Skip to main content

Umat muslim tengah menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 2023. Selain mengisi bulan penuh berkah ini dengan beribadah, masyarakat juga mulai mencari produk-produk yang paling dibutuhkan untuk memulai puasa.

Tak heran, ada beberapa jenis produk yang popularitasnya kian meningkat dan tergolong paling laris di bulan Ramadhan ini.

Apa Saja Produk Paling Laris di Bulan Ramadhan?

Berbeda dengan bulan-bulan lainnya, selama bulan Ramadhan ada banyak kebutuhan musiman yang biasanya dicari oleh masyarakat luas. Berbagai produk terkait Ramadhan ini biasanya laris manis di pasaran.

Penasaran kan, apa saja? Berikut daftarnya:

Pakaian Muslim

Produk pertama yang paling laris di bulan Ramadhan adalah pakaian muslim. Ketika hendak memasuki bulan puasa, banyak masyarakat yang sudah mempersiapkan baju untuk lebaran nanti maupun untuk beribadah di bulan Ramadhan.

Maka dari itu, pakaian muslim adalah salah satu produk yang memiliki peluang untuk dijadikan ide bisnis di bulan Ramadhan. Biasanya untuk para pria, pakaian yang banyak dicari adalah baju koko, sedangkan untuk wanita adalah gamis dan hijab.

Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah juga menjadi produk yang paling laris di bulan Ramadhan, seperti sajadah, sarung, hingga mukena.

Hal ini karena banyak umat muslim yang ingin memakai perlengkapan terbaiknya selama beribadah di bulan puasa. Maka dari itu, tak heran jika mereka rela merogoh kocek demi membeli perlengkapan ibadah baru.

Buah-Buahan

Pemenuhan kebutuhan gizi biasanya lebih diperhatikan ketika sahur dan berbuka puasa. Tak heran, jika selama bulan Ramadhan permintaan buah meningkat.

Selain dikonsumsi langsung, buah juga banyak dijadikan kondimen untuk berbagai menu takjil seperti es buah, es campur, es teler, hingga kolak.

Kurma

Tak afdhol rasanya berbicara mengenai bulan Ramadhan tanpa kurma. Bagaimana tidak, sebagai salah satu takjil favorit saat berbuka, permintaan kurma kian melonjak di pasaran selama bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran.

Selain sebagai sunnah Rasulullah, kurma juga mengandung karbohidrat kompleks, serat, mineral, dan kalori yang tinggi dan cukup untuk memulihkan tenaga sehabis puasa. Pilihannya pun bermacam-macam, yang jelas makin tinggi kualitas kurma, makin mahal pula harganya.

Makanan Kaleng

Makanan kaleng menjadi salah satu andalan ibu rumah tangga hingga anak kost di masa-masa bulan Ramadhan. Penyajiannya yang praktis dan cepat membuat orang tak perlu bangun pagi-pagi untuk menyiapkan santapan sahur.

Biasanya, produk makanan kaleng yang paling laris di bulan Ramadhan antara lain adalah ikan sarden, kornet, makanan laut beku, dan sebagainya.

Bumbu Siap Saji

Selain makanan kaleng untuk kaum-kaum praktis, bumbu siap saji juga ternyata masih menjadi produk paling laris di bulan Ramadhan. Yap, bagi tipikal orang yang tetap ingin menyediakan masakan terbaik bagi keluarga, bumbu siap saji memang jadi solusinya.

Adapun beberapa jenis bumbu siap saji yang paling laris adalah rendang, opor, atau bumbu balado.

Aneka Sirup

Jenis produk selanjutnya yang tak kalah laris di bulan Ramadhan adalah sirup. Permintaan akan produk satu ini memang selalu meningkat dan menjadi primadona saat bulan puasa.

Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia yang senang untuk berbuka puasa dengan minuman manis dan menyegarkan. Ada banyak jenis dan rasa sirup berbeda, namun beberapa produk ternama memang selalu banyak dicari.

Perabotan Dapur

Menyajikan beragam menu istimewa untuk sahur dan berbuka puasa merupakan aktivitas yang lazim dilakukan selama bulan Ramadhan. Tak heran, perabotan dapur juga termasuk salah satu produk paling laris di bulan penuh berkah ini.

Ragam perabotan dapur akan sangat banyak dicari selama bulan Ramadhan, sehingga cocok dijadikan sebagai ide bisnis. Beberapa produk yang banyak diminati antara lain frying pan, berbagai peralatan makan, dan sebagainya.

