Skip to main content

Bila bisnis Anda memiliki klien di luar negri, sudah pasti Anda harus paham apa yang harus dilakukan dan apa saja yang harus dipersiapkan dalam hal mengirim dan terima pembayaran dari klien anda tersebut. Hal itu wajar karena memang transaksi lintas negara sedikit lebih rumit dibandingkan transaksi lokal atau dalam negeri.

Menerima transfer uang dari luar negeri dalam mata uang asing seharusnya tidak menghabiskan banyak biaya dan prosesnya terbilang mudah. Meski begitu Anda tetap harus perlu memperhatikan beberapa hal agar proses pengiriman lancar, misalnya nilai tukar, waktu proses, hingga persyaratan yang diperlukan.

Ada beberapa hal yang harus diketahui dan diperhatikan ketika Anda harus mengirim dan menerima pembayaran dari luar negri, yaitu:

Biaya transfer

Dalam prosesnya, mengirim dan menerima uang dari luar negeri akan dikenakan biaya transfer. Kalau Anda menggunakan SWIFT, pengirim bisa memilih siapa yang akan menanggung biaya transfer yaitu bisa dari pengirim atau penerima. Jadi Anda juga perlu memastikan siapa yang akan membayar biaya tersebut. Biaya yang muncul bisa mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan nilai tukar yang berlaku. Ini karena beberapa bank ataupun layanan pengiriman uang memberlakukan markup untuk menghasilkan uang dari penukaran mata uang.

Jika pengiriman dilakukan dengan menggunakan mata uang asing (Dollar), tentu pihak bank akan menetapkan biaya tambahan. Biasanya, pihak bank juga akan menambah biaya dari nilai tukar mata uang asing terhadap Rupiah.

Durasi

Umumnya transfer dari luar negeri akan tiba dalam waktu satu hingga lima hari kerja. Namun hal ini tergantung metode transfer yang digunakan pengirim. Sehingga Anda pun harus paham kapan pengirim melakukan transfer dan metode pengiriman yang dipilih.

Kelengkapan data atau informasi

Sebagai penerima dana, tentunya Anda hanya butuh menunggu uang tersebut masuk dan bisa dicairkan. Namun, Anda pun juga perlu memberikan data dan informasi yang jelas kepada pengirim dengan maksud agar mencegah kesalahan dalam proses transfer nya nanti.

Berikut data yang perlu Anda perhatikan dan sampaikan kepada pengirim uang di luar negeri:

  1. Nama dan alamat lengkap penerima
  2. Jumlah uang yang akan dikirimkan
  3. Nama dan alamat bank penerima
  4. Nomor rekening dan jenis rekening bank penerima
  5. Nomor routing bank penerima, merupakan kode identitas berisikan kode bank, kode negara, dan nomor rekening tujuan. Nomor routing digunakan sebagai cara menerima transfer uang dari luar negeri melalui counter.
  6. Kode SWIFT atau BIC bank penerima. Kode swift adalah kode unik yang diberikan bank untuk transaksi luar negeri. Kode swift berfungsi sebagai kode bank internasional pada jaringan komunikasi antar lembaga keuangan. Nama lain dari kode SWIFT adalah BIC (Bank Identifier Code).
  7. Referensi transfer

Bagi Anda yang memiliki klien di luar negri, proses pengiriman dan penerimaan uang tentu menjadi bagian yang sangat penting dalam proses operasional keuangan bisnis Anda. Seiring kemajuan teknologi, proses tersebut banyak dimudahkan.

Banyak aplikasi financial technology yang dapat dipilih dan digunakan untuk memudahkan proses operasional keuangan bisnis Anda. Salah satunya adalah ASPIRE.

ASPIRE adalah aplikasi solusi operasional keuangan asal Singapura, yang saat ini sudah beroperasi di berbagai negara, termasuk Thailand, Vietnam dan Indonesia. Pelaku UMKM sebagai target pasar utamanya, dapat melakukan pendaftaran secara online.

Produk tersebut dikemas dalam layanan Aspire Business Account. Manfaat lain untuk pelaku UMKM adalah memudahkan pelaku UMKM dalam pengelolaan arus kas bisnis. Fitur di dalamnya juga memungkinkan pelaku UMKM menerima pembayaran secara virtual.

Dengan Aspire Business Account, Anda akan menikmati manfaat sebagai berikut:

  • Transfer Lokal Gratis dan Cepat

Nikmati transfer dana lokal dengan harga rendah dan transparan, atau gratis dengan berlangganan Aspire.

  • Kumpulkan penerimaan uang dengan mudah

Terima uang di beberapa Akun Virtual, semuanya di satu tempat.

  • Hemat biaya transfer luar negri/internasional

Lakukan transfer internasional dengan biaya kompetitif, hingga 4x lebih murah dari bank.

ASPIRE sendiri merupakan bagian dari product bundling layanan bisnis Kontrak Hukum. Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk ASPIRE ini, Sobat KH bisa langsung mengunjungi laman berikut di https://aspire.link/kontrakhukum atau menghubungi team Kontrak Hukum di link berikut Tanya KH atau mengunjungi laman media sosial kami di @KontrakHukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.