Skip to main content

Sebagai pemilik bisnis, apakah pemasaran produk atau jasa milik Sobat KH terkendala? Cenderung biasa saja dan tidak pernah meledak di pasaran? Mengatasi hal ini, mungkin Sobat KH bisa mencoba bekerja sama dengan sebuah digital agency.

Ya, digital agency adalah pihak yang akan membantu memasarkan produk atau jasamu secara digital. Kenapa digital? Karena saat ini aktivitas jual beli secara digital sedang terus meroket. Sehingga bekerja sama dengan digital agency akan menjadi langkah yang tepat untuk bisnismu.

Lalu, apa itu digital agency? Mengapa pelaku bisnis harus menggunakan dan bekerja sama dengannya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Apa Itu Digital Agency?

Digital agency adalah pihak yang menyediakan jasa untuk melakukan pemasaran secara digital atau digital marketing. Mereka hadir untuk membantu sebuah bisnis atau perusahaan untuk mencapai target pemasaran atau mempromosikan produk/jasa secara digital.

Selain berfokus pada promosi dan layanan kreatif, digital agency juga bertugas untuk menangani user experience, tampilan mobile, kultur digital, pengumpulan data, dan analisa data.

Mereka juga terlibat dalam proses pengembangan produk, pemetaan konsumen, dan bahkan dapat terlibat dalam penggalian sumber baru untuk perkembangan bisnis.

Hal yang perlu diingat adalah, digital agency tidak terikat dengan suatu perusahaan, mereka biasanya memiliki beberapa klien yang menyewa jasanya. Mereka juga bekerja berdasarkan kontrak sampai tujuan pemasaran tercapai.

Macam-Macam Digital Agency

Digital agency juga cukup beragam dan memiliki keunikannya masing-masing. Kira-kira, jenis mana ya, yang cocok untuk bisnismu?

Creative Digital Agency

Creative digital agency menyediakan jasa pembuatan strategi kreatif untuk sebuah bisnis atau klien mencapai target pemasarannya. Mereka juga kerap dikaitkan dengan marketing agency, dimana keduanya memang memiliki beberapa kemiripan tugas utama.

Adapun tugas dari creative digital agency, antara lain:

  • Membuat strategi bisnis untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan angka penjualan
  • Menerapkan ide kreatif yang berupa strategi komunikasi seperti tagline (jargon), campaign umbrella (kampanye pemasaran dengan memanfaatkan nama merek besar), dan main communication
  • Mendistribusikan ide kreatif yang telah disetujui melalui media digital
  • Menganalisa dan memonitor kampanye yang telah berjalan
  • Menindaklanjuti respon dari audiens atau konsumen dan menjaga hubungan yang terbangun karena kampanye tersebut

Digital Marketing Agency

Digital marketing agency adalah sebuah pihak yang membantu bisnis untuk menjangkau target pasar secara digital atau online. Tugasnya adalah melakukan pemasaran yang lebih efektif, terukur, dan efisien dibanding pemasaran tradisional.

Tak heran jika digital marketing agency sangat dibutuhkan oleh bisnis. Berikut adalah tugasnya:

  • Mengoptimalkan pemahaman tentang target pasar dan medan digital
  • Mengelola, menyusun, dan mengeksekusi terkait strategi pemasaran digital
  • Memanajemen saluran atau media digital yang digunakan
  • Membuat konten atau materi promosi yang dibutuhkan
  • Melaporkan hasil eksekusi pemasaran digital ke klien atau bisnis

Social Media Agency

Social media agency adalah pihak yang menyediakan jasa kepada klien untuk merancang, mebuat, dan memanajemen kegiatan pemasaran atau branding melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Mereka berfokus pada media sosial sebagai saluran pemasarannya. Nah, jika bisnis Sobat KH belum memiliki tim khusus di media sosial, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggaet social media agency untuk mengembangkan bisnismu.

Eitss sebelum itu, Sobat KH perlu pahami tugas social media agency berikut ini:

  • Menguatkan brand bisnis atau produk di dunia digital
  • Mengaudit dan mengoptimalkan area yang perlu difokuskan di media sosial
  • Memanajemen dan membuat strategi pemasaran di media sosial
  • Membangun identitas atau branding bisnis
  • Memanajemen pelayanan konsumen sehingga dapat membangu brand awareness berdasarkan customer experience

SEO Agency

SEO agency membantu klien atau bisnis untuk mengoptimalkan penjualan atau kunjungan pada website menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO). Mereka akan mengoptimalisasi sebuah website milik bisnis agar muncul di peringkat teratas Google.

Ketika website muncul di peringkat teratas Google, maka potensi kunjungannya akan semakin besar. Adapun tugas SEO Agency antara lain:

  • Membuat website yang ramah untuk seluruh perangkat
  • Meriset kata kunci dan konten yang relevan
  • Menganalisa dan mengoptimasi konten yang ada di website klien
  • Mengoptimasi gambar yang digunakan di setiap post atau halaman website klien

Apa Manfaat Jika Bisnis Menggunakan Digital Agency?

