Skip to main content

Bisnis kuliner akan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Pebisnis di bidang ini berlomba-lomba untuk memberikan sesuatu yang berbeda dengan melihat minat pasar dan prospek bisnis yang akan digeluti. Salah satu sajian kuliner yang kini diminati oleh pasar adalah rice bowl.

Rice bowl adalah sebutan untuk menu olahan nasi dan lauk yang disajikan dalam mangkuk. Di tengah kesibukan masyarakat dengan segala aktivitasnya, rice bowl hadir sebagai makanan praktis yang mengenyangkan dan sangat mudah untuk disantap kapan saja dan dimana saja.

Tak perlu repot dengan piring atau box makanan besar, rice bowl cukup dikemas dengan paper cup atau box kecil yang super simple. Selain praktis, menu yang satu ini juga menarik, lho! Kamu dapat menemukan nasi dengan berbagai lauk, mulai dari menu tradisional hingga menu western.

Tak heran, meskipun tren rice bowl sebenarnya sudah dimulai sejak 2021 lalu, namun hingga kini sajian makanan yang satu ini masih memiliki peminat yang cukup tinggi. Sehingga bisnis rice bowl pun kini tampaknya sedang jadi tren hingga menjamur ke bisnis rumahan pula.

Ya, kamu masih punya peluang untuk membuat bisnis rice bowl rumahan. Selain menjadi menu pilihan konsumen, rice bowl dapat juga menjadi salah satu lahan basah untuk para pebisnis karena keuntungannya yang bisa tembus angka belasan juta rupiah per bulan. Menarik banget, kan?

Peluang menjanjikan dari bisnis rice bowl rumahan ini sudah dibuktikan sendiri oleh Fazhri Rahmansyah. Melihat banyaknya masyarakat yang menggantungkan kebutuhannya melalui jasa online pada saat pandemi Covid-19 lalu, Fazhri memanfaatkan situasi ini dengan membuka bisnis online rice bowl rumahan dengan nama Beef Troopers.

Bisnis rice bowl rumahannya menyuguhkan sajian nasi hangat dengan lauk daging wagyu premium yang menggugah selera. Selain menggunakan bahan premium, hal menarik yang bisnisnya tawarkan adalah pilihan saus autentik yang beragam.

Awalnya, ia membuka sistem pre order dan terus berlanjut hingga mendaftarkan bisnisnya di platform jasa pesan-antar makanan online. Berkat usaha dan kerja kerasnya, di awal 2021, ia berhasil membuka outlet offline pertamanya.

Hingga kini, bisnis rice bowl rumahan milik Fazhri telah memiliki rangkaian menu menarik yang menggiurkan, seperti gyudon yakiniku, wagyu mentai, dan wagyu sambal matah. Tak hanya itu, ia juga telah berhasil membuka gerai offline kedua-nya.

Untuk bisa bersaing di tengah menjamurnya bisnis rice bowl, Fazhri terus melakukan promosi di ranah digital dengan menargetkan media sosial sebagai promosi utama produknya. Ia menjajaki interactive marketing agar bisa lebih dekat dengan dengan konsumennya.

Ia menambahkan, pemilihan lokasi gerai yang tepat dan gencarnya promosi di media sosial. Strategi tersebut tentunya semakin meningkatkan daya tarik bisnisnya di mata konsumen. Oleh karenanya, bisnis rice bowl rumahannya berusaha mengkombinasikan kedua kekuatan tersebut agar bisa bersaing di tengah gempuran jenis bisnis serupa.

Nah melihat kesuksesan Fazhri, jika kamu pun berminat untuk menjalankan bisnis rice bowl rumahan ini, tentu kamu harus mempertimbangkan beberapa hal, mulai dari menu makanan apa yang akan kamu tawarkan hingga memikirkan bagaimana caranya agar bisnismu ini laku.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membagikan ide menu serta tips untuk memulai bisnis rice bowl rumahan. Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Ide Menu Bisnis Rice Bowl Rumahan

Bagi kamu yang sudah menetapkan hati untuk membuat bisnis rice bowl rumahan, maka hal yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah menentukan menu bisnis. Nasi bisa dipadupadankan dengan lauk apa saja, pilihannya tidak terbatas. Namun, kamu perlu membatasi menu apa yang akan kamu tawarkan.

Coba tentukan menu spesifik apa yang akan kamu tonjolkan. Hal ini perlu dilakukan agar menu tersebut memiliki faktor pembeda dari bisnis rice bowl lainnya. Ingat, ada banyak kompetitor bisnis rice bowl, apalagi mengingat sajian ini sedang tren.

