Skip to main content

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis perusahaan, salah satunya adalah perusahaan manufaktur. Secara ekonomi, perusahaan manufaktur di Indonesia menyerap banyak sekali tenaga kerja sehingga mampu meningkatkan taraf kesejahteraan hidup masyarakat.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan perusahaan manufaktur? Bagaimana ciri-ciri dan contoh dari perusahaan manufaktur?

Untuk lebih memahaminya, simak ulasan lengkap mengenai perusahaan manufaktur berikut ini!

Apa Itu Perusahaan Manufaktur?

Dilansir dari Corporate Finance Institute, perusahaan manufaktur adalah sebuah badan usaha atau perusahaan yang memproduksi barang jadi dari bahan baku mentah dengan menggunakan alat, peralatan, mesin produksi, dan lain-lain dalam skala produksi yang besar.

Hasil produksi tersebut lah yang kemudian dijual kepada konsumen melalui jaringan distribusi dari grosir hingga ke tingkat eceran, sehingga sampai ke tangan konsumen. Karena dilakukan dengan skala produksi yang besar, perusahaan manufaktur tentunya memiliki jumlah pekerja atau tenaga kerja yang banyak.

Itu sebabnya, di banyak negara termasuk Indonesia, keberadaan perusahaan manufaktur sangat penting karena dapat membantu menciptakan lapangan pekerjaan yang sangat signifikan. Semua proses dan tahapannya juga dilakukan mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang memiliki masing-masing satuan kerja.

Ciri-Ciri Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur berbeda dengan jenis perusahaan lainnya. Hal ini bisa dilihat dari ciri-ciri atau karakteristik perusahaan yang notabene nya memiliki perbedaan mencolok. Berikut adalah ciri-ciri dari perusahaan manufaktur:

Pendapatannya berasal dari penjualan

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi, menghasilkan, serta menjual produk berupa barang. Barang yang dimaksud bisa berupa barang setengah jadi dan barang jadi seperti peralatan rumah tangga, hingga berbagai jenis makanan dan minuman.

Karena melakukan penjualan berupa barang, maka pendapatan utama perusahaan manufaktur diperoleh dari penjualan produk barang yang dihasilkannya.

Biasanya satu perusahaan manufaktur juga bisa memproduksi lebih dari satu jenis barang jadi atau barang setengah jadi. Semakin banyak banyak yang diproduksi, semakin banyak pula pendapatan yang masuk.

Memiliki persediaan fisik

Jenis persediaan di perusahaan manufaktur ada tiga, yaitu bahan mentah, produk setengah jadi, dan produk jadi. Ciri inilah yang membedakan antara perusahaan manufaktur dengan perusahaan dagang.

Karena perusahaan dagang hanya bertugas untuk memasarkan produk dan tidak berfungsi sebagai penyedia bahan-bahan pembuat produk. Jika dilihat dari ciri ini, tentu sebuah perusahaan bisa disebut sebagai perusahaan manufaktur apabila di dalamnya terdapat persediaan fisik bahan-bahan pembuat produk dan produk itu sendiri.

Biaya dan aktivitas produksi

Sesuai dengan definisinya, aktivitas operasional utama dari perusahaan manufaktur adalah melakukan kegiatan produksi yaitu mengolah bahan baku atau barang mentah menjadi produk setengah jadi atau produk jadi. Tanpa adanya aktivitas ini, perusahaan manufaktur tidak bisa berjalan.

Seluruh proses pembuatan bahan mentah menjadi produk setengah jadi ataupun produk jadi tentu membutuhkan biaya, seperti biaya pembelian mesin pengolah bahan, dan lainnya. Biaya inilah yang disebut dengan biaya produksi.

Proses Bisnis Perusahaan Manufaktur

Sama seperti jenis perusahaan lainnya, perusahaan manufaktur juga melibatkan beberapa proses bisnis. Berikut adalah proses bisnis yang ada dalam perusahaan manufaktur beserta penjelasannya:

Proses Procurement

Proses procurement adalah proses bisnis perusahaan manufaktur yang terkait dengan pengadaan produk. Dimana proses ini diperlukan untuk membantu kelangsungan usaha.

In Out Inventory

Proses bisnis yang kedua adalah proses in out inventory. Dimana dalam proses bisnis ini, perusahaan manufaktur melakukan aktivitas berupa pengolahan bahan-bahan mentah menjadi produk setengah jadi atau produk jadi.

Proses Produksi

Proses produksi adalah proses yang terkait dengan penjualan atau pemasaran produk perusahaan. Tentu tujuan dari proses produksi ini ialah untuk mendapatkan keuntungan dari produk yang dibuat.

Administrasi Umum

Proses bisnis di perusahaan manufaktur yang selanjutnya adalah administrasi umum. Dimana dalam hal ini mencakup unsur kebijakan, penarikan keputusan, pencatatan, kontrol, punishment, dan lainnya.

Akuntansi dan Keuangan

Proses bisnis perusahaan manufaktur yang terakhir adalah akuntansi dan keuangan. Proses bisnis yang satu ini dijalankan semata-mata untuk menjaga agar finansial perusahaan tetap sehat.

Namun proses akuntansi di perusahaan manufaktur berbeda dengan perusahaan lain pada umumnya. Hal ini dikarenakan pada bisnis manufaktur terdapat pengelolaan bahan baku, perhitungan harga pokok produksi, dan biaya overhead pabrik (BOP).

Ruang Lingkup dan Contoh Perusahaan Manufaktur

Yang dimaksud dalam ruang lingkup perusahaan manufaktur adalah bidang usaha apa saja yang termasuk dalam sektor manufaktur ini. Industri manufaktur sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu industri dasar dan kimia, aneka industri, dan aneka barang konsumsi.

Untuk lebih jelasnya mengenai ruang lingkup perusahaan manufaktur, yuk simak penjelasan berikut beserta contohnya!

Industri Dasar dan Kimia

Perusahaan yang tergolong jenis industri dasar dan kimia adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang produksi semen, keramik, porselen, loham, kimia, pakan ternak, kayu dan pengolahannya, kertas, dan sebagainya.

Beberapa contoh perusahaan manufaktur di Indonesia yang termasuk dalam industri dasar dan kimia adalah:

  • Holcim Indonesia Tbk (SMCB)
  • Semen Baturaja Persero Tbk (SMBR)
  • Betonjaya Manunggal Tbk (BTON)
  • Barito Pacific Tbk (BRPT)
  • Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM)

Aneka Industri

Perusahaan manufaktur yang tergolong jenis ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang mesin dan alat berat, otomotif dan komponennya, tekstil dan garment, alas kaki, kabel, dan elektronik.

Beberapa contoh perusahaan manufaktur di Indonesia yang termasuk dalam aneka industri adalah:

  • Astra International Tbk (ASII)
  • Astra Otopart Tbk (AUTO)
  • Goodyear Indonesia Tbk (GDYR)
  • Asia Pacific Fibers Tbk (POLY)
  • Sumi Indo Kabel Tbk (IKBI)

Industri Barang Konsumsi

Yang termasuk dalam industri barang konsumsi adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi makanan dan minuman, rokok, farmasi, kosmetik, dan alat rumah tangga.

Beberapa contoh perusahaan manufaktur di Indonesia yang termasuk dalam industri barang konsumsi adalah:

  • Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICP)
  • Gudang Garam Tbk (GGRM)
  • Kimia Farma Tbk (KAEF)
  • Kalbe Farma Tbk (KLBF)
  • Mustika Ratu Tbk (MRAT)
  • Unilever Indonesia Tbk (UNVR)
  • Kedawung Setia Industrial Tbk (KDSI)

Selain ketiga jenis ruang lingkup di atas, masih ada beberapa jenis lainnya yang termasuk dalam perusahaan manufaktur, seperti pembuatan kapal laut, pesawat, usaha permesinan, dan lain-lain.

Namun, melihat contoh di atas, sudah menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat Indonesia saat ini sangat bergantung pada perusahaan-perusahaan tersebut.

