Skip to main content

Sobat KH ingin punya usaha yang tidak membutuhkan banyak modal, fleksibel dari segi waktu, produk dan tempat? Membuat usaha perseorangan bisa jadi jawabannya. Nah, artikel ini akan mengupas tuntas mulai dari definisi, jenis-jenis, dan semua hal yang berkaitan dengan usaha perseorangan.  Simak baik-baik ya.

Mari kita mulai dari definisi usaha perseorangan yang merujuk kepada salah satu usaha yang hanya dimiliki oleh seorang individu saham. Usaha perseorangan biasanya punya sistem informasi manajemen yang bebas dan tidak ada intervensi atau campur tangan dari pihak luar secara langsung.

Walaupun tergolong ke dalam usaha yang sederhana, jenis usaha ini membutuhkan modal cenderung sedikit, produksi dan tenaga kerja tidak banyak. Namun dengan bantuan teknologi, usaha perseorangan mampu menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit.

Salah satu keuntungan yang signifikan pada jenis usaha ini adalah, pemilik atau pengelola usaha akan memperoleh seluruh keuntungan perusahaannya tanpa membagi kepada orang lain. Meskipun begitu perusahaan perseorangan juga harus menghadapi dan menanggung seluruh risiko bisnis di dalam kegiatan usahanya.

Jenis Usaha Perseorangan

Setelah memahami usaha perseorangan secara konsep dan definitif, selanjutnya kita akan masuk kepada pembahasan terkait jenis-jenis usaha perseorangan.

Usaha Pertanian

Sudah banyak usaha yang bergerak dibidang ini datangkan kesuksesan, terlebih dengan bantuan perkembangan teknologi. Seperti contoh toko online sayur semacam Happyfresh, Tanihub, Sayurbox, dan lainnya.Tidak hanya itu, kamu juga bisa jenis usaha seperti produksi pupuk tanaman, usaha tanaman hidroponik, jual alat pertanian dan masih banyak lagi. Usaha pertanian bisa kamu jadikan pekerjaan sampingan yang menjanjikan.

Usaha Jasa

Salah satu jenis usaha perseorangan yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Usaha jasa dinilai lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan kemampuan, bahkan usah ini mungkin dilakukan tanpa modal. Contoh ide peluang jenis usaha ini adalah sebagai berikut:- Salon- Les Privat- Laundry- Editor- Fotografer

Usaha Perdagangan

Merupakan kegiatan jual beli barang yang bertujuan untuk mencari keuntungan, dan jenis usaha ini juga paling sering kita jumpai. Kuliner menjadi salah satu ide usaha perdagangan yang paling terkenal.Usaha perdagangan punya peluang usaha yang sangat luas, kamu bisa mencoba dengan berbagi cara, yaitu:- Pengecer- Penjualan Agen- Ekspor Impor- Dropshipping atau Reseller

Industri Kecil

Industri ini hampir mirip dengan jenis usaha jasa, perbedaannya ada padaketerampilannya. Industri kecil bentuknya lebih kompleks, yang artinya di dalam bisnisnya menerapkan manajemen dagang dan jasa.Usaha ini mampu dilakukan secara perseorangan karena dapat dibangun dengan modal yang tidak terlalu besar. Sleian modal, usaha industri kecil biasanya punya jumlah tenaga kerja yang tidak terlalu banyak, sekitar 5 – 19 orang saja.

Untuk memulainya, Sobat KH bisa lakukan dari contoh ide dari peluang jenis usaha industri kecil, seperti Industri Rumah Tangga, Produksi Tahu Tempe, Souvenir Pernikahan, Kerajinan Kayu, Rotan.

 

Pembuatan PT

Setelah memiliki usaha perseorangan, alahkah lebih baik untuk mulai mempertimbangkan mendirikan Perseroan Terbatas (PT). Memulai bisnis dengan mendirikan PT akan lebih terlindungi sekaligus mendapatkan keuntungan jika sejak awal sudah memenuhi legalitas bisnis.

Dengan mengubah bisnis menjadi PT juga menjadi salah satu tanda bahwa integritas perusahaan sudah teruji. Bahkan, aspek legal perusahaan merupakan salah satu pertimbangan utama bagi para calon investor. Bahkan saat ini sudah banyak pebisnis yang memilih mendirikan perusahaan dan perizinan usaha sedari awal sebelum sepenuhnya memulai bisnisnya.

Lalu apa saja manfaat dari pendirian sebuah PT yang bisa Sobat KH dapatkan?

  • Nama PT Dilindungi Negara

Keuntungan ini bisa Sobat KH lihat berdasarkan Peraturan Pemerintah No.43 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas. Jika tidak akan ada 2 PT yang namanya sama, maka secara otomatis PT akan terlindungi dari tindakan merugikan.

  • Modal Terdiri Atas Saham

Berdasarkan Pasal 31 ayat (1) UU No.40 Tahun 2007 tentang PT (UUPT) menyebutkan jika modal PT terdiri dari seluruh nilai nominal saham. Kepemilikan perusahaan berbentuk saham akan lebih fleksibel untuk masuknya investor karena sifat saham yang dapat dialihkan.

  • Pertanggungjawaban Terbatas

Pemilik perusahaan ataupun pemegang saham hanya bertanggung jawab sebatas modal atau saham yang sudah ditanam di perusahaan tersebut. Sehingga, jika saja perusahaan mengalami kerugian maka pemegang saham hanya terkena imbas sebesar sahamnya.Berbeda dengan perusahaan yang bukan badan hukum seperti persekutuan perdata, firma atau persekutuan komanditer, di mana jika mengalami kerugian dan aset perusahaan tidak bisa menutupi kerugian maka dapat diambil dari harta pribadi pemilik perusahaan.

 

Proses Pendirian PT

Selain ketiga manfaat tersebut, proses mendirikan PT juga terbilang mudah. Terdapat enam proses pendirian PT yang bisa Sobat KH pahami, berikut rinciannya:

  • Didirikan oleh 1 orang (termasuk Pemegang Saham dan Direktur, tidak ada Komisaris)
  • Memiliki kegiatan usaha mikro dan kecil
  • Pendiri membuat surat pernyataan pendirian
  • Pendaftaran secara elektronik Perseroan Perorangan melalui Menteri Hukum dan HAM RI
  • Mengurus NPWP Perseroan Perorangan
  • Mengurus NIB dan Izin usaha Perseroan Perorangan

 

Kontak KH

Kalaupun Sobat KH masih bingung dan punya segudang pertanyaan terkait dengan PT perseorangan, pembuatan PT, pendirian badan usaha, ataupun pendirian PT, Sobat KH bisa menghubungi Kontrak Hukum di sini https://kontrakhukum.com/pendirian-badan/ yang menyediakan paket layanan pembuatan PT tanpa ribet dan juga tidak pakai mahal.

Kontrak Hukum juga menyediakan paket layanan yang memudahkan Sobat KH jika ingin membuka PT Perorangan, sekaligus dibuatkan rekening BCA demi mempermudah kelancaran bisnis dengan harga mulai 2 jutaan.

Sobat KH bisa meluncur ke link ini https://kontrakhukum.com/pendirian-badan/#ptperseorangan untuk info lebih lanjut. Semua layanan yang ditawarkan Kontrak Hukum telah berstandar tinggi yang dilakukan oleh para legal dan notaris secara resmi. Kami telah dipercaya oleh lebih dari 5.000 UMKM, Inkubator, Akselerator dan serta terpilih menjadi mitra pemerintah.

Apabila Sobat KH masih membutuhkan jasa konsultasi dalam memahami prosedur, persyaratan, atau pertanyaan lainnya terkait pendirian PT bisa langsung hubungi kami di link berikut Tanya KH, atau bisa juga Direct Message (DM) di sosial media Kontrak Hukum di @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.