Namun, kalau kamu masih bingung memilih menu apa saja yang akan dihidangkan oleh bisnis rice bowl rumahan milikmu, berikut sejumlah idenya. Siapa tahu ada yang bisa menjadi inspirasimu.

  1. Rice Bowl Ayam

Kamu bisa fokus pada satu jenis bahan utama, yaitu daging ayam. Bahan ini mudah didapatkan dan cenderung menjadi menu andalan banyak orang.

Kamu bisa mengkreasikan menu ayam dengan berbagai bumbu dan rempah khas. Kamu juga bisa menambahkan saus khas, seperti saus asam manis, barbeque, lada hitam, dan sebagainya.

  1. Rice Bowl Daging

Daging sapi juga menjadi favorit banyak orang, meski memang harganya lebih mahal dari ayam. Namun hal ini tidak bisa menghalangimu untuk membuat kreasi menu berbahan dasar daging sapi.

Sama seperti ayam, kamu bisa membuat variasi bumbu dan saus yang disiram diatas daging dan rice bowl. Tak hanya daging, ada bagian lain dari sapi yang bisa kamu olah juga, semisal tulang iga.

  1. Rice Bowl Khas Makanan Daerah

Banyak yang bilang, rice bowl itu terinspirasi dari budaya makanan Jepang yaitu donburi. Namun, ketika kita mengadopsinya di Indonesia, tentu kita bisa menambahkan cita rasa makanan daerah pada rice bowl.

Kamu bisa fokus pada salah satu makanan daerah dan menjadikannya menu untuk bisnis rice bowl rumahan milikmu. Bisa juga untuk membuat menu dari resep-resep makanan daerah yang paling terkenal.

  1. Rice Bowl Cita Rasa Negara Lain

Ingin melangkah lebih jauh dari resep makanan daerah? Kamu bisa membuat menu ala negara lain.

Misalnya rice bowl ala Jepang, kamu bisa membuat donburi gyudon, katsudon, oyakodon, dan sebagainya. Bisa juga membuat menu rice bowl ala Korea atau Chinese food misalnya.

Tips Memulai Bisnis Rice Bowl Rumahan

Setelah menentukan menu apa yang akan kamu tawarkan, kini kamu tinggal memikirkan bagaimana caranya untuk memulai bisnis rice bowl rumahan ini agar laku.

Berkaca dari penjelasan sebelumnya mengenai kesuksesan Fazhri dalam menjalankan bisnis rice bowl rumahannya, kamu pun harus memikirkan sederet strategi yang rinci, baik dari segi produk maupun strategi pemasaran dan branding bisnismu.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak 5 tips untuk memulai bisnis rice bowl rumahan dibawah ini!

  1. Ciptakan Ragam Variasi Menu yang Menarik

Pada poin sebelumnya, kamu sudah menentukan konsep atau menu rice bowl yang akan kamu buat. Namun perlu diingat bahwa setiap orang tentunya akan berbeda, termasuk dalam memilih menu makanan. Jadi kebayang dong, kalau menu yang kamu buat hanya satu? Orang akan jenuh dengan menu yang kamu tawarkan.

Karena alasan tersebutlah, alangkah baiknya jika kamu bisa menciptakan menu yang variatif agar konsumen dapat memilih sesuai selera mereka dan tidak menjadi bosan. Disini, kamu perlu kreativitas untuk menciptakan menu yang unik dengan rasa yang pas di lidah konsumen.

Tapi ingat, variasi menu yang kamu buat harus sesuai dengan keterampilan-mu dalam memasak hidangan tersebut dan sesuai pula dengan kapasitas modal yang kamu punya. Jangan sampai ide yang bagus justru mati karena eksekusi menu yang tidak memadai sehingga rasa makanan menjadi tidak enak.

  1. Menentukan Merek Dagang dan Logo

Selain menentukan variasi menu yang akan dijual, hal paling wajib yang harus kamu pikirkan adalah menentukan merek dagang dan logo bisnis rice bowl rumahan milikmu.

Merek dagang dan logo menjadi sangat penting untuk keberhasilan usaha, maka pastikan bahwa merek dan logo yang kamu buat sederhana, unik, dan mudah diingat. Sebisa mungkin merek dan logo tersebut juga mencerminkan bisnismu, sehingga orang bisa mengasosiasikannya dengan rice bowl.

Jangan lupa juga, untuk mendaftarkannya secara resmi ke DJKI Kemenkumham. Dengan begitu, kamu akan memiliki hak untuk mencegah dan melarang siapapun untuk memakai merek dan logo yang sama dengan yang telah didaftarkan tersebut, sehingga bisa mencegah pencurian atau plagiasi dari kompetitor.

  1. Pikirkan Konsep Kemasan yang Cocok

Sebelum mencicipi makanan yang dijual, hal pertama yang dinilai oleh konsumen adalah kemasan. Dengan demikian, kamu harus memikirkan konsep dari kemasan yang akan kamu gunakan baik dari segi bentuk dan ukuran.

Perlu kamu ingat bahwa harga kemasan rice bowl akan bervariasi setiap boxnya, kamu dapat sesuaikan dengan budget-mu. Jika memungkinkan, pilihlah kemasan yang anti air agar tidak merusak citra dan microwave safe agar mudah dihangatkan.

  1. Tentukan Lokasi Penjualan

Mengenai lokasi, sudah tentu kamu akan memproduksi rice bowl di rumah. Namun, lokasi yang dimaksud disini adalah platform pengantaran makanan apa yang akan kamu gunakan untuk menjajakan dagangan rice bowl-mu.

Kamu bisa menjalin kerja sama dengan pihak transportasi online yang menyediakan layanan pesan-antar makanan seperti Gofood, Grabfood, dan Shopee Food. Cara ini cukup efektif demi meningkatkan penjualan-mu.

Karena bisnis makanan bersifat lokal, kamu juga harus survei apakah rice bowl diminati di kota tempat tinggalmu. Dengan demikian, kamu dapat menghitung potensi dan risiko dari mendirikan bisnis rice bowl rumahan.

  1. Lakukan Promosi

Tips lain yang tak kalah pentingnya dari memulai bisnis rice bowl rumahan adalah melakukan promosi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnismu.

Namun untuk tahap awal, mungkin kamu bisa melakukan promosi secara offline yaitu melalui tetangga, kerabat dekat, hingga teman-teman yang kamu miliki. Kamu pun bisa membuka sistem pre order bila ingin lebih aman, karena sistem ini bisa membuatmu membuat produk sesuai pesanan saja.

Selain itu, kamu juga bisa menarik konsumen dengan promo menarik. Siapa sih yang tak suka membeli produk dengan harga yang lebih murah? Selain menarik pelanggan, kamu juga dapat menggunakan promo sebagai materi perkenalan brand untuk menjangkau konsumen-konsumen baru.

Demikian penjelasan mengenai ide dan tips memulai bisnis rice bowl rumahan. Melihat tren kuliner yang terjadi di masyarakat dan prospek keuntungan yang menggiurkan rasanya tak ada salahnya jika kamu mempertimbangkan bisnis yang satu ide.

Kini, kamu pun sudah mengetahui apa saja ide dan tips untuk memulai bisnis rice bowl rumahan tersebut. Bagaimana, sudah tertarik untuk merintis bisnis ini?

Nah, bagi Sobat KH yang berencana ingin membuka bisnis rice bowl rumahan, jangan lupa untuk menjalankan sederet tips seperti yang sudah dijelaskan di atas, ya! Termasuk dengan menentukan dan mendaftarkan merek dagang dan logo bisnis rice bowl milikmu secara resmi ke DJKI Kemenkumham.

Mengingat di era yang serba digital ini, merek dan logo telah menjadi ciri khas bisnis untuk bisa lebih menarik konsumen. Jika tidak didaftarkan secara resmi, bisa saja merek dagang dan logo bisnismu dipergunakan tidak semestinya dan berisiko pada penyalahgunaan, sehingga akan membahayakan bisnis yang kamu miliki.

Untuk mengurus pendaftaran merek dagang logo, kamu bisa serahkan pada Kontrak Hukum. Kami menyediakan layanan pengecekan dan pendaftaran merek dagang yang bisa kamu lihat pada laman https://kontrakhukum.com/kekayaan-intelektual/

Nah, kalau bisnis rice bowl rumahan milikmu sudah semakin berkembang, maka tak ada salahnya untuk mempertimbangkan pendirian badan usaha PT. Dengan begitu, maka bisnismu akan lebih terlindungi sekaligus mendapatkan keuntungan dan kesempatan untuk semakin mengembangkan bisnismu.

Jika tidak, bisa saja bisnis rice bowl milikmu akan dianggap ilegal karena tidak ada izin yang jelas terhadap bisnis yang dijalankan. Tentu kamu tak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Sama halnya dengan pendaftaran merek dagang, kamu juga bisa serahkan urusan pendirian PT kepada Kontrak Hukum. Kami menyediakan layanan pendirian PT tercepat dengan harga terjangkau, mencakup dokumen legalitas yang dibutuhkan untuk bisnis seperti NPWP dan NIB.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pendirian PT, kamu bisa kunjungi laman https://kontrakhukum.com/pendirian-badan/ Jika ada pertanyaan seputar bisnis dan legalitas lainnya, silakan hubungi kami via whatsapp atau telp di 0821-1212-5767 ataupun melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.