Skip to main content

Ketika menjalankan sebuah usaha, maka Anda pasti butuh yang namanya izin, bukan? Dan perizinan usaha ini bisa Anda dapatkan melalui website OSS. Namun, sebelum Anda mendaftarkan akun dan mengurus semua perizinan usaha, ada kode usaha yang harus Anda ketahui yakni KBLI Berbasis Risiko 2022.

Sekilas Tentang KBLI Berbasis Risiko 2022

KBLI ini adalah singkatan dari Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Jadi, ada sebuah kode yang bisa mengelompokkan jenis usaha Anda nantinya. Jika Anda berniat membuat izin usaha, maka hal pertama yang harus Anda ketahui adalah pengelompokkan dari usaha tersebut.

Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) adalah klasifikasi rujukan yang digunakan untuk mengkategorikan aktivitas atau kegiatan usaha di Indonesia ke dalam beberapa lapangan usaha atau bidang usaha yang dibedakan berdasarkan jenis kegiatan usaha yang menghasilkan produk atau output baik berupa barang maupun jasa.

KBLI ini nantinya akan berisikan rincian jenis usaha milik Anda. KBLI ini berisikan daftar kode usaha Anda. Nantinya, kode tersebut akan Anda gunakan untuk mendapatkan izin usaha dan NIB alias Nomor Induk Berusaha.

Bagaimana cara Anda menentukan KBLI yang tepat?

  1. Kunjungi laman resmi OSS di https://oss.go.id/informasi/kbli-berbasis-risiko
  2. Kemudian pada layar Anda akan muncul kategori KBLI dari huruf A sampai U yang merupakan jenis KBLI berdasarkan golongan usaha Anda. Dalam tampilan yang sama, anda dapat
  3. menggunakan fitur “pencarian” dan menulis kata kunci dari kegiatan usaha Anda;
  4. Setelah menentukan golongan usaha yang tepat sesuai dengan hurufnya, Anda dapat memilih turunan KBLI 2 digit yang sesuai dari golongan usaha sesuai dengan hurufnya;
  5. Kemudian, Anda dapat memilih turunan KBLI 3 digit yang sesuai dengan golongan usaha Anda;
  6. Lalu Anda dapat memilih turunan KBLI 4 digit yang menunjukkan opsi kegiatan usaha Anda secara lebih detail;
  7. Kemudian Anda akan menemukan KBLI 5 digit yang sesuai dengan kegiatan usaha anda. Pada KBLI 5 digit ini, Anda dapat menemukan uraian dan ruang lingkup kegiatan usaha.
  8. Terakhir Anda masih harus melihat ruang lingkup pada KBLI 5 digit guna menentukan cakupan kegiatan usaha yang sesuai dengan kegiatan usaha anda. Karena persyaratan perizinan berusaha yang harus Anda penuhi disesuaikan dengan ruang lingkup yang tertera pada KBLI 5 digit tersebut.

Pada ruang lingkup KBLI 5 digit ini memuat informasi tentang:

  • Skala usaha
  • Luas lahan
  • Tingkat risiko
  • Perizinan berusaha yang harus dipenuhi
  • Jangka waktu permohonan perizinan berusaha
  • Masa waktu perizinan berusaha; parameter tertentu yang ditetapkan; dan
  • Pemerintah yang berwenang untuk menangani perizinan berusaha tersebut.
Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.