Kerja sama dengan digital agency ini cukup penting untuk perkembangan bisnis, terutama untuk memenangkan persaingan di dunia bisnis yang sudah serba digital. Dengan bekerja sama dengan jasa digital agency, tentunya akan mendatangkan banyak manfaat bagi bisnismu.

Masih ragu? Tenang, berikut telah kami rangkum tentang manfaat bekerja sama dengan digital agency agar bisnismu makin laris manis.

Tenaga Ahli yang Profesional

Ketika Sobat KH bekerja sama dengan sebuah digital agency, kamu akan mendapatkan layanan pemasaran digital yang profesional dan ahli di bidang jasa tertentu.

Dengan begitu, Sobat KH tidak perlu meragukan kemampuan mereka untuk membantu memasarkan produk atau jasa milik bisnismu secara digital.

Lebih Memahami Pasar Online

Digital agency dapat membantu pemilik bisnis menemukan pasar yang tepat dengan kampanye iklan yang mereka jalankan. Dengan berbagai tools yang ada dan juga pengalaman yang mumpuni dari para tenaga ahli digital marketing ini, pemasaran produk online dapat dilaksanakan dengan baik dan efisien.

Selain itu, dengan berbagai tools yang ada, digital agency dapat menyajikan laporan penting yang dapat membantu Sobat KH untuk melakukan keputusan bisnis.

Hemat Biaya

Manfaat lainnya dari kerja sama dengan digital agency adalah efisiensi budget dibanding dengan pemasaran konvensional. Dengan sistem pemasaran yang sudah dilakukan serba online, Sobat KH tak perlu lagi mengkhawatirkan biaya untuk memasang iklan dalam bentuk billboard, brosur, iklan media cetak, dan lainnya.

Selain itu, strategi pemasaran yang Sobat KH inginkan juga bisa disesuaikan dari waktu ke waktu.

Digital Agency Selalu Aware dan Dapat Beradaptasi pada Perubahan

Dunia digital cepat mengalami perubahan, apabila jika kita berbicara soal tren pemasaran dan algoritma. Untuk orang awam, tentu akan sulit memahami istilah teknis dan perubahan-perubahan di dunia pemasaran digital.

Namun, dengan adanya digital agency, perubahan-perubahan pada dunia pemasaran digital tersebut akan dengan mudah mereka terjemahkan. Hasilnya adalah sebuah adaptasi dan materi baru yang lebih relevan untuk melakukan pemasaran digital.

Mampu Menghadapi Persaingan Bisnis Skala Besar

Jika pemasaran di era konvensional hanya dapat dilakukan oleh bisnis skala besar saja, kehadiran digital agency dapat menjadi kesempatan bagi pelaku bisnis UMKM untuk menaklukan pemasaran bisnis skala besar.

Bahkan tidak mustahil dilakukan digital agency untuk membantu bisnis rintisan menghadapi kompetitor besar yang lebih dulu menguasai pasar.

Tips Memilih Digital Agency yang Tepat untuk Bisnismu

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kehadiran digital agency dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap bisnismu. Hal ini tidak hanya untuk bisnis besar, tetapi juga sangat membantu pengemabangan bisnis skala kecil sekalipun.

Nah, jika Sobat KH berniat untuk menggandeng suatu digital agency, berikut adalah tips memilih digital agency yang tepat untuk bisnismu:

  1. Digital agency harus memiliki kejelasan seperti bersifat resmi atau terdaftar di otoritas pemerintahan
  2. Pastikan reputasinya diakui oleh masyarakat atau dunia industri
  3. Memiliki nilai dan budaya yang selaras dengan bisnismu
  4. Memiliki portofolio proyek dari klien yang sedang atau pernah ditangani digital agency
  5. Anggota tim harus dipenuhi oleh orang-orang ahli dan berpengalaman

Selain kelima tips di atas, Sobat KH juga sebaiknya mengikat perjanjian tersebut dengan membuat kontrak perjanjian tertulis. Maksudnya gimana? Ya, pembuatan kontrak diperlukan agar perjanjian antara bisnis dan digital agency tersebut sah secara hukum dan sama-sama terlindungi jika salah satu pihak melanggar kesepakatan.

BACA JUGA: Cari Tau Soal Wanprestasi Dalam Perjanjian!

Dengan dibuatnya kontrak perjanjian, maka masing-masing pihak yang terlibat juga dapat mengetahui hak dan kewajibannya. Sehingga, pelaksanaan suatu hubungan bisnis dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kontak KH

Itulah penjelasan mengenai digital agency, dari mulai pengertian, jenis-jenis, hingga manfaat dan tips memilih untuk bisnismu. Jika Sobat KH tertarik menjalankan kerja sama dengan digital agency, jangan sampai terlewat untuk membuat kontrak perjanjian, ya!

Tenang saja, karena pembuatan kontrak perjanjian kerja sama bisa dilakukan dengan mudah bersama Kontrak Hukum. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kontrak perjanjian yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu, Sobat KH bisa kunjungi laman ini.

Jika ada pertanyaan lainnya, jangan ragu untuk konsultasikan secara gratis dengan kami melalui Tanya KH dan Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.