Pelajaran yang Bisa Kamu Ambil dari Drakor Start-Up

Sobat KH pasti tahu dong drama korea Start-Up yang kemarin sempat booming? Karena keren banget, drakor ini membuat banyak orang terpecah belah, lho. Ada 2 kubu yang bisa dipilih, team Nam Do-San atau team Han Ji Pyeong. Selagi masih hangat, Sobat KH masih ingat tidak episode Seo Dal Mi yang seenaknya menandatangani kontrak akuisisi dengan perusahaan 2STO? Nah, dari episode itu ternyata kita bisa belajar sesuatu, lho!

Seperti yang ada di drama, keteledoran penandatangan kontrak membawa petaka bagi Samsan Tech. Samsan Tech sebagai perusahaan yang diakusisi oleh 2STO memang mendapatkan 3 milyar won, tapi akibatnya 2STO hanya mengambil tim pengembang Samsan Tech saja, yaitu Nam Do San, Yong San, dan Chul San. Artinya, Seo Dal Mi sebagai CEO Samsan Tech dan Jung Sa Ha sebagai desainer tidak diperlukan bagi 2STO. Samsan Tech sangat tergiur dengan nominal akuisisi yang ditawarkan sehingga tidak bisa mendeteksi adanya bahaya yang ditimbulkan dari penandatanganan kontrak. Han Ji Pyeong, mentor Samsan Tech, juga menyatakan bahwa kontrak akuisisi tersebut terlalu baik untuk menjadi kenyataan bagi Samsan Tech yang belum memiliki pendapatan tetap. Memang betul 3 miliyar won bukanlah kesempatan yang bisa datang dua kali untuk perusahan rintisan baru, tetapi dapat dipastikan juga selalu ada udang di balik batu. Pada akhirnya, mereka harus bubar. Tim pengembang dibawa ke Amerika oleh 2STO, sedangkan Seo Dal Mi dan Jung Sa Ha tetap di Korea Selatan. Lalu, apa yang bisa dipelajari? Tentu saja perihal kontrak!

Kontrak merupakan hal krusial dalam berbisnis. Kontrak adalah suatu perjanjian antara dua orang atau lebih yang mewajibkan para pihak untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu. Dalam hal ini, para pihak yang dimaksud adalah 2STO dengan Samsan Tech. Hukum kontrak menegaskan bahwa kontrak melahirkan suatu perikatan antara para pihak. Seo Dal Mi sebagai CEO Samsan Tech tidak bisa membatalkan kontrak begitu saja secara sepihak, karena dalam pembuatan kontrak akuisisi tersebut syarat sah perjanjian telah terpenuhi. Sebagai pengingat, syarat sah perjanjian adalah kecakapan para pihak, kesepakatan para pihak, adanya hal atau objek tertentu, dan sebab yang halal (tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku, kesusilaan, dan ketertiban umum).

Penandatanganan kontrak membawa beberapa akibat hukum, yaitu berlaku sebagai Undang-Undang bagi para pihak yang membuatnya (pacta sunt servanda). Kontrak akusisi yang ditandatangani menimbulkan perikatan antara para pihak, dan para pihak harus melaksanakan apa yang tertera dalam kontrak layaknya Undang-Undang. Selanjutnya, tidak boleh dibatalkan secara sepihak melainkan kedua belah pihak. Ketika penandatanganan, Seo Dal Mi setuju atas kontrak akusisi tersebut. Tetapi ternyata, Samsan Tech terpaksa bubar. Seo Dal Mi atau Nam Do San tidak bisa membatalkan kontrak karena pastinya pihak 2STO tidak akan menyetujui hal tersebut dan isi kontrak yang dibuat tidak ditemukan pelanggaran. Pemecatan Seo Dal Mi dan Jung Sa Ha murni terjadi karena ketidaktelitian dalam membaca kontrak. Jika Samsan Tech memutuskan untuk tidak melaksanakan kewajibannya, pihak 2STO bisa saja menggugat Samsan Tech atas tindakan wanprestasi. Lalu, kontrak yang sudah ditandatangan harus dilaksanakan dengan itikad dan niat baik. Tim pengembang yang akhirnya pergi ke Amerika tetap harus melaksanakan kewajiban yang tertera di dalam kontrak dengan intensi yang baik.

Dari episode tersebut kita juga bisa mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam kontrak, yaitu latar belakang, maksud dan tujuan perjanjian, jenis perjanjian, para pihak yang terlibat dalam perjanjian, hak dan kewajiban masing-masing pihak, dan upaya penyelesaian bilamana terjadi sengketa atau penafsiran yang berbeda.

Bagi kalian yang sedang memulai bisnis, memahami kontrak adalah salah satu senjata untuk mengembangkan usaha. Kontrak akan sangat sering dijumpai ketika kalian berkerja sama dengan pihak lain. Makanya, jangan sampai perusahaan kalian bernasib sama dengan Samsan Tech! Jika ada kendala ataupun pertanyaan seputar kontrak, silahkan tanyakan kepada Kontrak Hukum. Kami siap untuk menjawab maupun memberikan layanan pembuatan kontrak. #SaveHanJiPyeong #TeamHanJiPyeong.