Kiat-Kiat Mendirikan Perusahaan Manufaktur

Mendirikan dan terjun dalam bisnis bidang manufaktur tentu memiliki resiko karena diharuskan mengerti target pasar dalam skala tinggi. Hal ini mengingat aktivitas dari perusahaan manufaktur ini sendiri yang berfokus pada produksi dalam jumlah yang besar.

Terdapat beberapa kunci atau kiat-kiat sukses yang harus dilakukan jika kamu ingin bergelut dalam bidang bisnis perusahaan manufaktur ini, antara lain:

Pengelolaan keuangan yang baik

Keuangan bisnis menjadi salah satu faktor paling penting dalam mempengaruhi keberhasilan sebuah usaha. Perusahaan harus memikirkan bagaimana mengelola modal, pemasukan, dan pengeluaran produksi hingga menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Produktivitas

Stok produk yang sedikit akan membuat biaya produksi atau modal yang dibutuhkan semakin besar. Itulah alasan mengapa sebelum berencana membuat bisnis manufaktur, harus dipikirkan secara matang strategi pasar yang harus ditempuh. Tujuannya adalah agar keuntungan yang diperoleh dapat semakin maksimal.

Desain terbaik

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur harus bersaing dengan kompetitor, sehingga diperlukan desain terbaik sebaik keunggulan mutlak agar perusahaan bisa memenangkan persaingan.

Quality Control

Selain melakukan produksi dengan desain terbaik, tentu hal lain yang tak kalah pentingnya adalah kualitas produk. Jika produk sebuah bisnis tidak dibuat berkualitas, maka perusahaan bisa dibilang tidak akan mampu bertahan.

Terlebih lagi, sudah ada banyak perusahaan yang mampu menciptakan produk dengan harga yang murah namun tetap mampu menjaga kualitas barangnya seperti yang banyak dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan di China.

Itulah ulasan mengenai hal-hal apa saja yang perlu kamu ketahui tentang perusahaan manufaktur. Jika kamu tertarik untuk terjun ke bisnis sektor manufaktur, kamu juga bisa mengikuti kiat-kiat yang sudah dijelaskan di atas, ya!

Namun, selain keempat tips tersebut, kamu juga perlu mengurus legalitas dalam mendirikan perusahaan manufaktur. Maksudnya gimana? Yap, sebagai perusahaan yang berdiri dan melakukan aktivitas bisnis nya di Indonesia tentu perlu memenuhi peraturan yang berlaku yaitu mengurus dokumen legalitas perusahaan. Selain sebagai bentuk ketaatan hukum, legalitas juga dapat menjadi sarana untuk kelancaran aktivitas bisnis.

Beberapa dokumen legalitas yang diperlukan oleh perusahaan manufaktur antara lain adalah badan hukum (PT), akta pendirian perusahaan, NPWP, serta NIB berbasis risiko.

BACA JUGA: Yuk Pahami Perbedaan Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur Di Sini!

Jangan lupa juga, sebaiknya dokumen legalitas tersebut diurus sejak awal pendirian perusahaan manufaktur. Kenapa? Karena dalam aktivitas bisnis, setiap dokumen tersebut saling berkesinambungan sehingga diperlukan demi kelancaran kegiatan bisnis.

Kontrak KH

Tenang saja, kini pengurusan dokumen legalitas untuk perusahaan manufaktur menjadi semakin mudah dengan adanya Kontrak Hukum. Kontrak Hukum adalah platform digital pertama yang menyediakan layanan legal terpercaya, mudah, dan terjangkau.

Bersama KH, kamu nggak perlu pusing untuk mengurus legalitas karena kami menyediakan jasa pembuatan PT dengan cepat dan harga yang terjangkau, serta menyediakan paket layanan yang lengkap mencakup akta, NPWP, serta NIB.

Segera kunjungi laman layanan KH – Pendirian Badan. Jika masih ada pertanyaan lainnya, jangan ragu untuk konsultasikan terlebih dahulu di Tanya KH ataupun melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis