Stellar Power Accelerator Dukung Perempuan untuk Kemajuan Ekonomi Indonesia

Peran dan potensi perempuan dalam mendukung perekonomian di Indonesia semakin besar. Hal ini dapat terlihat dari berbagai sektor. Data dari Kementerian Keuangan menunjukan bahwa 53,76% UMKM yang ada di Indonesia kini dimiliki oleh perempuan dan 97% karyawannya adalah perempuan. Dengan jumlah tersebut, perempuan telah berkontribusi sebesar 61% untuk perekonomian. Bukan hanya itu, di bidang investasi kontribusi perempuan bahkan mencapai 60%. Angka tersebut menunjukkan bukti yang nyata bahwa perempuan memiliki potensi dan kapasitas yang cukup untuk bertindak serta produktif untuk kemajuan ekonomi.

Besarnya kontribusi perempuan dalam kemajuan ekonomi Indonesia juga mendorong berbagai pihak untuk mendukung perkembangan ini, salah satunya adalah yang dilakukan Stellar Women melalui program Stellar Power Accelerator. Dengan program ini, perempuan diharapkan mendapatkan kesempatan yang sama untuk memperoleh dukungan serta informasi yang cukup agar dapat berkontribusi lebih besar untuk perekonomian Indonesia.

Bukan hanya itu, Stellar Power Accelerator sebagai program akselerator terbesar di Indonesia yang diselenggarakan untuk pebisnis perempuan, secara khusus akan memberikan bantuan kepada perempuan yang selama ini memiliki keterbatasan akses terhadap pendanaan ataupun dukungan finansial lainnya. Stellar Power Accelerator juga akan memberikan dukungan, mentor, dan akses yang dibutuhkan perempuan untuk mengembangkan bisnisnya.

Saat dilaksanakan tahun lalu, Stellar Women berhasil menerima lebih dari 30% dari 1.500 pendaftar dari seluruh Indonesia. Berangkat dari kesuksesan tersebut, Stellar Women, platform digital untuk pemberdayaan perempuan Indonesia akhirnya kembali hadir untuk menyelenggarakan Stellar Power Accelerator di tahun 2022. Kali ini Stellar Women menggandeng partner resmi dari brand kecantikan ternama,  L’Oreal Indonesia, yang juga memiliki visi yang sama dalam memberdayakan kemampuan yang dimiliki perempuan.

Stellar Power Accelerator menawarkan kesempatan bagi perempuan Indonesia untuk mengakuisisi berbagai keahlian bisnis seperti penjualan, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, dan berbagai keahlian lainnya. Akan berlangsung selama delapan minggu, peserta akan mendapatkan pengalaman belajar yang mendalam melalui sesi perkuliahan, kelompok mentorship, maupun diskusi dengan sesama pebisnis perempuan.

Setidaknya terdapat tiga program utama yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu 18 Januari 2022 s.d. 8 Maret 2022, yaitu Kelas Stellar Power Accelerator, Mentorship, dan Demo Day.

Kelas Stellar Power Accelerator
Kelas Stellar Power Accelerator merupakan rangkaian kelas virtual dimana peserta mempelajari keahlian berbisnis secara komprehensif langsung dari ahlinya. Puluhan sesi akan diselenggarakan untuk memberikan gambaran mengenai lanskap bisnis saat ini maupun keahlian bisnis yang diperlukan untuk berkembang, salah satunya sesi mengenai serba serbi legalitas yang dibutuhkan untuk berusaha.
Dalam sesi tersebut contohnya, berbagai topik dari mulai pentingnya badan hukum, kelebihan dan kekurangan badan hukum, cara membuat kontrak, syarat sah serta klausa yang perlu ada dalam kontrak, hingga hak kekayaan intelektual akan dibawakan dan dibahas langsung oleh CEO Kontrak Hukum, Rieke Caroline. Sehingga penting bagi para peserta untuk tidak melewatkan berbagai sesi yang ditawarkan dalam kelas virtual Stellar Power Accelerator.
Sebagai informasi, program ini juga dapat diikuti oleh perempuan dari seluruh kota di Indonesia. Tidak perlu khawatir mengenai jadwalnya karena rangkaian kelas akan dilaksanakan setiap hari Selasa malam pukul 18.00 - 20.30 WIB. Sehingga, memudahkan mereka yang memiliki aktivitas di siang harinya.

Mentorship
Sebanyak 300 peserta terpilih akan mendapatkan kesempatan khusus untuk bergabung dalam kelompok mentoring. Dalam kelompok mentoring ini peserta dapat berbagi pengalaman dan memotivasi satu sama lain dengan pebisnis perempuan lainnya. Setidaknya terdapat 25 mentor womenpreneur, yang siap membina peserta untuk mengembangkan bisnisnya dengan tepat. Program mentorship akan dilaksanakan sebanyak 3 sesi selama program Stellar Power Accelerator 2022 berlangsung.

Demo Day  
Stellar Power Accelerator juga memberikan dukungan pendanaan bagi pebisnis perempuan melalui program Demo Day. Peserta yang lolos tahap kurasi proposal bisnis, memiliki kesempatan untuk menunjukkan inovasi bisnisnya di hadapan para juri, yang merupakan investor dan pebisnis berpengalaman. Para pemenang Demo Day akan mendapatkan hadiah tunai total Rp50.000.000. Melalui subprogram ini, diharapkan perempuan Indonesia dapat lebih percaya diri dalam mengembangkan visi bisnisnya yang berdampak bagi masyarakat keseluruhan.

“Di tahun kedua ini, kami sangat antusias untuk menyambut perempuan-perempuan dengan visi di Stellar Power Accelerator. Kami sudah menyaksikan besarnya dampak program ini untuk para alumni di tahun 2021 dan kami tidak sabar untuk menyaksikan momentum yang lebih dahsyat dari partisipan tahun 2022. Visi Stellar Women tidak hanya untuk memberdayakan, namun juga mendukung pemimpin perempuan agar mereka dapat mewujudkan potensi terbesar mereka, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan profesional. Melalui Stellar Power Accelerator, kami ingin menjadi bagian dari masa depan mereka yang cemerlang.” Ujar Samira Shihab, selaku Founder dari Stellar Women.  

Pendaftaran peserta Stellar Power Accelerator 2022 telah dibuka! Dapatkan tiketnya di website resmi Stellar Women (www.stellarw.com).

Nantikan info terkini Stellar Power Accelerator 2022 di Instagram Stellar Women @stellarwomen.id.


Tentang Stellar Women
Stellar Women merupakan sebuah komunitas platform yang mendukung dan menghubungkan perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Berdiri pada tahun 2019, Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan Indonesia melalui berbagai program kelas virtual, mentorship, online course, dan juga forum. Kini, Stellar Women telah menjadi tempat berbagi dan menginspirasi lebih dari 10.000 perempuan di seluruh Indonesia dan akan terus mengakomodasi perempuan dalam meraih kesuksesan serta menjadi versi terbaik dirinya!