Skip to main content

Sektor peternakan masih menjadi ladang yang cukup menjanjikan untuk mengembangkan usaha demi meraup keuntungan sebesar-besarnya. Peluang ini masih terbuka luas, pasalnya kebutuhan akan konsumsi protein hewani semakin meningkat seiring dengan pertambahan penduduk dan kesadaran akan pentingnya konsumsi protein.

Di Indonesia sendiri, usaha peternakan masih menyediakan lahan serta beranekaragam ternak yang dapat kamu manfaatkan. Mulai dari ayam, kambing, sapi, hingga beragam jenis ikan dan burung bisa dijadikan hewan ternak atau budidaya.

Tidak hanya dimanfaatkan dagingnya, hewan ternak bisa memberi keuntungan lain dari telur, susu, hingga bulunya. Selain itu, usaha ternak sendiri mendukung banyak hal dari segi kebermanfaatan seperti menyediakan peluang kerja, menyediakan bahan pangan, serta mendorong kemajuan perekonomian bangsa.

Nah, apakah Sobat KH berminat usaha budidaya hewan? Kira-kira usaha ternak hewan seperti apa ya yang cocok dikelola? Pada artikel kali ini, kita akan membahas 6 ide usaha ternak mudah dan menguntungkan yang bisa Sobat KH coba. Simak sampai akhir, ya!

Ayam Pedaging

Ayam pedaging atau yang juga dikenal ayam broiler merupakan usaha yang cukup menguntungkan dalam meraup pundi-pundi uang. Hal ini mengingat konsumsi akan daging ayam tak pernah sepi pelanggan, bahkan yang menjajalnya di pinggir jalan pun banyak.  Olahan daging ayam broiler juga bervariasi, mulai dari bakso, nugget, sampai sosis. Tidak hanya itu, berbagai macam kuliner Indonesia banyak memanfaatkan ayam jenis ini karena tekstur daging yang lebih empuk.

Perputaran uang pemeliharaan ternak ayam pedaging termasuk cepat. Waktu pemeliharaan selama satu bulan lebih (45 hari) menjadikan usaha ini wajib untuk dicoba. Bila Sobat KH masih kurang yakin untuk memulainya, bisa menerapkan sistem kemitraan sehingga peluang rugi dapat diminimalisir.

Ayam Petelur

Coba bayangkan, berapa banyak orang yang makan telur setiap minggu. Jawabannya mungkin minimal 2-3 kali orang akan mengonsumsi telur setiap minggunya sebagai bahan lauk, diet, bahan kue, dan lain-lain. Hal ini tentu saja membawa peluang bagi peternak ayam petelur untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Untuk memulai usaha ini, Sobat KH bisa mencoba dengan kapasitas 2.000 ekor ayam untuk mendapatkan margin keuntungan yang lebih terasa dengan menggunakan jenis indukan yang siap bertelur umur 2-3 bulan.

Ikan Lele

Ternak lele ternyata juga memiliki peluang usaha yang cukup bagus, lho! Mengapa begitu? Salah satu alasannya adalah karena Sobat KH hanya memerlukan waktu tiga bulan saja sampai lele siap panen. Ya, ternak lele biasanya dipilih para pemula karena usaha ini tergolong murah dan mudah untuk dilakukan.

Bagaimana tidak, Sobat KH hanya memerlukan modal sekitar Rp 1 ribu untuk membeli satu ekor bibit lele berukuran 15 – 18 cm.Selanjutnya, harga pakan lele sendiri sekitar Rp 65 ribu tiap kemasan 5 kg. Harga lele di pasaran juga cenderung stabil dengan kisaran Rp 25 ribu – Rp 30 ribu per kg nya.

Burung Puyuh

Telur dan daging burung puyuh terkenal memiliki citarasa yang lezat sehingga banyak digunakan sebagai olahan kuliner restoran maupun rumahan. Tak heran jika prospek bisnisnya cukup menjanjikan.

Modal ternak burung puyuh juga terjangkau, apalagi jika memiliki lahan khusus. Adapun bibit burung puyuh dapat Sobat KH peroleh dengan harga sekitar Rp 8 ribu per ekor. Kemudian Sobat KH perlu menyiapkan kandang dengan estimasi biaya Rp 200 ribu. Burung puyuh mudah dibudidayakan karena termasuk hewan yang tenak. Burung puyuh juga telah dapat memproduksi telur di umur 35 hari sekitar 200 – 300 butir per tahun dan produktif di usia 40 – 50 hari.

Kelinci

Selain dijadikan hewan peliharaan, daging kelinci juga terkenal akan kelezatannya sehingga sering digunakan untuk berbagai olahan kuliner. Hal ini membuat ternak kelinci merupakan salah satu usaha ternak yang cukup menjanjikan.

Ternak kelinci juga tidak terlalu rumit apalagi untuk daerah pelosok dan pedesaan. Tidak perlu membeli atau menyewa lahan, Sobat KH bisa melakukannya di sekitar rumah untuk ternak skala kecil. Reproduksi kelinci pun tergolong cepat, dimana induk kelinci bisa kawin hingga 4 – 6 kali dalam setahun dimana sekali melahirkan bisa menghasilkan 1- 6 ekor anak kelinci. Bahkan kotoran kelinci juga bisa untuk pakan ayam dan pupuk, lho!

Bebek

Ide usaha ternak yang terakhir adalah bebek. Bebek bisa menjadi pilihan lain sebagai hewan ternak yang paling mudah dan menguntungkan. Apalagi bebek ternak juga lebih familiar untuk masyarakat Indonesia.

Ternak bebek terutama bebek petelur menjadi salah satu komoditas unggul di beberapa daerah, seperti Tegal, Mojosari, Bali, dan lainnya. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab bebek petelur membuka peluang usaha sejak pra ternak hingga pasca. Seperti usaha pakan ternak, usaha pengolahan telur bebek, hingga kotorannya yang dapat diolah menjadi pupuk kandang.

Untuk memulai ternak bebek, Sobat KH tak perlu repot-repot karena kandang bebek anti ribet berbeda dengan kandang ayam, sehingga tidak perlu membuat kandang dengan desain bertingkat. Cukup manfaatkan lahan kosong dan beri pagar bambu, serta atap berupa terpal.

+++

Demikian 6 ide usaha ternak yang mudah dikelola dan menguntungkan. Semoga bermanfaat bagi Sobat KH yang ingin mulai terjun ke usaha ternak, ya!

Yang terpenting, jangan lupa juga melakukan persiapan yang matang agar usaha ternak tersebut dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan omset yang menguntungkan. Adapun persiapan tersebut meliputi pemilihan lokasi, kandang, hingga pakan, vitamin, dan obat-obatan untuk ternak itu sendiri.

Kontak KH

Nah, kalau usaha ternak Sobat KH sudah semakin berkembang, maka tak ada salahnya untuk melakukan pendirian badan usaha PT. Dengan begitu, maka usahamu akan lebih terlindungi sekaligus mendapatkan keuntungan jika sejak awal kamu sudah memenuhi legalitas bisnis.

Jika tidak, bisa saja usaha ternak milikmu akan dianggap ilegal karena tidak ada izin yang jelas terhadap bisnis yang dijalankan. Tentu Sobat KH tak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Untuk mendirikan badan usaha PT, Sobat KH bisa segera hubungi Kontrak Hukum. Kontrak Hukum adalah platform digital pertama yang menyediakan layanan legal termudah dan tercepat, tanpa tatap muka.

Bersama KH, kamu nggak perlu pusing untuk mengurus pendirian PT karena kami menyediakan jasa pembuatan PT dengan cepat dan harga yang terjangkau, serta menyediakan paket layanan yang lengkap mencakup akta, NPWP, NIB, pembukaan rekening BCA, serta alamat bisnis.

Segera permudah usaha ternak-mu dengan harga promo akhir tahun terbaik dari Kontrak Hukum! Untuk informasi mengenai cara pemesanan atau konsultasi bisnis lainnya, Sobat KH bisa hubungi kami di link berikut Tanya KH, atau melalui Direct Message (DM) ke Instagram @konktrakhukum.
Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.