Skip to main content

Tahukah Sobat KH, bahwa dalam dunia bisnis hadir berbagai macam jenis perusahaan. Umumnya, perusahaan di Indonesia dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur.

Ketiga jenis perusahaan ini berbeda dalam praktek kerja dan sistem pengelolaannya. Tidak hanya itu, karakteristik ketiga perusahaan ini juga berbeda.

Penasaran apa saja perbedaan antara perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur? Yuk kita bahas satu per satu!

Perusahaan Jasa

Sesuai namanya, perusahaan jasa menyediakan produk jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Tentunya, perusahaan ini tidak memiliki produk persediaan. Contoh perusahaan yang menyediakan jasa adalah perusahaan transportasi, komunikasi, pengiriman, infrastruktur, dan lain sebagainya.

Karakteristik dari perusahaan jasa adalah dalam kegiatan usahanya mereka menjual jasa sehingga tidak menyediakan produk dalam bentuk fisik. Jasa yang diberikan juga tidak sama sehingga setiap konsumen bisa mendapatkan jenis layanan yang berbeda sesuai kebutuhan.

Jadi, perusahaan jasa merupakan perusahaan yang memiliki kegiatan memproduksi dan menyediakan berbagai macam layanan seperti keamanan, kenyamanan, dan semacamnya kepada konsumen yang membutuhkan pelayanan jasa.

Perusahaan Dagang

Berbeda dengan perusahaan jasa, perusahaan ini memiliki barang atau produk yang bisa diperdagangkan kepada konsumen. Barang dagang yang ada pada perusahaan tersebut merupakan barang yang dibeli dari supplier kemudian dijual kembali dengan tujuan mendapatkan laba.

Contoh dari perusahaan dagang adalah toko, swalayan, distributor, dan lain-lain. Perusahaan ini memiliki beberapa karakteristik, yaitu dalam kegiatannya melakukan pembelian dan penjualan barang dagangan.

Selain itu, barang yang dijual tidak melalui proses apapun sehingga perusahaan dagang tidak melakukan proses produksi. Jadi, beban operasionalnya terdiri atas beban penjualan dan beban administrasi.

Perusahaan Manufaktur

Jenis perusahaan dalam bisnis yang terakhir adalah perusahaan manufaktur. Perusahaan jenis ini membeli bahan mentah lalu diubah menjadi produk akhir untuk kemudian dijual sehingga menghasilkan laba.

Jadi dalam sistem kerjanya, perusahaan manufaktur dikenal juga sebagai pabrik karena memproduksi sendiri bahan baku mentah menjadi produk setengah jadi maupun produk jadi. Contoh perusahaan manufaktur yaitu pabrik tekstil, elektronik, otomotif, makanan, dan minuman, serta pabrik-pabrik lain.

Karakteristik dari perusahaan manufaktur adalah adanya proses produksi atau proses pengolahan dari bahan baku mentah hingga menghasilkan produk setengah jadi maupun produk siap pakai.

Selain itu, perusahaan ini juga memiliki persediaan berupa bahan mentah, bahan pembantu, barang dalam proses produksi, dan persediaan barang jadi. Hasil dari produksi perusahaan manufaktur berupa produk jadi yang artinya sudah berwujud dan nampak jelas. Oleh sebab itu, perusahaan manufaktur akan menghasilkan produk sesuai permintaan pasar.

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan antara perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur, dapat dilihat pada tabel berikut:

Perusahaan JasaPerusahaan DagangPerusahaan Manufaktur
Tidak menjual barang atau produk tetapi menjual dalam bentuk jasa.Menjual barang atau produk yang diperoleh dari pemasok.Menjual barang atau produk dengan cara mengolah bahan baku mentah terlebih dahulu.
Tidak memiliki persediaan.Memiliki persediaan barang dagangan.Memiliki persediaan berupa bahan baku, bahan pembantu, persediaan dalam proses produksi, dan barang jadi.
Tidak menentukan harga pokok barang atau produksi (HPP)Dalam menentukan harga pokok produksi (HPP) relatif mudah.Dalam menentukan harga pokok produksi (HPP) harus melalui beberapa tahapan.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan dari perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur. Jadi, untuk perbedaan ketiga jenis perusahaan tersebut secara spesifik hanya pada bagian persediaan dan pembeliannya saja. Sebagaimana tujuan perusahaan adalah sama yaitu untuk memperoleh laba atau keuntungan, dimana laba ini diperoleh dari pendapatan yang diperoleh dari kegiatan perusahaan.

