Skip to main content

Momentum Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) memang tak pernah sepi dibicarakan. Tak hanya bagi umat Kristiani, event akhir tahun ini juga banyak dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman. Bahkan, beberapa orang juga menjadikan momentum ini sebagai lahan untuk menambah pundi-pundi pendapatan.

Ya, menariknya momentum nataru ini juga bisa dimanfaatkan Sobat KH untuk membuka bisnis musiman. Melalui bisnis ini, Sobat KH bisa memanfaatkan waktu libur dengan lebih produktif. Jadi, waktu luang tak terbuang sia-sia, sebaliknya justru semakin produktif dan mendatangkan keuntungan yang menggiurkan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tak semua bisnis bisa dijalankan saat menyambut Natal dan tahun baru. Pastikan harus yang berhubungan atau diperlukan untuk memeriahkan hari ya, ya! Jika tidak, peluang mendapatkan pelanggan pun tak bisa dimaksimalkan.

Nah, sebagai bahan pertimbangan bagi Sobat KH yang ingin membuka bisnis musiman di momen ini, kami akan merangkum 7 ide bisnis menguntungkan saat Natal dan tahun baru. Penasaran kan apa saja? Yuk simak artikelnya sampai akhir, ya!

Bisnis Kue Kering dan Camilan

Bisnis jual kue kering dan camilan tentu tak asing lagi di momen Natal dan tahun baru. Bahkan, bisnis ini bisa dibilang merupakan ide yang paling umum ketika momen nataru datang.

Kendati demikian, jangan takut bersaing. Sebab, sekalipun banyak pemainnya, namun bisnis yang satu ini ada saja pembelinya. Apalagi jika Sobat KH punya jaringan pertemanan dan kolega yang luas. Kamu bisa memasarkannya melalui media sosial maupun grup Whatsapp misalnya.

Namun, sebaiknya Sobat KH mempelajari dulu hal-hal seputar bisnis ini. Misalnya kue kering dan camilan yang akan dijual tahan berapa lama, seperti apa pengemasannya agar tidak rusak, biaya pengiriman, saluran pemasaran apa yang digunakan, dan lainnya. Tujuannya untuk meminimalisir risiko kerugian. Jangan sampai niat mencari untung justri jadi buntung!

Bisnis Hampers

Seperti halnya saat Hari Raya Lebaran, momen Natal juga digunakan sebagai sarana berbagi antar keluarga atau teman dekat. Biasanya, mereka akan bertukar hampers sebagai tanda perayaan dan sukacita Natal.

Jika tertarik membuka bisnis hampers, pastikan untuk memaksimalkan penawaran dan kreativitas pada produk yang ditawarkan. Usahakan melakukan inovasi agar hampers tidak monoton dan lebih berkesan. Seperti misalnya aksesoris natal, lilin aromaterapi, kue kering, hingga piring cantik. Dengan begitu, pembeli akan lebih tertarik untuk membeli produk di tempatmu.

Manfaatkan media sosial sebagai sarana promosi produk hampers milikmu. Berikan harga yang kompetitif dengan kualitas terbaik agar produk mampu bersaing di pasaran. Dengan cara itu, maka Sobat KH pun bisa meraup keuntungan yang melimpah.

Bisnis Pernak-Pernik Natal

Bagi mereka yang merayakan Natal, pernak-pernik ataupun kerajinan tangan bernuansa Natal akan sangat diperlukan untuk menghias rumah. Ini dilakukan agar euforia Natal semakin terasa meriah.

Hiasan ini juga menjadi simbol suka cita dalam merayakan hari raya yang ditunggu setiap tahunnya. Satu yang paling identik dengan ornamen natal adalah pohon natal. Biasanya, diperlukan lampu atau pita warna warni untuk menghias pohon agar semakin hidup dan berkelap-kelip.

Selain itu, ada banyak pernak-pernik Natal yang bisa Sobat KH tawarkan, seperti topi santa, bando, hiasan dinding, maupun mistletoe yang biasa dipasang di depan pintu. Semakin lengkap produk yang Sobat KH tawarkan, pembeli akan lebih tertarik untuk datang.

Bisnis Katering

Tidak banyak dari mereka yang memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan berbagai hidangan makanan untuk merayakan Natal dan tahun baru. Sebagian dari mereka lebih memilih memesan makanan yang sudah jadi daripada harus meluangkan waktu lebih untuk memasak sendiri.

Peluang inilah yang dapat Sobat KH manfaatkan untuk membuka bisnis katering. Sobat KH dapat memberikan pilihan menu yang sesuai dengan khas daerah ataupun berdasarkan permintaan pelanggan.

