Jangan Sampai Gagal! Ini Tips Memilih Mitra Bisnis yang Tepat

Saat ini, banyak orang yang mulai tertarik dengan bisnis, ada yang menjalankannya secara mandiri, tidak sedikit pula yang menjalankan bisnisnya dengan bekerja sama dengan mitra. Hal ini karena kemitraan dalam bisnis diyakini dapat membuka peluang pada sebuah keberhasilan.


Mitra bisnis sendiri adalah seseorang atau pihak lain yang bekerja sama dengan sebuah jalinan pada bidang usaha yang dijalankan. Idealnya, mitra bisnis biasa disebut partner yang mampu memberi sesuatu atau sumbangsih untuk keberlangsungan bisnis. Tentu saja, ini berdasarkan tujuan utama bersama yang telah ditetapkan. 


Memangnya, apa saja tujuan yang ingin dicapai oleh bisnis dengan adanya kemitraan? Tujuan tersebut antara lain:


  1. Membangun Bisnis atau Perusahaan
    Menjalin hubungan mitra di berbagai skala akan sangat menguntungkan. Terutama bagi kamu yang memiliki bisnis yang baru berkembang atau baru saja berdiri. Dengan adanya mitra, bisnis kamu diharapkan akan berkembang lebih besar. Tidak terbatas pada keuntungan pendapatan saja, namun juga berupa perluasan bisnis atau jaringan.

  2. Menumbuhkan Perekonomian
    Umumnya, jalinan mitra bisnis bermuara pada pertumbuhan ekonomi bisnis atau perusahaan. Mengapa demikian? Adanya hubungan kerja sama menjadikan pencapaian tujuan bisa dilakukan dengan lebih optimal.

    Meskipun tetap pada dasarnya pertumbuhan ekonomi tergantung pada kemampuan seseorang dalam mengelola bisnisnya, namun dengan adanya kemitraan, kedua pihak bisa melakukan inovasi yang telah disepakati untuk adanya kemajuan bersama.

  3. Menjalin Hubungan Sosial
    Selain tujuan ekonomi, siapa sangka jika mitra bisnis juga dijalin atas dasar keinginan untuk menciptakan hubungan sosial yang baik dengan bisnis atau perusahaan lain. Jadi tidak semata dijalankan untuk menumbuhkan perekonomian bisnis, seringkali perusahaan juga melakukan gerakan kemanusiaan untuk tujuan sosial.
Selain memiliki tujuan yang disepakati bersama, kemitraan dalam bisnis juga memiliki ciri-ciri. Beberapa ciri-ciri mitra bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Ada Jalinan Kerja Sama
    Hubungan kerja sama bisa dijalin antara dua pihak atau lebih. Umumnya hubungan kemitraan ini terjalin antara suatu bisnis atau perusahaan besar dengan bisnis atau perusahaan yang lebih kecil, serta dilakukan dengan menandatangani sebuah dokumen perjanjian yang tentu saja dilindungi hukum.

  2. Pengembangan Bagi Bisnis Kecil
    Seperti yang tadi disebutkan, kemitraan biasanya dijalin antara perusahaan atau bisnis besar dengan bisnis yang skalanya lebih kecil dari segi modal maupun proses operasional. Diharapkan, bisnis yang lebih kecil dapat semakin dibina dan dikembangkan dengan hadirnya mitra bisnis.

    Kondisi tersebut akan membuat bisnis kecil tetap bertahan dalam kondisi apapun. Alhasil, tujuan internal perusahaan maupun kerja sama dengan mitra bisa lebih dicapai.

  3. Hubungan yang Saling Menguntungkan
    Dalam mitra bisnis, terkandung sebuah motivasi bersama yang mengacu pada adanya keuntungan yang diperoleh kedua belah pihak. Sehingga, suatu hubungan kemitraan sudah tentu harus diusahakan.

    Tujuannya agar kerja sama bisa berjalan dengan saling memberikan dukungan antara perusahaan yang satu dengan yang lain. Sehingga, hubungan yang dijalin diharapkan bisa menguntungkan semua pihak.

Setelah mengetahui tujuan dan ciri dari kemitraan bisnis, tentu hal penting lainnya adalah memilih mitra bisnis yang tepat. Masalahnya, menemukan mitra bisnis yang bisa bersinergi bukanlah hal yang mudah. Salah-salah bisnis bisa hancur di tengah jalan atau bahkan bermasalah sejak awal. 


Lalu, bagaimana ya cara memilih mitra bisnis yang tepat? Biar nemu yang sehati dan sevisi, yuk simak tipsnya di bawah ini!


  1. Memiliki kesamaan passion dan visi misi
    Bukan sekedar orang yang kamu kenal atau dekat, sebaiknya pilihlah mitra bisnis yang memiliki passion serta visi misi yang sama denganmu. Begitu pula dengan goals atau tujuan. Dengan adanya kesamaan tersebut, kamu akan lebih mudah bekerja sama dengan mengembangkan bisnis bersama.