Furniture dan Dekorasi Rumah

Di bulan Ramadhan, tak sedikit orang yang mendekorasi ulang tata rumah atau bahkan mengganti furniture mereka dalam rangka menyambut hari raya tiba. Hal ini mengingat, pada saat lebaran nanti, akan banyak agenda kunjungan silaturahmi dari keluarga, teman, dan tetangga.

Terjadi hanya setahun sekali, membuat beberapa dari mereka semakin semangat untuk menyambut momen tersebut. Oleh karena itu, furniture rumah menjadi produk yang termasuk laris dan banyak dicari, seperti sofa, cat dinding, hingga meja.

Produk Elektronik

Tanpa disadari, di bulan Ramadhan, masyarakat juga mengincar barang-barang elektronik. Selain untuk menyambut hari lebaran, kebiasaan ini juga didukung oleh ketersediaan dana yang cukup memadai dari THR.

Barang-barang elektronik tersebut termasuk AC, HP, televisi, dispenser, dan lain-lain. Banyak juga masyarakat yang membeli kulkas baru, terutama untuk menyimpan produk makanan berupa sayuran dan buah-buahan agar tetap segar.

Memulai Bisnis Produk Terlaris di Bulan Ramadhan

Sobat KH kini telah mengetahui apa saja produk-produk paling laris di bulan Ramadhan. Lantas, produk apa yang akan Sobat KH beli? Atau justru dimanfaatkan peluangnya untuk meraih keuntungan dengan berjualan salah satu produk tersebut? Sah-sah saja!

Terlebih, daya beli masyarakat yang begitu tinggi di bulan Ramadhan juga menjadi hal yang cukup menjanjikan, apalagi jika Sobat KH bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Oleh karena itu, jangan lewatkan peluang untuk mengembangkan bisnis bulan puasa.

Pilih produk jualan sesuai yang Sobat KH minati atau di bidangnya, agar bisnis tersebut bisa berkembang dengan maksimal. Misalnya, Sobat KH suka atau menguasai bidang fashion, maka kamu bisa pilih untuk berjualan pakaian muslim atau perlengkapan ibadah.

Meningkatnya minat belanja online masyarakat juga membuka peluang bagi para pebisnis untuk memacu penjualan produknya, termasuk di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, Sobat KH perlu memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk-mu, baik dengan membuat website, e-commerce, hingga mengoptimalkan penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok.

Lalu, hal yang tak kalah pentingnya dalam memulai bisnis produk terlaris di bulan Ramadhan adalah mengurus dokumen legalitas. Yap, dokumen legalitas ini harus dimiliki bagi para pelaku usaha, tidak terkecuali bagi mereka yang melakukan bisnisnya secara online.

Lalu, kira-kira apa saja ya, dokumen legalitas yang dibutuhkan Sobat KH ketika ingin melakukan bisnis produk terlaris di bulan Ramadhan?

Nomor Induk Berusaha (NIB)

NIB merupakan identitas pelaku usaha untuk mendapatkan perizinan usaha.

Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

IUMK merupakan izin usaha bagi usaha mikro dan kecil. Dengan memiliki IUMK, sobat KH bisa mendapatkan akses ke pemberdayaan yang bisa membantu-mu mengembangkan usaha.

NPWP Badan Usaha

Dokumen legalitas lainnya yang perlu dimiliki adalah NPWP Badan Usaha. NPWP diperlukan untuk mengurus wajib pajak mulai dari menghitung, membayar, dan lapor pajak. Selain untuk perpajakan, NPWP juga diperlukan untuk mengurus dokumen perizinan usaha lainnya.

Pendaftaran Merek ke DJKI

Merek dapat menjadi identitas bagi produk yang Sobat KH miliki, sehingga konsumen dapat dengan mudah mencarinya di marketplace. Selain itu, keberadaan merek juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang kamu jual, dibandingkan dengan produk tanpa merek.

BACA JUGA: Intip 8 Ide Bisnis Kreatif di Bulan Ramadhan 2023, Tertarik Mencoba?

Dengan memiliki keempat dokumen di atas, Sobat KH dapat mendapatkan akses yang lebih luas ke berbagai kesempatan untuk mengembangkan bisnis dan memperluas jaringan, sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen.

Kontak KH

Nah, bagi Sobat KH yang juga tertarik untuk berjualan produk terlaris di bulan Ramadhan, namun masih bingung terkait langkah dan proses apa yang harus dilakukan, termasuk pengurusan dokumen legalitas, bisa segera hubungi Kontrak Hukum.

Bersama KH, kamu nggak perlu pusing untuk memulai usaha karena kamu dapat melakukan konsultasi bisnis, termasuk mengurus dokumen legalitas seperti NPWP, NIB, IUMK, juga pendaftaran merek ke DJKI.

Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Sobat KH juga bisa hubungi kami di Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.