Skip to main content

Dalam berbisnis, penting untuk membuat merek dagang. Secara definisi, merek sendiri berarti nama, simbol, ciri, tagline, desain, brand voice, dan identitas lainnya terkait suatu produk atau layanan.

Untuk membuat merek dagang, dibutuhkan proses penciptaan nama dan citra unik khususnya melalui iklan sehingga suatu produk atau layanan yang ditawarkan dipilih oleh konsumennya.

Dengan kata lain, membuat merek dagang boleh dibilang susah-susah gampang. Harus dilakukan dengan benar dan tidak bisa dibuat asal. Dengan begitu, merek dagang yang dimiliki dapat menarik perhatian masyarakat hingga kemudian menjadi pilihan mereka.

Lantas, seperti apa merek dagang yang efektif untuk sebuah bisnis? Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat merek dagang? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini, ya!

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Merek Dagang

Membuat merek dagang yang menarik dan memiliki branding yang kuat menjadi suatu kewajiban bagi sebuah bisnis. Hal ini mengingat, merek memiliki pengaruh terhadap citra dan reputasi bisnis.

Bila merek dagang sudah tertanam di benak konsumen, maka produk atau layanan akan banyak dicari oleh mereka, memiliki nilai lebih, dan dapat lebih menguntungkan.

Nah, bagi Sobat KH yang ingin membuka bisnis baru, berikut ini adalah lima hal yang perlu diperhatikan dalam membuat merek dagang:

Riset Terkait Merek Dagang

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat merek dagang adalah melakukan riset, terutama memilih nama merek yang belum digunakan. Sehingga nantinya, merek yang dibuat tersebut tidak memiliki kesamaan dengan bisnis lainnya.

Selain itu, merek dagang tersebut juga sudah bebas dari hak paten yang biasanya diterapkan. Sobat KH dapat melakukan pengecekan merek secara online melalui laman resmi DJKI https://pdki-indonesia.dgip.go.id/.

Merek yang Mudah Didengar dan Diucapkan

Selain unik dan singkat, merek dagang yang dibuat juga harus mudah didengar oleh orang lain. Sehingga merek tersebut akan mudah diingat dan dicerna agar tidak mudah dilupakan oleh konsumen.

Selain itu, alangkah baiknya merek dagang yang dibuat juga mudah diucapkan. Hindari penggunaan nama yang sulit, begitupun dengan penulisan dan pengucapannya.

Pilih Merek yang Merepresentasikan Produk atau Layanan

Seperti yang diketahui, merek dagang merupakan identitas bisnis. Pemilihan nama merek menjadi bagian penting dalam branding yang menjadi penggerak sebuah bisnis dan produk atau layanan yang ditawarkan.

Maka selain menarik, merek dagang yang dipilih juga sebaiknya memiliki makna dan dapat merepresentasikan produk atau layanan bisnismu. Dengan begitu, merek dagang tersebut juga akan berpengaruh besar terhadap target pasar dalam sebuah bisnis.

Pilih Desain Logo yang Memiliki Karakter

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam membuat merek dagang adalah logo. Disamping menentukan nama merek untuk sebuah bisnis, Sobat KH juga perlu membuat logo yang berkarakter dan menarik.

Dalam membuat logo, perhatikan juga pemilihan warna yang sesuai. Logo juga bisa dibuat dengan memberikan gambaran dari visi dan misi yang dimiliki oleh bisnis yang dijalankan.

Daftarkan Merek Dagang ke DJKI

Setelah memiliki merek dan logo untuk bisnismu, maka hal lain yang tak kalah pentingnya adalah mendaftarkan merek tersebut ke DJKI Kemenkumham. Hal ini mengingat, merek dagang merupakan salah satu bagian dari Hak Kekayaan Industri dan termasuk ke dalam Kekayaan Intelektual.

Nah, pendaftaran ini merupakan salah satu bentuk Sobat KH yang menyadari akan pentingnya merek dagang dan berusaha melindungi apa yang menjadi kekayaan intelektual mereka.

Apa Pentingnya Merek Dagang Bagi Bisnis?

Merek dagang menjadi sangat penting bagi keberlangsungan bisnis lantaran mencerminkan keunikan serta menjadi daya tarik tersendiri untuk konsumen.

Oleh karena itu, pastikan Sobat KH memilih merek dagang dan logo yang menarik, menjual, dan mudah diingat agar konsumen bisa mengenal produk atau layanan bisnismu dengan lebih mudah.

Jika sudah memiliki merek dagang dan logo, jangan lupa juga untuk segera mendaftarkannya ke DJKI Kemenkumham. Dengan begitu, Sobat KH akan memiliki hak untuk mencegah dan melarang siapapun untuk memakai merek yang sama dengan yang telah didaftarkan tersebut, sehingga bisa mencegah pencurian atau plagiasi dari kompetitor.

Tidak hanya itu, membuat merek dagang dan mendaftarkannya secara resmi juga memberikan beberapa manfaat lainnya bagi bisnis, antara lain:

  1. Sebagai identitas sebuah produk atau layanan pelaku bisnis
  2. Dapat meningkatkan daya saing di dunia bisnis
  3. Mampu menjadi kekuatan produk agar lebih mudah diterima oleh masyarakat
  4. Menjadi salah satu strategi pemasaran dalam membangun citra dan reputasi produk
  5. Hak atas merek dapat dilisensikan, sehingga menjadi sumber penghasilan langsung berupa royalti
  6. Bisa menjadi salah satu aset bisnis berharga
  7. Mencegah pihak-pihak untuk menggunakan dan/atau memasarkan produk yang identik atau mirip dengan merek-mu
  8. Mendapatkan perlindungan hukum selama jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan, dan dapat diperpanjang dengan jangka waktu yang sama
  9. Berkontribusi pada transparansi pasar, yang menguntungkan konsumen serta pelaku usaha
  10. Mendatangkan manfaat ekonomis di masa mendatang
  11. Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk yang dijual

Kontak KH

Nah, bagi Sobat KH yang saat ini ingin membuka bisnis baru, yuk, segera pertimbangkan untuk membuat merek dagang sesuai dengan kelima tips di atas dan jangan lupa untuk segera mendaftarkannya ke DJKI Kemenkumham!

Untuk melakukan pendaftaran merek, Sobat KH bisa serahkan saja pengurusannya pada Kontrak Hukum. Kontrak Hukum merupakan platform digital pertama yang menyediakan layanan legal terpercaya, mudah, dan terjangkau, salah satunya pendaftaran merek dagang.

BACA JUGA: Simak! 3 Manfaat Cek Merek Sebelum Memulai Bisnis

Segera kunjungi laman ini dan Sobat KH akan menemukan layanan terlengkap mulai dari pendaftaran merek, analisa merek, hingga perpanjangan merek.

Jika masih ada pertanyaan seputar kebutuhan legalitas bisnis lainnya, Sobat KH juga bisa konsultasikan dengan kamu melalui link berikut Tanya KH serta melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.