Skip to main content

Menjalankan bisnis menuju kesuksesan tidaklah mudah, terlebih bagi pebisnis pemula yang harus lebih waspada akan kesalahan umum yang sering terjadi. Terkadang jam terbang pun tidak bisa menjamin kesuksesan. Para pebisnis terdahulu juga tidak bisa luput dari kesalahan dalam berbisnis.

Untuk itu, Sobat KH yang kini seorang pebisnis pemula bisa belajar dari kesalahan pebisnis lainnya, supaya mengurangi kesalahan serupa di masa sekarang atau yang akan datang.  Memang kesalahan apa saja yang harus diwaspadai oleh pebisnis pemula? Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut ini.

 

Tidak Jelasnya Tujuan dan Objektif yang Dibuat

Tujuan dan objektif harusnya menjadi gerbang awal menuju kesuksesan sebuah bisnis. Memiliki acuan dalam menjalani bisnis, akan memudahkan Sobat KH dalam membuat keputusan yang tepat.

 

Menghamburkan Modal Besar Tanpa Mempertimbangkan Cashflow

Seperti contoh, kamu terlalu cepat merekrut banyak orang, membeli peralatan mahal, menyewa lokasi usaha di jalan utama, dengan keyakinan bisnisnya akan laku keras secara instan. Hal ini memicu kebangkrutan karena kamu tidak memikirkan cashflow dengan baik.

 

Mengesampingkan Action Plan

Membuat action plan sama pentingnya dengan memiliki tujuan dan objektif. Banyak pebisnis pemula yang hanya sekedar berjualan, tanpa memikirkan action plan. Sobat KH bisa membedah semua aktivitas yang bisa dilakukan untuk tujuan efisiensi bisnis, dan kamu juga bisa lebih fokus tidak terganggu dengan aktivitas yang tidak relevan.

 

Menolak Beradaptasi dengan Perubahan

Sama halnya dengan dunia yang dinamis, iklim bisnis juga pasti berubah seiring dengan kondisi pasar. Sobat KH harus bisa beradaptasi supaya bisnis yang dibangun tetap up to date, tidak termakan teknologi dan perang harga.

 

Tidak Melakukan ATM

Apa itu ATM? Istilah ini merujuk kepada Amati, Tiru, dan Modifikasi. Bisnis yang didasari atas meniru bisnis serupa biasanya tidak berumur panjang. Kamu harus mampu bertahan dalam persaingan kualitas dan juga efisiensi produk.

 

Tidak Mau Menghadapi Risiko

Meskipun kamu sudah melakukan persiapan bisnis dengan matang, namanya risiko tidak bisa kamu hindari begitu saja. Dengan kamu memutuskan untuk memulai berbisnis, kamu harus siap dalam menghadapi bermacam risiko yang akan datang.

Untuk itu, pebisnis pemula harus bisa mempersiapkan yang namanya strategi manajemen risiko dan berusaha untuk fokus kepada tiga hal ini:

  • Produk
  • Pemasaran
  • Operasional

Jadikan ketiga hal itu menjadi dasar bisnis yang solid sehingga Sobat KH mampu mengembangkan bisnis dengan tepat

 

Menganggap Sepele Legalitas

Walaupun menjadi poin terakhir, bukan berarti soal legalitas bisa kamu sepelekan sebagai pebisnis pemula. Pelajari dan pahami terkait legalitas apa saja yang dibutuhkan oleh bisnis kamu dan pentingnya mengurus dan melengkapi legalitas tersebut, yang akan mempermudah kamu dalam menjalankan bisnis menuju kesuksesan.

Adapun beberapa manfaat legalitas perusahaan yang bisa kamu rasakan sebagai pebisnis:

  • Aset pribadi terlindungi
  • Perlindungan hukum
  • Mengembangkan bisnis ke skala lebih besar
  • Kredibilitas bisnis meningkat
  • Penjualan saham lebih mudah
  • Tambahan modal usaha

Walaupun melakukan kesalahan dapat membantu Sobat KH dalam berproses di dunia bisnis, namun menurut Ilya Pozin sosok pendiri perusahaan bernama Ciplex saat ia berusia 17 tahun mengatakan, tidak semua kesalahan membuat kamu lebih produktif. Itu mengapa alangkah lebih bijaksana jika Sobat KH mampu kenali kesalahan yang sering dilakukan pebisnis pemula, agar kamu punya langkah preventive dan juga solutive di kemudian hari.

Kontak KH

Nah, kalo Sobat KH membutuhkan layanan bisnis dan legal agar usaha yang dijalankan bisa berkembang, mulai dari pengurusan legalitas perusahaan, jasa bisnis, pendirian PT, merek serta apapun yang berkaitan dengan bisnis, bisa serahkan kepada kami, Kontrak Hukum.

Sobat KH bisa menghubungi kami di Tanya KH, atau kunjungi laman layanan dari Kontrak Hukum di https://kontrakhukum.com/memulai-usaha/ dan untuk informasi terkini soal dunia bisnis bisa kamu jumpai di sosial media kami @kontrakhukum, jangan lupa untuk follow ya Sobat KH!

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.