Skip to main content

Selain perencanaan yang matang, untuk membangun sebuah usaha perdagangan Sobat KH wajib mengenali lebih dalam tentang usaha perdagangan. Mulai dari definisi hingga jenis-jenis usaha perdagangan yang ada di lingkungan sekitar.

Usaha perdagangan adalah suatu kegiatan yang sifatnya melakukan transaksi jual-beli antara pedagang dengan pembeli. Kegiatan usaha ini mengutamakan keuntungan dari penjualannya, yang diputar kembali sebagai modal, biaya distribusi dan operasional.

Bisnis ini bisa dimulai dari modal kecil hingga modal besar, seperti contoh toko sembako, toko pakaian hingga toko pertanian. Di Indonesia sendiri ada beragam jenis usaha yang mudah dikenali, seperti toko kelontong, reseller, menjual online dan lainnya. Jenis usaha kecil biasanya dimulai dari sosok individu, contohnya adalah usaha perseorangan yang adalah sebuah badan usaha yang hanya dimiliki oleh satu orang. Usaha ini bebas tidak memiliki keterikatan akan campur tangan dari pihak lain.

Badan usaha berskala kecil merupakan salah satu contoh usaha perseorangan, umumnya menggunakan alat produksi yang sederhana dan modalnya cenderung sedikit. Mulai dari Ibu rumah tangga, pelajar dan mahasiswa bisa memulai usaha kecil untuk mendapatkan keuntungan dan tambahan uang saku.

Jenis Usaha Kecil Yang Bisa Dicoba

Sebagai referensi, inilah 5 jenis usaha kecil yang bisa Sobat KH coba:

  • Membuka Toko Online atau Dropship

Adanya perkembangan teknologi, memudahkan kamu dalam mengembangkan toko online melalui marketplace. Sistem dropship juga bisa kamu pertimbangkan, karena kamu bisa jadi perantara untuk menjual produk ke pembeli tanpa stok barang.

  • Bisnis Kuliner

Punya keahlian dalam memasak atau mengolah makanan, bisa meningkatkan peluang kamu dalam membangun bisnis kuliner. Jenis bisnis ini bisa dimulai dengan cara yang sederhana dengan memakai peralatan di rumah dan menjualnya secara online.

  • Usaha Laundry

Keberadaan laundry kiloan sangat membantu orang sekitar yang membutuhkan waktu cepat untuk membersihkan pakaiannya. Usaha ini termasuk ke dalam peluang usaha kecil, karena kamu butuh modal dalam membeli peralatan laundry.

  • Bisnis Pulsa

Seperti yang kita tahu, di Indonesia penggunaan pulsa masih sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hanya dengan modal sedikit, Sobat KH bisa punya usaha yang datangkan keuntungan.

  • Bisnis Souvenir

Jenis usaha ini sangat cocok bagi Sobat KH yang memiliki ide kreatif, andal dalam membuat karya dan juga tekun. Kamu bisa mencoba usaha souvenir mahar, pernikahan, wisuda untuk bisnis yang menjanjikan.

Jenis Usaha Perdagangan

Adapun jenis usaha perdagangan, antara lain:

  • Toko Sembako

Termasuk ke dalam jenis usaha perdagangan, kamu bisa memulai membuka toko sembako di rumah maupun menyewa tempat untuk menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

  • Usaha Barang Elektronik

Meskipun jenis usaha ini membutuhkan modal yang cukup besar, namun membuka usaha barang elektronik tergolong menjanjikan. Itu karena perkembangan teknologi kian pesat sehingga elektronik yang diperjual belikan juga akan beragam.

  • Usaha Kuliner

Dengan memulai menjual makanan berat ataupun ringan sesuai dengan pangsa pasar, kamu sudah termasuk pelaku usaha kuliner. Di dalam bisnis ini, kamu harus punya skill manajemen keuangan yang baik serta ketekunan. Jangan lupa juga untuk punya makanan dengan cita rasa khas agar usaha kuliner mu mudah dikenal.

  • Usaha Pakaian

Salah satu jenis usaha perdagangan yang tidak ada matinya dan masih populer hingga saat ini, Menjual pakaian atau membuka toko butik, baik secara online maupun offline. Sekedar tips, pilihlah lokasi toko yang strategis untuk menarik pengunjung, atau memilih marketplace yang sedang tenar pun bisa jadi jurus gitu menuju keuntungan.

