Skip to main content

Meningkatnya penggunaan kendaraan listrik di Indonesia menjadi ladang bisnis bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal ini juga sejalan dengan arahan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) yang menilai pelaku UMKM harus dapat mengambil peluang usaha dalam ekosistem kendaraan listrik khususnya produksi dalam negeri yang diprediksi akan semakin meluas pada 2030.

Dimana berdasarkan laporan International Renewable Energy Agency (IRENA) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), jumlah kendaraan listrik diproyeksikan sebanyak 20 juta unit pada tahun 2030 dan diperkirakan terus meningkat hingga tahun 2050.

“Banyak peluang bisnis yang bisa diambil UMKM usaha green business ini, seperti dalam pengembangan Electric Vehicle (EV),” ujar Sekretaris Deputi Bidang UKM KemenkopUKM, Koko Haryono pada Rabu (29/11/2023).

Lantas, ide bisnis apa saja yang bisa dilakukan UMKM dari pengembangan kendaraan listrik atau EV di Indonesia? Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Bagaimana Peluang Bisnis UMKM dari Kendaraan Listrik?

Koko Haryono menuturkan tren pelaku usaha muda saat ini telah beralih ke bisnis ramah lingkungan atau green business dimana sebanyak 84 persen tertarik pada bisnis ramah lingkungan, 58 persen memulai bisnis untuk memperbaiki lingkungan, dan 56 persen memproduksi pakaian ramah lingkungan, produk rendah karbon, dan sistem pengurangan limbah.

Hal ini dinilai mampu memperkuat UMKM dengan membangun ekosistem, serta mendukung perkembangan industri sepeda motor listrik buatan lokal dan peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi.

Tidak hanya itu, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) Busi Setiyadi juga menyampaikan penggunaan kendaraan listrik sendiri dapat membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan jangkauan usahanya.

BACA JUGA: UMKM Jadi Prioritas Subsidi Kendaraan Listrik, Ini Syaratnya!

Untuk itu, pihaknya berharap pelaku UMKM untuk bisa memanfaatkan program subsidi 7 juta yang diberikan pemerintah. Terutama dalam meningkatkan jangkauan pasar dan bisa dimanfaatkan lebih jauh untuk kepentingan memperbesar usahanya.

Lalu, Apa Saja Ide Bisnis UMKM dari Kendaraan Listrik?

Seperti yang dijelaskan, UMKM memiliki peluang besar untuk terlibat dalam transformasi dan meraih manfaat dari tren penggunaan kendaraan listrik yang semakin meningkat.

Dalam konteks UMKM, kendaraan listrik tidak hanya menjadi sarana transportasi, tetapi juga menghadirkan beragam ide bisnis yang dapat menggerakkan roda perekonomian lokal. Apa saja? Berikut penjelasannya:

Bisnis Sewa Kendaraan Listrik

Bisnis penyewaan kendaraan listrik dapat menjadi pilihan yang menarik di tengah tren kesadaran lingkungan dan peningkatan kebutuhan akan transportasi ramah lingkungan. Dengan pertumbuhan penggunaan kendaraan listrik yang semakin pesat, terdapat peluang besar untuk memasuki pasar penyewaan kendaraan ini.

Salah satu keunggulan bisnis penyewaan kendaraan listrik adalah kontribusi terhadap pelestarian lingkungan. Oleh karena itu, bisnis ini tidak hanya memberikan layanan transportasi, tetapi juga menjadi pilihan yang ramah lingkungan.

Bisnis Instalasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Pasar kendaraan listrik terus berkembang, dan hal ini menciptakan kebutuhan untuk infrastruktur pengisian daya. Oleh karena itu, membuka bisnis yang fokus pada penjualan dan instalasi stasiun pengisian kendaraan listrik bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan.

Kamu dapat bekerja sama dengan pemerintah setempat, bisnis, atau pemilik properti untuk menyediakan stasiun pengisian di tempat-tempat strategis.

Menjual Aksesori Kendaraan Listrik

Dengan meningkatnya popularitas kendaraan listrik, kamu juga bisa bisnis jualan aksesori khusus untuk kendaraan tersebut. Kamu dapat fokus pada pengembangan aksesori interior yang dapat meningkatkan kenyamanan pengemudi atau aksesori eksterior yang membuat kendaraan lebih efisien dalam penggunaan energi.

Aksesori seperti organizer kabel pengisian, cover khusus untuk kendaraan listrik, atau produk pembersih dan perawatan khusus untuk baterai kendaraan listrik dapat menjadi pilihan produk yang menarik.

Bisnis Bengkel Kendaraan Listrik

Seiring bertambahnya jumlah kendaraan listrik, muncul kebutuhan yang lebih besar untuk layanan pemeliharaan dan perbaikan khusus kendaraan listrik. Membuka bengkel atau layanan perawatan khusus kendaraan listrik dapat menjadi ide bisnis yang menjanjikan.

Kamu dapat menyediakan layanan perawatan rutin, perbaikan, dan upgrade untuk kendaraan listrik. Mengingat teknologi kendaraan listrik terus berkembang, menyediakan layanan ini dapat menjadi cara bagi konsumen untuk memastikan kendaraan mereka tetap dalam kondisi optimal.

Bisnis Produk Ramah Lingkungan untuk Pemilik Kendaraan Listrik

Mengingat bahwa pemilik kendaraan listrik umumnya memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan, ada peluang untuk membuka bisnis yang fokus pada penjualan produk ramah lingkungan.

Ini bisa mencakup produk-produk seperti tas belanja reusable, botol minum stainless steel, atau produk-produk lain yang mendukung gaya hidup berkelanjutan. Kamu bisa bekerja sama dengan produsen produk ramah lingkungan atau membuat produk sendiri dengan brand yang menarik bagi pemilik kendaraan listrik.

Itulah peluang dan deretan ide bisnis yang bisa dilakukan UMKM dari menjamurnya penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Seiring perkembangannya, bukan tidak mungkin bakal ada bisnis baru lainnya lho yang bakal bermunculan.

Terlebih, pemerintah juga tengah serius mengembangkan kendaraan listrik berbasis baterai di Tanah Air dan telah merancang peta jalan penggunaan listrik sebagai alat transportasi nasional di tengah-tengah masyarakat.

Kontak KH

Nah, bagi Sobat KH pelaku UMKM yang juga ingin mengambil peluang bisnis dari ekosistem kendaraan listrik, namun masih bingung mengenai proses dan langkah untuk memulainya, bisa konsultasikan saja dengan Kontrak Hukum.

Kami telah dipercaya oleh lebih dari 5000 perusahaan dan UMKM di Indonesia dalam memenuhi segala kebutuhan mereka, termasuk pendirian badan usaha, perijinan, perpajakan, hingga kekayaan intelektual yang dapat mempermudah Sobat KH memulai bisnis dari kendaraan listrik.

BACA JUGA: Mudah dan Minim Modal, 6 Ide Usaha Ternak Ini Wajib Dicoba!

Tak perlu khawatir karena layanan yang disediakan akan ditangani ahli professional berpengalaman, lengkap, dan tentunya terjangkau!

Yuk, mulai bisnis ramah lingkungan dengan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha. Jika ada pertanyaan, kamu juga bisa konsultasikan gratis di Tanya KH ataupun mengirimkan direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis