Skip to main content

Tahukah Sobat KH, dewasa ini, setiap perusahaan pasti membutuhkan jasa seorang legal officer. Posisi legal officer di perusahaan dibutuhkan karena hampir seluruh kegiatan operasional membutuhkan perizinan dan otoritas dari pihak berwenang.

Nah, legal officer inilah yang akan bertugas menangani masalah hukum baik secara internal maupun eksternal. Sebaliknya, jika kontrak, proposal, dan dokumen penting lainnya tidak dimonitor tim legal, bisa-bisa inisiatif perusahaan tidak akan ada yang berjalan lancar.

Oleh karena itu, perusahaan butuh tim legal yang akan membantu untuk mengurus segala permasalahan legalitas, mulai dari mengurus perizinan, membuat perjanjian, hingga mengurus sengketa bisnis di kemudian hari.

Nah, melihat perannya yang cukup penting, lantas sebenarnya apa, sih, yang dimaksud dengan legal officer ini? Apa saja tugas dan pentingnya bagi perusahaan? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Legal Officer?

Legal officer merupakan seorang individu yang memiliki tanggung jawab penuh atas segala permasalahan hukum di perusahaan.

Umumnya, legal officer dapat dipekerjakan secara langsung oleh perusahaan, agensi, dan jenis perusahaan lainnya. Legal officer akan melapor secara langsung kepada anggota staf tingkat atas seperti kepala staf hukum atau legal staff officer, bahkan ada juga yang langsung ke pihak BOD atau Direktur. Biasanya ini terjadi Ketika bisnis tersebut masih baru berjalan atau startup.

Oleh karena itu, kebutuhan legal officer di perusahaan umumnya akan mengikuti skala bisnis yang dijalankan. Semakin besar skala bisnis, berarti semakin banyak pula kegiatan yang dijalankan didalamnya dan legalitas pengelolaan bisnis pun menjadi lebih kompleks.

Kedudukan Legal Officer dalam Perusahaan

Di dalam perusahaan, legal officer berkedudukan langsung di bawah Direksi dan Staf ahli Direksi. Dengan posisi ini, mereka bisa lebih mudah berkoordinasi dengan bagian internal perusahaan, seperti akunting, marketing, HRD, dan internal audit.

Karena kedudukannya yang strategis, maka segala informasi tentang perusahaan pasti diketahui tim legal officer. Oleh karena itu, perusahaan perlu berhati-hati Ketika memilih dan merekrut legal officer.

Peran Legal Officer di Dalam dan Luar Perusahaan

Dengan memiliki tim legal di dalam perusahaan, maka legal officer bisa menjadi alarm yang dapat langsung mendeteksi adanya masalah hukum di internal perusahaan, sehingga bisa langsung diatasi tanpa menunggu waktu yang lama.

Secara eksternal, seorang legal officer juga menjadi penghubung antara perusahaan dengan pihak eksternal Ketika terjadi kerja sama. Untuk memastikan kerja sama dengan pemerintah, legal officer bertugas untuk memastikan seluruh perizinan perusahaan telah terpenuhi, lalu membuat daftar perizinan untuk disetorkan kepada instansi pemerintahan.

Sedangkan Ketika ingin bekerja sama dengan pihak swasta seperti vendor atau mitra bisnis, legal officer bertugas dan bertanggung jawab untuk menyiapkan kontrak atau perjanjian kerja sama dan memonitornya.

Apa Tugas Legal Officer?

Tidak hanya mengurus perizinan, membuat perjanjian bisnis, dan membantu permasalahan hukum bisnis, seorang legal officer juga memiliki beberapa tugas yang tak kalah penting.

Berikut beberapa tugas utama legal officer di suatu perusahaan:

Tugas Utama

Seorang legal officer setidaknya memiliki tiga tugas utama yang perlu dilakukan, antara lain:

  1. Sebagai Advokat Perusahaan: Mewakili perusahaan jika terjadi masalah di Pengadilan;
  2. Sebagai Pelaksana Perusahaan: Menyiapkan dan mengurus perizinan serta dokumen lainnya baik untuk internal maupun eksternal perusahaan;
  3. Sebagai Konsultan Hukum Perusahaan: Memberikan nasihat atau saran mengenai hukum kepada pemimpin perusahaan.

Tugas Harian

Selain tugas utama, seorang legal officer juga memiliki tugas harian yang perlu mereka selesaikan. Apa saja?

