseluruhan.

  • Memudahkan pengumpulan dan analisis data

Kemudahan sudah menjadi hal yang identik dengan penggunaan teknologi digital. Ini tidak hanya berlaku bagi konsumen, namun juga bagi pihak perusahaan. Bisnis yang sudah melakukan transformasi digital terbukti lebih mudah melakukan pengumpulan dan analisis data yang diperlukan untuk pengembangan bisnis.

Hal ini akan menjadi salah satu strategi bisnis dimana perusahaan bisa menyesuaikan dengan kebiasaan online konsumen saat mencari dan menjelajahi hal-hal yang diperlukannya.

  • Membuka peluang digitalisasi produk dan layanan

Begitu mendapatkan data pasar dan menganalisisnya berdasarkan tolak ukur prinsip transformasi digital, maka perusahaan akan mampu melakukan digitalisasi pada setiap produk dan layanan yang dihadirkan. Saat bisnis digital berkembang, konsumen bisa selalu mendapatkan apa yang dibutuhkannya secara instan dan mudah. Disinilah digitalisasi produk dan layanan memunculkan peran pentingnya.

  • Meningkatkan keuntungan bisnis perusahaan

Dalam banyak kasus, transformasi digital yang diterapkan dalam suatu bisnis terbukti dapat meningkatkan keuntungan bisnis perusahaan tersebut. Hal ini karena digitalisasi membuka lebih banyak akses untuk kesempatan penjualan dan pengembangan pasar. Hal ini berlaku bagi bisnis baru yang mulai dirintis maupun bisnis lama yang mulai menerapkan konsep digital.

Tips Untuk Menjalani Bisnis Digital

Melihat banyaknya keuntungan di atas, apakah kamu mulai tertarik untuk  mengembangkan bisnismu dengan konsep digital? Namun perlu diingat, keuntungan tersebut tidak akan bisa diraih begitu saja tanpa strategi yang tepat.

Lalu, apa strategi yang bisa dilakukan agar bisnis digital dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan? Jawabannya ada pada penerapan strategi jangka pendek dan panjang. Dimana kamu harus menerapkan strategi dimulai sejak kamu mencetuskan ide bisnis, hingga langkah lanjutan ketika bisnis yang dijalani mulai berkembang.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu jadikan panduan untuk menjalani bisnis digital agar memberikan banyak keuntungan:

  • Kembangkan mindset bisnis digital

Salah satu hal penting yang kamu perlukan saat merintis bisnis digital adalah mindset  atau pola pikir. Kamu perlu menanamkan pemahaman bahwa bisnis digital bukan sekedar jenis bisnis yang menerapkan penggunaan teknologi namun juga para pelaku usaha yang harus memiliki pola pikir akan perkembangan teknologi yang akan terus berkembang seiring zaman.

  • Bentuk tim solid dengan visi misi yang sama

Agar bisnis digital mencapai hasil yang optimal, maka perlu dijalankan bersama tim solid yang memiliki pola pikir serta visi misi yang sama. Kamu perlu memilih pemimpin andal yang mampu mengisi kekosongan dari organisasi bisnis tradisional, seperti digital strategist, digital marketing leader, dan digital business unit leader.

  • Pilih model bisnis yang tepat sasaran

Bersama tim solid dan pemimpin anda, pemilihan model bisnis digital dapat dilakukan dengan lebih mudah. Untuk memastikan pemilihan model bisnis yang tepat, kamu bisa menerapkan empat dimensi yaitu:

    1. WHO: siapa target konsumen termasuk karakteristik dan kebutuhannya?
    2. WHAT: apa produk atau layanan yang dapat memenuhi target konsumen tersebut?
    3. HOW: bagaimana cara produk atau layanan bisa tepat sasaran pasar?
    4. WHY: mengapa model bisnis tersebut dianggap menguntungkan untuk diterapkan?
  • Terapkan pendekatan bisnis yang sesuai

Setelah memilih model bisnis, maka langkah selanjutnya adalah menerapkan pendekatan bisnis yang sesuai. Salah satunya adalah consumer assumption-based approach dimana pendekatan ini melibatkan analisis masalah dan solusi serta produk/jasa dan pasar.

  • Jalankan strategi bisnis berbasis digital

Salah satu tahap terpenting dalam menjalani bisnis digital adalah penerapan strategi berdasarkan konsep teknologi digital. Strategi ini dapat dicirikan dengan dua karakteristik inti, yaitu adaptabilitas dan skalabilitas yang tinggi. Beberapa strategi digital yang bisa kamu terapkan meliputi:

    1. Peningkatan brand or company awareness di media sosial
    2. Optimalisasi mesin pencari atau Search engine Optimization (SEO)
    3. Penerapan pemasaran digital dengan perhitungan Return of Investment (ROI)
  • Manfaatkan teknologi digital dalam setiap prosesnya

Setiap proses pengembangan bisnismu harus selalu melibatkan pemanfaatan teknologi digital. Saat ini pemanfaatan tersebut dapat direalisasikan melalui penerapan Internet of Things (IoT) dimana seluruh proses mulai dari pengembangan, promosi, pemasaran, distribusi, hingga perhitungan pendapatan dan evaluasi, melibatkan internet sebagai elemen utamanya.

  • Siapkan ruang untuk terus berkembang

Jangan khawatir jika bisnis digital kamu tidak berjalan sesuai dengan rencana awal. Ini berarti, kamu memiliki kesempatan untuk terus mengevaluasi dan mengembangkan setiap segi bisnis yang membutuhkan perhatian, perbaikan, atau pembaruan. Hal ini juga sejalan dengan sifat dari bisnis digital itu sendiri yang fleksibel dan akan terus berubah seiring perkembangan zaman.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis bisnis digital dan keuntungan yang bisa kamu peroleh, serta tips yang bisa kamu lakukan ketika menjalaninya. Selain strategi di atas, pastikan juga untuk mempersiapkan kebutuhan bisnis lainnya seperti legalitas, pemasaran, dan akunting, ya!

Kontak KH

Nah, bagi kamu yang ingin memulai bisnis digital dan membutuhkan tim lengkap di bidang legal, akunting, serta pajak, bisa segera hubungi Kontrak Hukum. Kami menyediakan layanan légalités dan bissais yang terkomplit di satu tempat. Dengan berlangganan layanan dari kami, kamu bisa mendapatkan layanan bisnis mulai dari layanan akuntansi, dan pajak,  hingga perizinan bisnis lainnya yang dilakukan secara online oleh ahli profesional melalui platform Kontrak Hukum.

Segera nikmati layanan Kontrak Hukum dengan mengunjungi laman https://kontrakhukum.com/semua-layanan. Atau masih ingin berkonsultasi dan memiliki pertanyaan seputar bisnis lainnya? Kamu juga bisa hubungi kami di whatsapp atau telp di 0821-1212-5767.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.