Sebagai promosi awal, Sobat KH bisa melakukannya dari mulut ke mulut, tawarkan kepada teman kantor, tetangga, ataupun teman dekat yang kamu miliki. Cara yang kedua, Sobat KH bisa memanfaatkan media sosial seperti Whatsapp, Instagram, ataupun Tiktok untuk mempromosikan bisnis katering-mu.

Bisnis Jasa Dekorasi dan Event Organizer (EO)

Ide bisnis selanjutnya yang menguntungkan saat Natal dan tahun baru adalah jasa dekorasi dan EO. Hal ini mengingat, perayaan Natal dan tahun baru kerap dijadikan momen untuk berkumpul antar saudara, teman, maupun kolega.

Acara perkumpulan ini terkadang ingin dibuat dengan dekorasi dan EO agar lebih meriah, menarik, dan berjalan lancar. Nah, kesempatan ini bisa Sobat KH manfaatkan dengan menjajal bisnis jasa dekorasi dan EO.

Sobat KH bisa menyesuaikan dekorasi dengan kebutuhan dan budget klien. Jangan lupa juga untuk mencari sumber penjual aksesoris dan bahan-bahan dekor terpercaya agar dekorasi yang dibuat menarik dan tidak gagal. Saat ini, pernak-pernik juga banyak dijual di e-commerce sehingga mudah didapatkan.

Bisnis Kembang Api dan Terompet

Satu lagi barang yang identik dengan perayaan Natal dan tahun baru adalah kembang api dan terompet. Kemeriahan momentum ini akan lebih terasa dengan dua barang tersebut, terlebih lagi bagi anak-anak.

Untuk itu, Sobat KH bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka bisnis terompet dan kembang api. Jalin kerjasama dengan supplier agar mendapatkan produk untuk dipasarkan. Maksimalkan untuk melengkapi koleksi kembang api dan terompet agar lebih menarik pelanggan.

Jika tak punya lahan untuk berjualan secara offline, Sobat KH bisa memasarkannya secara online. Promosi bisa dilakukan melalui media sosial maupun dengan bantuan rekan kerja dan teman sehingga produk lebih mudah dijangkau calon pembeli.

Bisnis Jastip Sembari Liburan

Sobat KH mungkin berpikir jika berlibur saat momen nataru maka tidak bisa menjalankan bisnis. Padahal, bisnis tetap bisa dijalankan, salah satunya membuka jasa titip alias jastip. Misalnya Sobat KH berencana liburan ke Jepang atau Korea Selatan pada momen nataru, nah, kamu bisa membuka jastip barang-barang yang hanya dijual di negara tersebut. Mulai dari makanan, skincare, makeup, hingga sepatu.

Jika tidak berlibur ke luar negeri pun, Sobat KH tetap bisa membuka jastip berupa oleh-oleh di suatu daerah. Misalnya kamu akan berlibur ke Medan, Sobat KH bisa membuka jastip Bolu Meranti, Bika Ambon, Ucok Durian, dan sebagainya.

Itulah tadi 7 ide bisnis yang menguntungkan saat Natal dan tahun baru. Semoga bisa menginspirasi Sobat KH yang ingin meraup cuan di akhir tahun 2022 ini, ya!

Kontak KH

Kalau Sobat KH sudah mantap untuk menjalankan salah satu ide bisnis tersebut, jangan lupa untuk segera daftarkan merek dagang-mu supaya tidak dicuri atau ditiru kompetitor.

Terlebih saat bisnis milikmu mulai berkembang, maka tak ada salahnya untuk mempertimbangkan untuk melakukan pendirian badan usaha PT lho. Dengan begitu, maka bisnismu akan lebih terlindungi sekaligus mendapatkan keuntungan jika sejak awal kamu sudah memenuhi legalitas bisnis.

Jika tidak memenuhi legalitas seperti pendaftaran merek dan pendirian badan usaha, bisa saja bisnis yang Sobat KH jalankan mengalami berbagai macam kerugian, di antaranya adanya anggapan bahwa bisnis yang dijalankan bersifat ilegal. Ini dikarenakan tidak adanya izin yang jelas terhadap bisnis yang dijalankan.

Untuk melakukannya, Sobat KH tak perlu repot-repot berkat adanya Kontrak Hukum. Khusus bagi kamu yang ingin berlangganan di akhir tahun ini, kami menyediakan promo akhir tahun pendirian PT dan pendaftaran merek dagang, lho! Penasaran apa saja promo akhir tahunnya? Yuk kunjungi laman https://kontrakhukum.com/memulai-usaha/

Jika ada pertanyaan seputar bisnis atau legalitas lainnya, Sobat KH juga bisa hubungi kami melalui link berikut Tanya KH, atau melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

 

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.