Memberikan Nasihat Hukum

Legal officer bertanggung jawab untuk memberikan pengarahan kepada direksi terkait masalah hukum, potensi risiko, dan Tindakan apa yang perlu diambil Ketika terjadi masalah.

Setelah itu, legal officer bisa memberikan nasihat hukum ini dalam bentuk lisan ataupun tulisan kepada dewan direksi dengan Bahasa yang mudah dipahami. Jika terdapat beberapa Bahasa hukum yang sulit, mereka perlu menerjemahkan istilah tersebut dan menjelaskannya kepada dewan direksi.

Mengelola Dokumen Legal

Legal officer juga bertanggung jawab untuk mengelola seluruh dokumen legal milik perusahaan, seperti kontrak kerja, perjanjian kerja sama, sertifikat saham, dan lain-lain.

Melakukan Riset

Regulasi dan peraturan pemerintah seringkali mengalami perubahan. Oleh karena itu, seorang legal officer diwajibkan untuk aktif meneliti sumber daya hukum seperti artikel, undang-undang, dan keputusan pengadilan. Sehingga, perusahaan tetap bisa mengikuti perkembangan regulasi dan permasalahan hukum dapat dikelola dengan baik.

Mengidentifikasi Risiko

Idealnya, segala permasalahan hukum bisnis adalah risiko yang harus dicegah sebelum terjadi. Oleh karena itu, staf legal officer diperlukan untuk menganalisis Tindakan dan keputusan perusahaan untuk mengidentifikasi risiko yang bisa timbul karena permasalahan hukum.

Setelah proses identifikasi selesai, legal officer juga diwajibkan untuk memberi saran agar perusahaan bisa terhindar dari risiko yang ditemukan.

Mengadakan Sosialisasi

Ketika perusahaan mengalami masalah hukum yang cukup besar, tugas legal officer adalah mengadakan sosialisasi dan pengarahan. Staf legal officer perlu memberikan penyuluhan terkait hal-hal yang perlu dihindari agar reputasi perusahaan bisa terjamin. Dengan begitu, perusahaan dapat menyelesaikan masalah hukum dengan lebih cepat.

Apa Pentingnya Legal Officer Bagi Perusahaan?

Setelah membahas mengenai tugasnya, kini kita semakin memahami bahwa legal officer memiliki penting bagi perusahaan. Misalnya saja dalam hal legalitas perusahaan seperti izin usaha. Tanpa adanya izin usaha ini operasional perusahaan tidak bisa berjalan dengan baik. Pasti ada rasa kekhawatiran bisnis tersebut ditutup karena tidak mengantongi izin usaha.

Selain itu, tanpa adanya izin usaha, perusahaan juga tidak bisa berkembang dan jalan ditempat, misalnya saja perusahaan tidak bisa mengikuti proyek atau tender besar. Hal ini mengingat, proyek atau tender pasti membutuhkan legalitas sebagai salah satu persyaratannya.

BACA JUGA: Waspada Penipuan Jasa Legalitas! Pilih yang Terpercaya hanya di Kontrak Hukum

Bukan hanya masalah perizinan, legal officer juga berperan penting dalam mengurus segala dokumen, legalitas, perizinan, dan masalah hukum lainnya di dalam internal ataupun eksternal perusahaan. Sehingga kedepannya perusahaan bisa terus beroperasi tanpa terlibat masalah hukum.

Kontak KH

Demikian penjelasan mengenai legal officer, mulai dari definisi, peran, tugas, dan pentingnya bagi perusahaan.

Namun, untuk merekrut staf legal officer tidak bisa sembarangan, karena ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Apalagi mereka harus bertanggung jawab untuk tidak membocorkan segala macam informasi perusahaan dan membantu segala macam masalah bisnis.

Nah, kini Sobat KH tidak perlu khawatir, karena perusahaan-mu bisa memanfaatkan layanan Digital Legal Assistant (DiLA) terpercaya dari Kontrak Hukum!

Alih-alih mempekerjakan satu orang legal officer, Sobat KH bisa mendapatkan tim professional Hukum dari kami dengan cakupan layanan meliputi unlimited konsultasi, kontrak, riset hukum, pengurusan legalitas perusahaan, hingga laporan keuangan dan pajak bulanan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, manfaatkan layanan hukum terlengkap dan terpercaya dari Kontrak Hukum dengan kunjungi laman Layanan KH – DiLA.

Jika ada pertanyaan seputar perusahaan dan hukum lainnya, jangan ragu untuk konsultasikan dengan kami di Tanya KH, ataupun melalui Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.