  2. Jujur dan bertanggung jawab
    Untuk menghindari terjadinya konflik yang tidak diinginkan, pilihlah mitra bisnis yang jujur dan bertanggung jawab. Meskipun setiap bisnis pasti pernah mengalami konflik, tetapi dengan rekan kerja yang berintegritas, konflik dapat diselesaikan dengan baik. Pastikan pula mitra bisnis yang dipilih juga bertanggung jawab sehingga pembagian kerja bisa benar-benar ditangani dengan baik dan tidak berhenti di tengah jalan.

  3. Berkomitmen dan mampu bekerja sama
    Merintis bisnis membutuhkan komitmen agar bisnis terus berkembang. Selain itu, kemampuan untuk bekerja sama juga sangat dibutuhkan dalam menjalin kemitraan. Hal ini berkaitan dengan dukungan dan dorongan dari satu sama lain agar jalannya bisnis bisa lancar dan tidak terhambat.

  4. Memiliki skill yang saling melengkapi
    Kriteria yang tak kalah pentingnya dalam memilih mitra bisnis adalah memiliki skill, kapabilitas, ataupun pengalaman yang mumpuni dan bisa melengkapi kebutuhan bisnismu. Hal ini tentunya akan mempermudah kalian dalam mengembangkan bisnis.

    Misalnya jika kamu memiliki kemampuan di bidang desain tetapi kurang ahli dalam hal teknologi atau finansial, sebaiknya pilihlah partner bisnis yang memiliki kemampuan tersebut. Pengalaman disini juga bisa berupa koneksi bisnis atau jaringan yang luas.

  5. Memiliki kondisi keuangan yang cukup stabil
    Selain memiliki skill dan pengalaman yang mumpuni, kamu juga perlu memilih partner yang memiliki kondisi finansial yang cukup stabil. Pasalnya dibutuhkan waktu, fokus, dan kesabaran untuk membangun bisnis yang sukses. Sehingga dengan adanya mitra bisnis, dapat saling mem-back up jika dikemudian hari terkendala masalah finansial.
Setelah memilih mitra bisnis yang tepat sesuai dengan tips dan kriteria di atas, hal lainnya yang tidak boleh terlewatkan adalah mengikat jalinan kerja sama tersebut dalam sebuah kontrak kemitraan.

Meskipun membuat kontrak atau perjanjian kemitraan merupakan hal yang penting, namun masih banyak orang yang beranggapan bahwa hal tersebut bukanlah suatu hal yang penting dan akhirnya hanya melakukan pekerjaan atau kerja sama dengan perjanjian verbal.

Padahal seperti yang sudah disebutkan di atas, kontrak atau perjanjian ini menjadi salah satu ciri utama dari kemitraan bisnis dimana umumnya hubungan yang terjalin dilakukan dengan menandatangani sebuah dokumen perjanjian yang dilindungi hukum.

Isi perjanjian tersebut adalah beberapa hal penting sesuai dengan kesepakatan yang ingin dicapai bersama. Jadi dalam hubungan kerja sama ini, kedua belah pihak tetap harus berpedoman pada perjanjian yang sudah disepakati dalam menjalankan operasional bisnis.

Selain itu, adanya perjanjian atau kontrak kemitraan juga ditujukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat merugikan salah satu pihak dalam perjanjian tersebut. Dengan adanya perjanjian tertulis dan sah secara hukum lalu ada pihak yang melanggar, maka nantinya juga bisa dituntut dan selesaikan secara hukum pula. 

Selain dibuat untuk menciptakan kelangsungan bisnis yang aman dan tertib agar tidak ada pihak yang dirugikan, kontrak atau perjanjian kemitraan juga memiliki beberapa tujuan yaitu:

  • Menjamin berfungsinya keamanan dan mekanisme pasar secara efisien dan lancar bagi setiap stakeholder bisnis yang terlibat,
  • Melindungi berbagai jenis bisnis, khususnya untuk bisnis jenis Usaha Kecil Menengah (UKM) yang paling rentan,
  • Membantu memperbaiki sistem keuangan dan perbankan,
  • Memberikan perlindungan terhadap semua pelaku ekonomi atau pelaku bisnis yang diatur dalam undang-undang yang berlaku,
  • Serta mewujudkan iklim bisnis yang aman dan adil untuk semua pelaku bisnis.

Bagaimana? Tentu sekarang sudah paham bukan jika dalam membangun kemitraan bukan hanya harus memilih partner yang tepat namun juga perlu membuat kontrak atau perjanjian kemitraan.

Bayangkan, jika suatu kerja sama tidak diikat dalam suatu kontrak yang jelas, maka hubungan kamu dengan rekan kerja bisa rusak dan merugikan seluruh pihak. Nah bagi kamu yang ingin membuat kontrak atau perjanjian kemitraan, bisa segera hubungi Kontrak Hukum.

Kontrak Hukum dapat membantu kamu untuk membuat dan melakukan peninjauan kontrak perjanjian kemitraan sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Segera kunjungi laman https://kontrakhukum.com/services/kontrak-kemitraan-id atau hubungi Kontrak Hukum melalui whatsapp atau telp di 0821-1212-5767 dan Direct Message (DM) ke media sosial instagram @kontrakhukum.