  • Usaha Pertanian

Jika anda memiliki untuk mengelola tanaman, jenis usaha perdagangan ini bisa jadi peluang besar untuk kamu. Sobat KH yang menekuni usaha ini dapat menjual kembali hasil tanaman kepada konsumen. Contoh usaha pertanian adalah, seperti menjual tanaman hias, rempah, peralatan tanaman hingga menjual bibit tanaman.

 

Faktor Penting Dalam Usaha Perdagangan

Dalam menjalankan usaha perdagangan, Sobat KH juga harus memperhatikan beberapa faktor penting yang menjadi penentu keberlangsungan usaha kamu, seperti:

  • Kualitas Pelayanan

Semakin unggul kualitas dari usaha kamu, maka semakin ramai konsumen yang merasa nyaman dan juga dihormati. Dengan begitu, hal ini akan menarik konsumen untuk tetap bertransaksi di tempat usaha kamu.

Pengalaman berbelanja yang memuaskan membuat konsumen datang berulang kali, karena merasa diperhatikan. Tidak menutup kemungkinan juga konsumen yang merasa puas akan membagikan pengalaman berbelanjanya kepada relasi, jadi kualitas pelayanan sangatlah penting.

  • Sadar Tingkat Persaingan

Jadikan persaingan adalah sebuah tantangan, karena perlu disadari jika bukan hanya Sobat KH yang melakukan perdagangan. Tanamkan sikap suportif dengan membiarkan konsumen menilai dan memilih produk terbaik sesuai dengan hak nya sebagai konsumen.

Kamu hanya perlu kerahkan semua usaha terbaik kamu dalam hasilkan produk yang berkualitas.

  • Kualitas Barang

Setelah Sobat KH mengatasi tingkat persaingan dan memperbaiki kualitas pelayanan, selanjutnya kamu wajib untuk meningkatkan kualitas barang yang akan diperjual belikan. Hindari kecacatan produk yang dapat menurunkan nilai jual, maka dari itu kamu harus memperhatikan kualitas barang agar kepercayaan konsumen tidak menurun.

Surat Izin Usaha Perdagangan / SIUP

Setelah kamu mempelajari berbagai hal terkait dengan usaha perdagangan, jangan sampai kamu melupakan aspek yang tak kalah penting ini, yaitu izin mendirikan usaha perdagangan. Sebagai pelaku bisnis, kamu wajib mengantongi izin terlebih jika usaha yang didirikan tergolong besar. 

Izin ini disebut juga dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang merupakan dokumen wajib dimiliki oleh badan usaha atau perorangan yang ingin mendirikan usaha perdagangan. Meskipun Sobat KH hanya pedagang regional yang skalanya kecil, namun ada baiknya tetap memiliki SIUP, karena peraturan ini telah ditetapkan dan diberlakukan untuk semua jenis pedagang.

SIUP sendiri dikelompokkan menjadi 3 kategori yang dibagi berdasarkan jumlah modal pada setiap pendirian usaha perdagangan. Inilah 3 kategori yang dimaksud:

  • SIUP besar, yaitu untuk usaha perdagangan dengan modal awal di atas Rp500.000.000,00
  • SIUP menengah, yaitu untuk usaha perdagangan dengan modal awal berkisar Rp200.000.000,00 – Rp500.000.000,00.
  • SIUP kecil, yaitu untuk usaha perdagangan dengan modal dan kekayaan bersih pemilik lebih kecil dari atau sama dengan Rp200.000.000,00.

Sobat KH

Begitulah pembahasan tentang seberapa kenal kamu dengan ragam jenis usaha perdagangan. Dapat disimpulkan jika usaha perdagangan memperjual belikan barang atau produk yang dapat dipindah tangankan pemiliknya dan memiliki bermacam jenis yang bisa disesuaikan dengan keahlian serta modal yang Sobat KH punya.

Bagi Sobat KH yang masih memiliki pertanyaan seputar perusahaan perdagangan, ataupun membutuhkan jasa legal dan bisnis mulai dari pendirian PT, merek dan apapun pertanyaan seputar bisnis lainnya bisa menghubungi kami, Kontrak Hukum.

Kamu bisa menghubungi kami di link Tanya KH untuk informasi lebih lanjut. Serta apabila Sobat KH membutuhkan informasi tentang jasa pendirian hingga pengurusan izin usaha dagang, bisa mengunjungi situs https://kontrakhukum.com/semua-layanan/ atau bisa temukan informasi up-to-date seputar legal dan bisnis di sosial media Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.