Pada perusahaan jasa yang menjadi sumber pendapatannya adalah pendapatan dari hasil menjual jasa, sedangkan pada perusahaan dagang yang menjadi pendapatan adalah penjualan barang. Begitu pula dengan perusahaan manufaktur, sumber pendapatannya adalah penjualan barang dagang.

Namun pada perusahaan dagang, perusahaan membeli barang dagang kemudian menyimpan dan menjualnya kembali. Sementara pada perusahaan manufaktur, perusahaan membeli bahan baku mentah, kemudian diproses menjadi barang yang lebih memiliki nilai dari bentuk sebelumnya.

Kontak KH

Nah, bagi Sobat KH yang berencana membuka suatu bisnis, sebaiknya untuk mempertimbangkan pemilihan jenis perusahaan yang akan didirikan, ya! Apakah akan menjalankan jenis perusahaan jasa, dagang, ataupun manufaktur. Mengingat ketiga jenis perusahaan tersebut memiliki perbedaan yang signifikan tentunya.

Setelah menentukan jenis perusahaan apa yang akan didirikan, jangan sampai lupa juga untuk mendaftarkannya sebagai badan usaha yang berbadan hukum, seperti Perseroan Terbatas (PT) misalnya. Dengan mendaftarkan perusahaan-mu sebagai badan usaha berbentuk PT, maka bisnis akan lebih terlindungi sekaligus mendapatkan keuntungan jika sejak awal kamu sudah memenuhi legalitas bisnis.

Ini juga menjadi salah satu penanda bahwa integritas perusahaan sudah teruji, sehingga mempermudah perusahaan-mu dalam melakukan kegiatan apapun seperti berpartisipasi dalam tender, lebih dipercaya investor, dan memiliki akses yang lebih luas untuk kegiatan bisnis lainnya.

Tenang saja, kini pendirian PT juga semakin mudah berkat adanya Kontrak Hukum. Kontrak Hukum adalah platform digital pertama yang menyediakan layanan legal terpercaya, mudah, dan terjangkau. Bersama KH, kamu nggak perlu pusing untuk mengurus pendirian PT karena kami menyediakan jasa pembuatan PT dengan cepat dan harga yang terjangkau, serta menyediakan paket layanan yang lengkap mencakup akta, NPWP, NIB, pembukaan rekening BCA, serta alamat bisnis.

Sangat terjangkau, bukan? Tak perlu diragukan lagi, karena pendirian PT akan  di Kontrak Hukum sudah menggunakan sistem yang terintegrasi secara digital dan pengerjaannya pun dilakukan oleh jasa profesional. Sobat KH bisa Kunjungi laman berikut untuk mengetahui layaban apa saja yang ada di Kontrak Hukum https://kontrakhukum.com/semua-layanan/

Sudah mendirikan PT tapi terkendala soal dokumen legalitas, perpajakan, dan keuangan? Tenang saja, kami juga menyediakan layanan digital business assistant (DiBA) yang cocok untuk digunakan oleh para pelaku usaha yang butuh tim lengkap di bidang legal, akunting, dan perpajakan hanya di satu tempat dengan DiBA.

Langganan di DiBA serasa punya tim komplit dengan harga lebih terjangkau dan pengerjaan lebih efisien. Untuk informasi selengkapnya mengenai layanan DiBA, silakan kunjungi laman https://kontrakhukum.com/digital-assistant/

Yuk jalankan bisnis perusahaan jasa, dagang, maupun manufaktur secara legal dan aman bersama Kontrak Hukum!

Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai perusahaan atau kebutuhan bisnis lainnya, bisa hubungi kami via link berikut Tanya KH, ataupun melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.