Memulai Bisnis Ala Yoon Hye Jin Hometown Cha Cha Cha!

Hometown Cha Cha Cha menjadi series drakor yang semakin populer akhir-akhir ini. Drama yang mengambil latar pedesaan di pesisir laut menceritakan tentang Yoon Hye Jin, dokter gigi yang pindah dari Seoul dan mendirikan klinik gigi di Desa Gongjin. Di desa ini Yoon Hye Jin bertemu dengan Hong Doo Shik yang juga dikenal sebagai Hong Bajang, pengangguran yang selalu sibuk membantu warga Gongjin namun memiliki banyak lisensi dan keahlian untuk melakukan berbagai pekerjaan. Dengan bantuan Hong Bajang, Hye Jin berhasil mendirikan klinik gigi pertama di Gongjin. Untuk mendirikan klinik, Hye Jin ternyata harus melewati berbagai tahapan lho. Pengen tahu apa saja tahapan yang dimaksud? Yuk simak pembahasan dari Kontrak Hukum berikut ini!

1.Mencari Lokasi Usaha Strategis

Hal pertama yang Hye Jin lakukan ketika memutuskan membuka klinik di Gongjin adalah mencari lokasi usaha yang strategis. Dalam drama, Hye Jin mencari lokasi usaha bersama Hong Bajang yang saat itu juga bekerja paruh waktu sebagai agen properti. Ketika memulai bisnis, lokasi usaha memang menjadi faktor penentu kesuksesan dan keberlangsungan bisnis. Semakin strategis lokasi usaha, semakin mudah konsumen menjangkau produk atau jasa yang ditawarkan. Lokasi klinik gigi Hye Jin sendiri berada ditempat yang strategis. Karena selain berada di jalan utama desa, lokasi tersebut juga berdekatan dengan balai desa, restoran, pasar, dan tempat tinggal warga desa sehingga banyak aktivitas warga yang terjadi di sekitar lokasi usaha Hye Jin.

2.Perjanjian Sewa Menyewa

Setelah memilih lokasi usaha, Hye Jin kemudian menandatangani kontrak sewa tempat usaha dengan Yeo Hwa-jung, pemilik gedung tempat klinik gigi Hye Jin. Kontrak tersebut ditandatangani dan dibuat 2 salinan agar pemilik dan penyewa masing-masing memiliki salinan kontrak. Dalam drama tersebut, Hong Bajang sempat menyebutkan bahwa kontrak berisi hak dan kewajiban tuan tanah serta penyewa. Para pihak juga diminta untuk mematuhi ketentuan dalam kontrak.
Jika dibandingkan, aturan mengenai kontrak di Korea Selatan hampir sama dengan di Indonesia. Lebih lanjut, aturan mengenai kontrak di Indonesia menyebutkan selama klausul yang ada didalamnya tidak bertentangan dengan hukum dan perjanjian dilaksanakan dengan itikad baik maka kontrak tersebut sah serta mengikat para pihak di dalamnya untuk memenuhi kewajiban sebagaimana diatur dalam kontrak.

3.Izin Mendirikan Klinik

Meskipun tidak diperlihatkan dalam drama, Hye Jin tentunya juga harus mengurus izin ketika akan mendirikan klinik. Di Indonesia, izin mendirikan klinik dapat diperoleh dengan cara melakukan permohonan ke PTSP daerah lokasi klinik berada. Setiap daerah memiliki persyaratan yang berbeda terkait izin klinik. Namun dimanapun lokasinya, klinik gigi wajib untuk memiliki dokumen lingkungan berbentuk SPPL.

(Baca juga : Apa Itu SPPL dan Bagaimana Cara Memperolehnya?)

4.Merekrut Karyawan


Langkah selanjutnya yang juga Hye Jin lakukan ketika membuka klinik di Gongjin adalah merekrut karyawan. Hye Jin sempat membuat iklan lowongan kerja. Namun Mi-Seon, sahabat Hye Jin dari Seoul yang juga berprofesi sebagai perawat datang dan melamar pekerjaan tersebut. Dalam adegan drama, Mi-Seon meminta kenaikan gaji 10% dan disediakan akomodasi/tempat tinggal. Hye Jin pun menyetujui dan merekrut Mi-Seon sebagai pegawai untuk kliniknya.
Jika dilihat dari sisi legal, hubungan kerja yang terjadi antara Hye Jin dan Mi-Seon sebaiknya dituangkan dalam perjanjian kerja. Meskipun perjanjian lisan tetap sah, akan lebih mudah untuk pembuktian jika perjanjian dibuat secara tertulis. Perjanjian kerja juga dibuat agar hak dan kewajiban yang timbul antara pemberi kerja dan pegawai menjadi jelas.

5.Promosi Dengan Memanfaatkan Momen

Hal terakhir yang juga tidak dilewatkan Hye Jin ketika memulai usaha di Gongjin adalah melakukan promosi. Diawal episode 2 Hometown Cha Cha Cha, Yeo Hwa-jung mendatangi rumah Hye Jin dan mengundang Hye Jin untuk datang ke pesta untuk warga senior. Yeo Hwa-jung juga menyarankan Hye Jin datang ke pesta tersebut untuk memperkenalkan diri sekaligus mempromosikan pembukaan klinik giginya. Hye Jin pun memutuskan datang dan membaur bersama warga Gongjin untuk mempromosikan kliniknya. Promosi memang menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menginformasikan sekaligus mengajak masyarakat menjadi konsumen usaha yang dimiliki. Dengan promosi yang baik, penjualan akan meningkat begitupun citra dari bisnis yang dijalankan.

Nah Sobat KH, itulah penjelasan mengenai cara memulai bisnis ala Yoon Hye Jin Hometown Cha Cha. Dalam drama, Yoon Dental Clinic milik Hye Jin selalu ramai dikunjungi pasien. Hal ini tentunya berkat kepiawaian Yoon Hye Jin menjalankan usahanya. Jika Sobat KH membutuhkan konsultasi bisnis agar bisa berhasil seperti Yoon Hye Jin, membutuhkan bantuan untuk memenuhi legalitas usaha, atau memiliki pertanyaan terkait masalah hukum lainnya, jangan ragu untuk menghubungi Kontrak Hukum di 0821-2555-5332 atau melalui media sosial instagram kami @kontrakhukum.