Skip to main content

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) terdiri dari 15 angka unik, yang kerap kali membuat Sobat KH lupa nomor NPWP karena banyaknya angka tersebut. Sementara itu kode unik inilah yang menjamin data perpajakan Anda tidak tertukar dengan wajib pajak yang lain.

Tidak sembarangan, 15 kode unik ini punya arti penting seperti, tiga digit nomor pertama di  NPWP adalah kode dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang menerbitkan NPWP tersebut. Lalu untuk tiga digit terakhir menjelaskan status wajib pajak. Jika 000 berarti pusat atau tunggal, sedangkan jika tiga digit terakhir 00x (002,003) itu menunjukkan urutan cabang.

Langkah Untuk Cek NPWP Perusahaan Bila Lupa

Setelah Sobat KH memahami sekilas terkait dengan nomor NPWP, mari kita simak langkah-langkah yang bisa dilakukan jika Anda lupa dengan nomor NPWP perusahaan. Berikut penjelasannya:

Cara Cek Nomor NPWP

Ini merupakan langkah termudah yang bisa segara Anda lakukan saat lupa dengan nomor NPWP, Sobat KH hanya tinggal mengunduh aplikasi DJP lewat smartphone berbasis iOS dan Android. Ketika Anda sudah mengunduh aplikasi, ikut langkah-langkah di bawah ini untuk cari nomor NPWP perusahaan atau bahkan pribadi:

    • Buka aplikasi DJP.
    • Login dengan akun yang sama saat anda mendaftar di website,
    • Buka dashboard yang ada di dalam halaman web.
    • Lalu, cek apakah nomor NPWP dan identitas lainnya tertera jelas di sana.Jika tidak, itu berarti nomor NPWP anda belum aktif, segeralah kunjungikantor pajak untuk konfirmasi lebih lanjut.

Alternatif Lain Cari Nomor NPWP Perusahaan

Selain mengunduh aplikasi DJP, Sobat KH juga bisa menggunakan cara-cara lain untuk mencari tahu nomor NPWP, antara lain:

    • Melalui Situs Resmi Pajak
        • Masuk ke situs ereg.pajak.go.id.
        • Lengkapi kolom NPWP secara lengkap dan benar. Lalu, tunggu sejenak hingga pointer mouse berpindah ke kolom email.
        • Jika nomor NPWP masih aktif, maka nomor tersebut beserta identitas lainnya akan muncul secara otomatis. Jika identitas tidak muncul, itu berarti NPWP belum atau sudah tidak aktif, segeralah kunjungi kantor pajak.
    • Lewat Telepon Kring Pajak (1500200)Kalau Sobat KH tidak mau repot, bisa segera telepon Kring Pajak pada jam kerja. Petugas ahli akan memberikan solusi yang tepat untuk setiap pertanyaan, termasuk jika Anda lupa nomor NPWP perusahaan.

Cari Nomor NPWP Perusahaan dengan KTP

Keduanya sama-sama berfungsi sebagai kartu identitas, bedanya NPWP adalah identitas untuk administrasi perpajakan. Langkah ini sangat membantu Anda yang lupa nomor NPWP, bahkan NPWP hilang ataupun terkena bencana alam. Cara ini bisa Anda lakukan lewat aplikasi DJP, dan input NIK KTP untuk mengetahui nomor NPWP perusahaan. Karena data NIK KTP dengan nomor NPWP sudah saling terhubung, untuk memudahkan jika terjadi hal demikian.

Cari Nomor NPWP Perusahaan dengan Kartu Keluarga (KK)

Jika kamu tidak bisa menggunakan KTP karena satu dan dua hal lainnya, tidak perlu cemas karena masih bisa menggunakan nomor KK, dengan cara:

Hal ini karena DJP menjaga data pribadi wajib pajak, walaupun nomor NPWP dan NIK KTP terhubung. Wajib Pajak hanya akan melihat bahwa NPWP miliknya masih aktif atau tidak.

Pentingnya NPWP

Perlu Sobat KH ketahui jika NPWP sangatlah penting dalam melakukan berbagai aktivitas perpajakan untuk memenuhi kewajiban anda, seperti bayar hingga lapor pajak. Dengan NPWP Anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Fasilitas secara tidak langsung merujuk kepada fasilitas umum, seperti jalan raya dan rumah sakit, serta terciptanya kerja sama internasional dalam mendorong kegiatan bisnis di dalam negeri. Sedangkan, manfaat pajak secara langsung adalah memanfaatkan fasilitas insentif pajak yang diberikan oleh pemerintah.

 

Kontak KH

Itu dia cara mudah yang bisa Anda lakukan ketika lupa nomor NPWP Perusahaan dan informasi tentang manfaat NPWP. Bagi Sobat KH yang saat ini sudah atau punya rencana menjadi pelaku usaha namun belum memiliki NPWP atau dokumen legalitas lainnya, segeralah penuhi keperluan Anda agar kedepannya tidak mengalami kerugian ataupun mendapatkan sanksi.

Segera kunjungi laman berikut untuk informasi lebih lanjut https://kontrakhukum.com/keuangan-dan-pajak/ hubungi Kontrak Hukum untuk menyelesaikan urusan bisnis Anda dengan mudah, tepat dan terjangkau. Jangan ragu untuk hubungi kami melalui link berikut Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) di sosial media Instagram kami @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.