Skip to main content

Tak terasa sebentar lagi tahun akan berganti. Tentunya tren bisnis pun akan berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini terlihat jelas ketika awal pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia. Dimana kondisi ini memaksa sektor bisnis untuk beradaptasi dengan mendirikan toko online untuk menjalankan bisnis.

Para pebisnis dituntut untuk selalu bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada jika ingin tetap bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat. Jika tidak, maka siap-siaplah untuk kehilangan peluang dan tertinggal jauh di tengah semua perubahan yang terjadi.

Selain itu, dengan mempertimbangkan perubahan dan fluktuasi industri yang cepat, maka Sobat KH pun perlu mengetahui apa saja tren yang akan terjadi di tahun depan. Dengan mengetahui tren bisnis di 2023, Sobat KH bisa lebih mudah menyusun strategi bisnis dengan tepat dan membantu meningkatkan produktivitas bisnis lebih cepat.

Melansir dari Forbes, setidaknya terdapat 5 tren bisnis di 2023 yang diprediksi bakal booming dan bisa membantu Sobat KH sebagai dasar pembuatan strategi bisnis di tahun depan.

Penasaran apa saja itu? Yuk simak artikel ini sampai akhir, ya!

Belanja Melalui Media Sosial

Di masa pandemi, banyak orang yang belanja dengan memanfaatkan platform online seperti marketplace, Instagram Shop, hingga yang terbaru saat ini adalah Tiktok Shop. Saat ini, media sosial bukan hanya lagi sebagai media informasi dan interaksi, namun juga dimanfaatkan sebagai media untuk transaksi jual beli.

Hal ini menunjukkan bahwa konsumen di era ini menginginkan kenyamanan dan kemudahan dalam berbelanja, sehingga mereka akan lebih memilih belanja secara online tanpa harus keluar rumah.

Jadi, bagi Sobat KH yang saat ini belum memanfaatkan media sosial untuk transaksi jual beli, cobalah untuk mulai memanfaatkannya dan lihat hasilnya. Apakah terbukti bisa menghasilkan keuntungan lebih besar?

Transformasi Digital

Pada tahun 2023, kita akan melihat kelanjutan inovasi dan perkembangan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Virtual and Augmented Reality (VR/AR), cloud computing, blockchain, dan jaringan super cepat dengan protokol seperti 5G.

Terutama di industri e-commerce, kecerdasan buatan dapat memprediksi pola belanja konsumen berdasarkan produk dan situs web tempat konsumen melakukan pembelian, dan kapan biasanya mereka melakukan pencarian lewat situs tersebut.

Beberapa bentuk AI paling efisien yang akan menjadi hal biasa di dunia bisnis terutama e-commerce pada tahun 2023 adalah chatbots dan asisten virtual lainnya, rekomendasi produk, personalisasi e-niaga, juga manajemen inventaris.

Pengalaman Pelanggan yang Imersif

Metaverse, merupakan istilah umum yang digunakan oleh para futuris untuk mendeskripsikan “tingkat berikutnya” dari internet, tempat kita berinteraksi dengan merek dan sesama konsumen melalui teknologi imersif, termasuk 3D dan VR.

Untuk menghadapi perkembangan teknologi ini, mulailah pertimbangkan untuk membuat toko online dimana konsumen dapat menelusuri dan “mencoba” representasi virtual dari pakaian, perhiasan, dan aksesoris.

Dengan begitu, konsumen memungkinkan untuk menggunakan ruang ganti virtual untuk melihat bagaimana pakaian akan pas di tubuh mereka yang sebenarnya.

Bisnis Keberlanjutan

Tren ritel saat ini yang semakin populer di seluruh dunia adalah sustainable atau berkelanjutan. Tak hanya memprioritaskan praktek ramah lingkungan, namun juga membantu bisnis apapun yang ikut serta dalam praktek ini terlihat dapat dipercaya dan dapat diandalkan.

Beberapa praktek keberlanjutan di industri ritel mencakup beberapa hal misalnya, akan lebih banyak pilihan daging alternatif (produk nabati), bahan daur ulang untuk pengemasan, pengiriman, serta pakaian. Hal ini sejalan dengan pola hidup konsumen di seluruh dunia menjadi lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan.

Dengan adanya trem keberlanjutan ini, maka Sobat KH bisa coba memfokuskan bisnismu pada praktek ramah lingkungan (go green). Sehingga nantinya bisnismu memiliki dampak positif yang signifikan dan konsumen pun akan senang jika produk yang mereka beli akan tahan lama.

 

Kontak KH

Itulah deretan tren bisnis yang diprediksi bakalan booming di tahun 2023. Maka dari itu, Sobat KH sebagai pebisnis cerdas, harus siaga melihat peluang dan memaksimalkan pengelolaan strategi bisnis agar jika sudah ada momentum, bisa membawa bisnismu untuk mengikuti tren yang ada.

Salah satu langkah awal yang dapat Sobat KH lakukan untuk mengelola strategi bisnis adalah dengan melengkapi dokumen legalitas seperti pendaftaran merek dagang dan pendirian bahan usaha PT.

Jika tidak, jangankan bisa mengikuti tren di 2023, yang ada malah bisnis yang Sobat KH jalankan mengalami berbagai macam kerugian, di antaranya adanya anggapan bahwa bisnis yang dijalankan bersifat ilegal. Ini dikarenakan tidak adanya izin yang jelas terhadap bisnis yang dijalankan.

Nah, bagi Sobat KH yang ingin melengkapi dokumen legalitas bisnis, bisa segera hubungi Kontrak Hukum. Silahkan Kunjungi laman https://kontrakhukum.com/memulai-usaha/

Yuk, permudah urusan bisnismu di tahun 2023 dengan paket dari Kontrak Hukum! Jadi ketika sudah selesai liburan akhir tahun, merek dan PT pun sudah siap dan langsung fokus di bisnismu yang baru deh.

Untuk informasi pemesanan atau konsultasi bisnis lainnya, Sobat KH bisa hubungi kami via link berikut Tanya KH, atau melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.