Skip to main content

Sobat KH belum tahu persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk permohonan Electronic Filing Identification Number (EFIN) pajak badan online? Nah! Kamu sudah berada di artikel yang tepat, karena kali ini kita akan bedah syarat untuk daftar EFIN. Pasalnya EFIN NPWP merupakan faktor penting dalam mengurus pajak.

EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Nomor identitas ini untuk wajib pajak yang melakukan transaksi elektronik dengan lembaga tersebut, salah satunya, untuk lapor Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak melalui e-Filing. Bak amplop dan perangko, EFIN juga erat kaitannya dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Hal ini dikarenakan NPWP adalah nomor identitas wajib pajak, terlebih pada saat melakukan proses cara mendapatkan EFIN online, EFIN dan NPWP akan selalu bersinggungan.

Nah, berikut cara untuk melakukan permohonan nomor EFIN dan juga persyaratannya baik untuk EFIN Badan, Pribadi, ataupun bendahara. Sebenarnya perbedaan tersebut berada pada yang mengurus permohonan EFIN itu sendiri, seperti:

Permohonan EFIN Badan

Berdasarkan Pasal 4 ayat (4) PER-6/PJ/2019 yang berbunyi, permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh salah satu pengurus yang namanya tercantum dalam akta pendirian atau dokumen pendirian wajib pajak badan. Sehingga dalam mengajukan permohonan EFIN pajak badan ada beberapa syarat yang harus kamu patuhi, antara lain:

  • Harus dilakukan oleh pengurus yang telah ditunjuk untuk menjadi wakil sebuah perusahaan ataupun badan
  • Kartu NPWP atau SKT wajib pajak badan
  • Kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus bersangkutan
  • Kartu Identitas diri pengurus (KTP untuk WNI atau KITAS untuk WNA)
  • Surat Kuasa atau penunjukan jika pengurus berhalangan

Permohonan EFIN Pribadi

Permohonan EFIN Pajak Pribadi juga memiliki persyaratan yang wajib yang harus diikuti, seperti:

  • Harus dilakukan oleh yang bersangkutan/wajib pajak sendiri dan tidak dapat diwakilkan atau dikuasakan kepada pihak lainnya
  • Formulir EFIN sudah dilengkapi
  • Menyertakan alamat email yang aktif
  • Membawa dokumen asli dan fotokopi KTP, atau KITAS untuk WNA
  • Membawa dokumen asli dan fotokopi NPWP

Permohonan EFIN Bendahara

Ketika melakukan permohonan EFIN bendahara harus menunjukkan surat keputusan pengangkatan sebagai bendahara, dan dilakukan oleh yang bersangkutan. Selain itu ada dua syarat tambahan, antara lain:

  • Membawa dokumen asli dan fotokopi KTP
  • Tidak lupa juga untuk menyertakan NPWP serta SKT

Kalau Sobat KH sudah paham dalam membedakan cara permohonan EFIN pajak badan beserta persyaratannya, selanjutnya kita akan membahas bagaimana tata cara atau tahapan dalam mengajukan EFIN badan, yang dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara offline (mendatangi KPP) atau secara online yang melalui aplikasi daftar EFIN online dan kita akan bedah lebih lanjut.

Cara Membuat EFIN Online untuk Badan / Bendahara

Secara tahapan, tidak akan jauh berbeda dengan pengajuan EFIN badan secara offline, yang menjadi pembedanya adalah keseluruhan prosesnya benar-benar dilakukan dengan online, dengan cara sebagai berikut:

Unduh formulir permohonan EFIN Badan Online

Buka situs www.pajak.go.id untuk mengajukan permohonan EFIN badan dengan mengunduh formulir pengajuan EFIN badan online di situs resmi DJP tersebut.Setelah masuk ke laman formulir permohonan EFIN, pilih PDF Formulir Permohonan EFIN dibagian bawah, dan silahkan unduh. Formulir ini nantinya bisa digunakan untuk wajib pajak pribadi, badan, bendahara, dan kuasa wajib pajak.

Mengisi formulir EFIN badan dari daftar EFIN online

  1. Isi formulir permohonan EFIN dengan tepat
  2. Centang kolom orang pribadi dan kolom aktivasi
  3. Isi NPWP dan data diri
  4. Kosongkan kolom EFIN terlebih dahulu
  5. Isi nomor telepon dan alamat email aktif, karena DJP akan mengirimkan kode EFIN melalui email tersebut
  6. Tandatangani formulir dan jangan lupa tulis tempat dan tanggal serta nama Sobat KH

Lakukan swafoto untuk daftar EFIN online wajib pajak badan

  1. Foto formulir yang sudah terisi dengan lengkap
  2. Lakukan swafoto atau selfie sambil memegang KTP dan NPWP asli
  3. NIK dan nomor NPWP jangan sama terhalang

Kirim permohonan EFIN badan dari daftar EFIN online ke email KPP

Sobat KH harus tahu di KPP mana wajib pajak terdaftar dengan lakukan pengecekkan pada kartu NPWP wajib pajak badan. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah, mencari lewat google search dengan keyword “unit kerja KPP”. Baru setelahnya kirimkan email pemohon EFIN online, dengan subjek email “Permohonan EFIN” yang dilengkapi dengan lampiran scan formulir permohonan EFIN, swafoto wajib pajak memegang KTP dan NPWP badan.

Biasanya dalam 24 jam Sobat KH akan mendapatkan balasan. Tips untuk mendapatkan nomor EFIN ini dengan mudah serta lancar, kirimkan email permohonan Sobat KH di hari kerja. Selain email, formulir ini juga bisa dikirimkan lewat fax.

Tunggu proses permohonan EFIN badan online setelah pendaftaran EFIN online

Dalam rentang waktu menunggu ini, Sobat KH juga diperbolehkan menanyakan kabar permohonan nomor EFIN, dengan menghubungi pihak terkait KPP tempat kamu terdaftar dan mengirimkan email permohonan EFIN online yang kamu telah lakukan.

Aktivasi EFIN badan dari daftar EFIN online

Sudah memasuki tahapan terakhir, Sobat KH akan menerima email balasan dari DJP dalam waktu kurang dari 24 jam yang berisikan kode EFIN.  Seperti yang sudah dikatakan di atas untuk lakukan permohonan pada hari kerja untuk hasil yang lebih cepat. Jika kamu telah mendapatkan EFIN, bisa segera mengaktivasikannya pada situs DJP online. Ikuti langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Masuk ke situs DJP online di https://djponline.pajak.go.id/account/login lalu klik “daftar di sini”
  2. Masukan nomor NPWP, EFIN dan kode keamanan wajib pajak, lalu klik “verifikasi”
  3. Buatlah kata sandi untuk masuk ke aplikasi DJP Online
  4. Periksa email dan temukan link aktivasi yang diberikan oleh DJP
  5. Klik link tersebut yang akan membawa Sobat KH masuk ke halaman login aplikasi DJP Online
  6. Login menggunakan NPWP dan buat juga kata sandi baru
  7. Selamat! EFIN kamu telah teraktivasi dan transaksi pajak online siap dilakukan

Kontak KH

Gimana Sobat KH tentang pembahasan kali ini? Sangat insightful bukan? Terlebih bagi kamu yang memang pelaku bisnis. Sebagai pebisnis kamu wajib paham mengenai hal-hal seputar perpajakan, selain sebagai kewajiban, hal ini juga mempengaruhi keberlangsungan bisnis yang kamu bangun.

Tidak perlu khawatir, jika Sobat KH masih bingung dan punya pertanyaan lain seputar syarat daftar permohonan EFIN pajak badan secara online, dan lainnya, ataupun pertanyaan seputar bisnis mulai dari jasa legal, bisnis, pendirian PT, hingga cara mendaftar merek Sobat KH bisa mengandalkan kami, Kontrak Hukum.

Silahkan hubungi Kontrak Hukum di link berikut Tanya KH dan untuk informasi lebih lanjut Sobat KH juga bisa kunjungi situs resmi Kontrak Hukum di https://kontrakhukum.com/perizinan-dan-perpajakan/ . Atau Sobat KH bisa follow social media kami untuk update info terkini mengenai Kontrak Hukum, seputar legal dan bisnis yang tentu akan bermanfaat untuk Anda.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.