Skip to main content

Selain menjadi ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan potensi bagi bisnis untuk mendapatkan keuntungan berlipat. Ini semua bergantung pada strategi pemasaran bisnis di bulan Ramadhan yang Sobat KH terapkan.

Nah, agar bisnis Sobat KH banjir orderan dan mendatangkan keuntungan menjanjikan, bahkan meningkat drastis, pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa strategi jitu pemasaran untuk bisnis di bulan Ramadhan. Simak sampai akhir, ya!

Tantangan Bisnis di Bulan Ramadhan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai strategi pemasaran, penting untuk terlebih dahulu memahami apa saja tantangan yang biasanya muncul terhadap bisnis Ramadhan.

Ya, tentu terdapat perbedaan antara bulan Ramadhan 2023 ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari peralihan dari masa pandemi, perbedaan gaya hidup, preferensi, dan kebutuhan yang sudah berbeda.

Secara umum, tantangan dari bisnis di bulan Ramadhan, antara lain sebagai berikut:

Jenis Bisnis Cenderung Homogen

Tantangan pertama membangun bisnis di bulan Ramadhan adalah jenis usaha yang homogen. Biasanya, di bulan Ramadhan banyak bisnis dadakan yang bermunculan mulai dari kuliner berbuka puasa, baju muslim, dan kue kering. Banyaknya jenis bisnis yang homogen ini menjadi tantangan untuk diferensiasi produk.

Persaingan yang Tinggi

Bisnis di bulan Ramadhan yang cenderung homogen menjadikan persaingan juga semakin tinggi. Bahkan bisa jadi sesama penjual dengan dagangan yang sama berjualan sebelahan. Dampaknya, hal ini menjadi tantangan yang perlu diatasi dengan baik.

Waktu Berjualan yang Singkat

Tantangan selanjutnya dari bisnis di bulan Ramadhan adalah waktu berjualan yang relatif singkat. Apalagi, jika produk-produk spesial Ramadhan yang hanya berlaku selama satu bulan saja.

Selain itu, jika berjualan makanan pun Sobat KH hanya bisa menjualnya pada sore hari menjelang berbuka puasa. Waktu berjualan yang singkat ini pastinya menjadi tantangan dalam memulai bisnis di bulan Ramadhan.

Bagaimana Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Ramadhan?

Kini, sobat KH sudah mengetahui apa saja tantangan yang biasanya terjadi pada bisnis di bulan Ramadhan. Selanjutnya, kamu bisa mempersiapkan strategi pemasaran untuk menghadapi tantangan tersebut dan membuat bisnismu menjanjikan dari segi prospek dan keuntungan.

Meskipun bisnis Sobat KH di bulan Ramadhan kecil-kecil dan tidak memerlukan modal besar, namun kamu tetap perlu mempersiapkan strategi pemasaran.

Sobat KH tak harus berbisnis produk-produk baru, jika strategi mu tepat, menjual kolak dan gorengan saja bisa mendatangkan keuntungan.

Sebab, bisa dikatakan bisnis di bulan Ramadhan ini memiliki berbagai tantangan yang menarik, salah satunya adalah kebanyakan bisnis memiliki dagangan yang sama. Bahkan, keberadaan satu bisnis dengan kompetitornya seringkali bersebelahan.

Lantas, bagaimana strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis di bulan Ramadhan ini? Berikut beberapa hal yang wajib Sobat KH lakukan:

Sediakan Produk dan Bundling Khusus di Bulan Ramadhan

Strategi pertama yang bisa Sobat KH lakukan adalah dengan membuat produk khusus, seperti misalnya limited edition atau special edition khusus di bulan Ramadhan ini. Dengan begitu, suatu produk akan mendapatkan nilai daya tarik lebih.

Selain itu, Sobat KH juga bisa menyediakan paket bundling. Menurut Investopedia, paket bundling memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli beberapa barang secara bersamaan dengan harga yang lebih murah.

Desain Ulang Kemasan dengan Nuansa Ramadhan

Selain dengan membuat produk baru, Sobat KH juga bisa mendesain ulang kemasan produk yang sudah ada dengan desain yang sangat menggambarkan nuansa Ramadhan.

Kemasan ini dapat didesain dengan warna atau ilustrasi Ramadhan, atau bisa juga ditambah dengan tulisan ucapan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa”. Kemasan baru ini juga dapat Sobat KH promosikan ketika momen lebaran tiba.

Tawarkan Promo Menarik Spesial Ramadhan

Siapa sih, yang tak tergiur dengan promo? Bahkan, berdasarkan hasil survei Katadata, penawaran diskon atau promo di e-commerce menjadi salah satu daya tarik utama konsumen dalam berbelanja.

Hal ini ditunjukan pada besarnya persentase konsumen yang menjadikan promo atau diskon sebagai pertimbangan utama mereka dalam berbelanja online, yakni sebesar 90,9 persen konsumen. Karenanya, coba tambahkan berbagai promo menarik untuk produk bisnismu.

Menawarkan produk dengan promo spesial Ramadhan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya menawarkan dengan promo beli 3 gratis 1, atau menawarkan hadiah spesial setiap pembelian produk. Wah, kalau begini, konsumen pasti akan tergiur!

Gencarkan Promosi Lewat Media Sosial dan E-Commerce

Zaman sekarang, orang-orang pasti mencari dan mendapatkan informasi lewat media sosial. Media sosial mempunyai peranan besar dalam mendukung kegiatan pemasaran bisnis, termasuk selama bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, Sobat KH bisa gencarkan pemasaran di bulan Ramadhan secara masif lewat media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook, dan Whatsapp.

Selain itu, Sobat KH juga bisa menguatkan eksistensi bisnismu di berbagai platform e-commerce. Dengan begitu, Sobat KH dapat menjangkau konsumen secara luas, dan memberikan informasi serta edukasi mengenai produk-mu, promo dan diskon yang sedang dijalankan, dan lain-lain.

Perpanjang Jam Layanan

Strategi pemasaran di bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah dengan memperpanjang jam layanan bisnis. Sebagaimana diketahui, aktivitas selama bulan Ramadhan tentu berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

Dimana pada bulan Ramadhan, salah satu waktu favorit bagi konsumen untuk berbelanja khususnya secara online adalah ketika malam hari. Hal ini dikarenakan, pada waktu siang hari kebanyakan orang akan menggunakan waktu untuk bekerja, ibadah, dan istirahat.

Dengan keaktifan konsumen yang berbeda, strategi bisnismu juga harus menyesuaikan. Salah satunya adalah dengan memperpanjang jam layanan hingga mendekati tengah malam. Sehingga, Sobat KH pun tak akan melewatkan konsumen satupun!

Gandeng Influencer Untuk Tingkatkan Awareness

Dikutip dari situs Foodizz, sebanyak 35 persen konsumen menyebutkan bahwa influencer dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

Hal ini mengingat, audiens di media sosial memiliki tendensi untuk memiliki sebuah figur yang mereka ikuti dengan intens, termasuk gaya hidup dan pilihan konsumsi figur tersebut yang akhirnya mereka ikuti juga.

Nah, hal ini bisa Sobat KH manfaatkan untuk menggandeng influencer yang dapat disesuaikan dengan target pasarmu. Ajak influencer untuk menggencarkan produkmu lewat sosial media mereka atau bisa juga dengan menyematkan foto mereka di kemasan produkmu.

Lakukan Kerja Sama dengan Bisnis Lain

Untuk menggencarkan strategi pemasaran bisnis di bulan Ramadhan, Sobat KH juga bisa lho, melakukan kerja sama dengan brand bisnis lain. Dalam hal ini, bukan berarti Sobat KH mendukung bisnis kompetitor dan mengabaikan bisnismu sendiri.

Sebaliknya, cara ini malah akan membantu meningkatkan penjualan di bulan Ramadhan selama bentuk kerja sama itu dilakukan secara tepat. Selain itu, nilai produkmu pun akan turut meningkat.

Contoh sederhananya, bila Sobat KH adalah pemilik bisnis parcel kue kering, kamu bisa berkolaborasi dengan pemilik bisnis minuman kekinian untuk semakin memperlengkap parcel buatanmu. Cara tersebut efektif untuk menarik konsumen baru, yaitu mereka yang menjadi pengikut tau konsumen dari brand partner-mu.

Bagaimana dengan strategi pemasaran yang sudah Sobat KH lakukan selama bulan Ramadhan ini? Apakah memang sudah berhasil meningkatkan penjualan? Bila memang belum, tidak ada salahnya untuk mencoba ketujuh tips diatas.

Jangan lupa untuk selalu memenuhi dokumen legalitas dengan baik agar bisnis tetap berjalan. Adapun dokumen legalitas bisnis yang dimaksud seperti pendaftaran merek dagang ke DJKI.

Dengan memiliki merek dagang, bisnis Ramadhan milik Sobat KH pun akan memiliki identitasnya tersendiri dan semakin dikenal oleh jangkauan konsumen yang lebih luas melalui media sosial ataupun e-commerce.

BACA JUGA: Peluang Cuan! Ini 10 Produk yang Paling Laris di Bulan Ramadhan

Selain itu, lengkapi dokumen legalitas bisnis lainnya seperti NIB dan izin usaha. Terlebih, jika Sobat KH bekerja sama dengan influencer atau bisnis lain, jangan sampai terlewat juga untuk membuat kontrak perjanjian kerja sama. Selamat mencoba!

Kontak KH

Sobat KH punya bisnis di bulan Ramadhan tapi masih bingung karena penjualan tak kunjung meningkat? Belum lagi harus memikirkan strategi pemasaran dan pengurusan legalitas?

Tak perlu khawatir, serahkan saja pada Kontrak Hukum! Sobat KH dapat melakukan konsultasi gratis mengenai bisnis dan pengurusan dokumen legalitas seperti pendaftaran merek, izin usaha, dan kontrak perjanjian kerja sama

Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha. Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar kebutuhan bisnis lainnya, Sobat KH juga bisa hubungi kami di Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis