Skip to main content

Mengutip Jakarta Post, saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 73 juta pengguna atau setara dengan 29% dari populasi. Kehadiran internet telah menciptakan gaya baru masyarakat, yaitu mengubah perilaku seseorang dalam melakukan sesuatu, termasuk  berbisnis. 

Di era digital saat ini, manusia modern banyak memilih untuk melakukan transaksi jual-beli bahkan berbelanja melalui internet. Melihat fenomena ini, tentu kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk meraih keuntungan.

Belakangan ini, banyak perusahaan yang baru berdiri bertanya, “Haruskah membangun bisnis secara online?” atau “Apa sebenarnya bisnis online?”. Bisnis online adalah jenis bisnis yang dijalankan secara digital. Kini bisnis online kian diminati di tengah masyarakat.

Adanya bisnis online merupakan salah satu alat marketing dan komunikasi yang kuat, menjadi platform yang sangat efisien dari segi harga, dengan cara kerja yang ramah lingkungan, dan simbol profesionalisme yang banyak dibutuhkan saat ini. 

Bisnis online bisa dimulai dengan menjual apa saja, bahkan makanan dan minuman pun kini bisa dijual secara online. Kecanggihan teknologi saat ini memang memudahkan semua orang untuk menggeluti bidang satu ini. 

Nah biar semakin yakin, berikut empat alasan mengapa kamu harus mulai mencoba bisnis online dari sekarang: 

1. Berpotensi Untung Besar 

Saat kamu memulai bisnis online, banyak keuntungan yang kamu dapatkan di awal. Misalnya, tidak perlu bayar karyawan dan bayar biaya operasional lainnya.

Dalam bisnis online, penghasilan kamu tidak ditentukan berapa jam jumlah kamu bekerja, tetapi tingkat produktivitas yang bisa dilakukan dengan menghabiskan waktu dalam kegiatan pemasaran online. Kamu bisa mengurangi jumlah jam kerja untuk menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan.

Bisnis kamu akan tetap buka dalam waktu 24 jam 7 hari dan terus berjalan bahkan ketika kamu terlelap tidur. 

Seperti yang dilihat pada poin-poin di atas, memulai bisnis online bisa sangat menyenangkan. Kamu juga bisa memulainya dengan sedikit modal dan mulai mengembangkan situs web dari waktu ke waktu agar sesuai dengan kebutuhan audiens dan jadwal kamu. 

 

2. Modal Relatif Kecil 

Memulai bisnis online pada kenyataanya hanya membutuhkan modal  relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan bisnis lainnya. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya-biaya operasional, (jika skala yang kecil),  juga tidak perlu menggaji karyawan. Bahkan, untuk menjual produk tertentu, kamu bisa menjadi reseller, artinya, tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya produksi.

Tidak dapat dipungkiri, yang namanya bisnis pasti butuh modal. Namun untuk memulai bisnis online, kamu tidak perlu modal yang terlalu besar. Kita ambil contoh bila kamu ingin jualan produk barang. 

Kamu tidak perlu menyetok banyak barang di awal penjualan karena kamu bisa menerapkan sistem pre order (PO) sehingga kamu bisa membeli barang sesuai dengan jumlah permintaan pelanggan. Dengan begini, tidak akan ada barang yang tersisa.

Bahkan, kamu bisa bisnis online tanpa modal sepeser pun, lho. Caranya, kamu berjualan dengan menjadi dropshipper atau reseller. Jadi, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli paket data internet. Benar-benar murah, kan?

 

3. Waktu Tidak Terbatas 

Berbeda dengan toko offline, yang terbatas pada jam buka, jika kamu berjualan online, toko online kamu akan buka 24/7, karena bisnis online berjalan selama 24 jam. Bahkan ketika  tertidur pun bisnis kamu bisa menerima order.

Jika dalam berbisnis offline ada batasan waktu, maka sebaliknya, dalam bisnis online bisa melakukannya 24 jam. Bahkan jika kamu sudah berkeluarga, kamu bisa sambil gendong anak, memasak, liburan, makan malam.  

Kunci dari berbisnis online adalah tetap fokus agar tidak terjadi kesalahan. Misalnya, ketika kamu sedang memasak sambil membalas pesan dari pembeli, karena kamu masih belum bisa membagi waktu dan tugas dengan baik, pembeli pun bisa marah karena balasan kamu tidak jelas. 

 

4. Tidak Perlu Sewa Toko 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memulai bisnis online sangatlah mudah karena kamu tidak perlu repot-repot mencari toko yang strategis atau sampai memikirkan harga sewa toko. 

Dalam berbisnis online yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet yang cepat supaya bisa memasarkan semua produk yang dijual secara online. Coba bayangkan, kalau kamu bisnis offline, berapa banyak uang yang harus kamu siapkan untuk menyewa toko. 

Misalnya, harga sewa toko per bulan biasanya ditaksir mulai dari Rp3 sampai Rp4 juta. Namun, harganya pasti akan lebih mahal bila lokasi tokonya strategis. Dengan berbisnis online, kamu bisa menghilangkan anggaran untuk menyewa toko dan melakukan semua kegiatan bisnis di rumah sendiri.

Gimana sobat KH, setelah melihat banyak point plus yang didapat ketika berbisnis online, apakah tertarik untuk melakukannya? Jangan lupa, jika Sobat KH ingin melakukan bisnis online itu perlu riset terlebih dahulu terkait produk yang akan dijual dan pangsa pasar. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mengurus legalitas bisnis online tersebut.

Jadi, apabila sobat KH masih bingung bagaimana cara mengurus perizinan legalitas dalam berbisnis, merek, atau ingin sekalian berkonsultasi mengenai usaha yang dimiliki, bisa langsung menghubungi Kontrak Hukum di link berikut Tanya KH atau melalui media sosial instagram kami @kontrakhukum. Untuk informasi lebih lanjut, Sobat KH juga dapat langsung mengunjungi laman https://kontrakhukum.com/memulai-usaha.

 

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.