Skip to main content

Perkembangan teknologi khususnya di dunia digital hingga saat ini semakin memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya dalam hal berbisnis. Banyak orang yang dulunya berbisnis melalui media sosial kini mulai beralih berjualan di marketplace. Terlebih, berjualan di marketplace kini dianggap lebih aman dan praktis.

Nah, apakah sobat KH juga salah satu pebisnis yang mulai ekspansi berjualan di marketplace? Jika iya, tentu sobat KH perlu memahami bahwa berjualan di marketplace membutuhkan pengelolaan yang baik. Apalagi jika sobat KH menggunakan beberapa marketplace sekaligus dan mengoperasikan toko online nya sendiri.

Hal ini mengingat tingginya persaingan dengan ribuan merchant toko online, sehingga mendorong penjual agar selalu inovatif. Bahkan, Sobat KH mungkin perlu menggunakan model bisnis online yang berbeda agar penjualan produk di marketplace bisa laris manis.

Nah, kira-kira hal apa ya, yang bisa dilakukan agar penjualan di marketplace bisa maksimal? Yuk simak tips jitu berikut agar produk jualan sobat KH laris manis di marketplace!

Pilih Marketplace Ternama dan Terpercaya

Tips pertama yang dapat sobat KH lakukan ketika ingin berjualan di marketplace tentunya memilih marketplace yang terpercaya. Upayakan memilih marketplace yang sudah dikenal banyak orang, sering terlihat iklannya di media elektronik maupun media online.

Jika sudah dikenal banyak orang, konsumen akan lebih mudah untuk memutuskan membeli di marketplace tersebut. Hal ini karena marketplace tersebut sudah memiliki banyak pelanggan sebelumnya. Dengan begitu toko online yang sobat KH buat di marketplace tersebut juga akan semakin mudah ditemukan oleh konsumen. Dari sisi pembeli, tentunya juga merasa lebih aman membeli di marketplace tersebut.

Buat Toko Online di Beberapa Marketplace

Marketplace ternama dan terpercaya mungkin jumlahnya lebih dari satu. Hal ini bisa sobat KH manfaatkan untuk membuat toko online-mu pada setiap marketplace tersebut. Jadi, sobat KH tidak hanya berfokus di satu marketplace saja dan dapat menjaring lebih banyak konsumen dan keuntungan.

Misalnya, satu marketplace diestimasikan mampu memberi keuntungan 10%. Maka seumpama sobat KH membuat toko online di empat marketplace, artinya kamu bisa mendapatkan untung hingga 40%. Namun jangan lupa, untuk pantau semua toko online di setiap marketplace tersebut.

Optimalkan Konten Jualan di Marketplace

Konten merupakan bagian penting agar jualan produk-mu laris manis di marketplace. Tentunya, dengan konten yang menarik dapat membuat konsumen lebih tergiur untuk membeli produk jualan. Oleh karena itu, dalam membuat konten jualan di marketplace, sobat KH dapat memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Memasang foto produk yang real dan menarik
  • Sertakan gambar alternatif untuk setiap variasi barang dari berbagai sudut pandang
  • Optimalkan judul
  • Buat deskripsi yang singkat namun jelas dan sertakan spesifikasi produk yang akurat

Pastikan juga informasi yang disertakan pada produk jualan-mu merupakan yang terupdate, termasuk pengaturan harga dan durasi pengiriman produk.

Tentukan Harga yang Tepat dan Promo Secara Rutin

Seperti yang kita ketahui, marketplace akan menampilkan banyak produk serupa atau dalam kategori yang sama saat konsumen mencari sebuah produk. Nah umumnya, harga bisa menjadi pertimbangan utama dalam memutuskan pembelian.

Hal yang bisa sobat KH lakukan sebagai penjual adalah memastikan harga produk yang tepat. Usahakan untuk menjual dengan harga promo, bukan harga miring. Karena meskipun harga miring jauh lebih murah dari pesaing, namun belum menjamin konsumen akan membelinya karena bisa saja mereka ragu tentang kualitas produk yang dijual.

Tips lainnya untuk menarik konsumen adalah dengan memberikan promo secara rutin, seperti berupa cashback, gratis ongkir, potongan harga, dan lain-lain. Kamu juga bisa membuat program promo bulanan seperti, 7.7, 8.8, dan seterusnya.

Beri Pilihan Jasa Pengiriman yang Beragam

Pilihan jasa pengiriman juga bisa menentukan penjualan di marketplace, lho! Dengan menawarkan banyak pilihan, konsumen bisa lebih bebas menentukan kapan mereka bisa menerima produk sesuai kebutuhan mereka.

Harga pengiriman juga bisa berbeda-beda. Misalnya untuk pengiriman ke wilayah A mungkin akan lebih murah menggunakan pengiriman yang satu, sementara untuk pengiriman ke wilayah B lebih murah dengan jasa pengiriman lainnya. Dengan memberikan jasa pengiriman yang beragam, konsumen akan lebih fleksibel saat berbelanja.

Gunakan Fitur-Fitur di Marketplace

Biasanya, masing-masing marketplace memiliki fitur-fitur tertentu yang bisa membantumu mempromosikan toko dan meningkatkan penjualan, salah satunya adalah fitur Ads. Dengan adanya fitur Ads, sobat KH bisa dengan mudah mempromosikan produk secara langsung.

Sobat KH bisa mengecek terlebih dahulu karakteristik iklan dari setiap marketplace seperti berdasarkan kata kunci, letak iklan, dan lainnya. Karena biasanya setiap marketplace mempunyai ketentuan sendiri.

Selain itu, marketplace juga memiliki fitur premium seller. Seperti di Tokopedia sebutannya adalah Power Merchant, di Shopee disebut Star Seller, sementara di Bukalapak disebut Super Seller. Namun biasanya, terdapat sejumlah syarat, ketentuan, dan biaya layanan yang harus dipenuhi bagi premium seller.

Layani Konsumen dengan Baik

Tips terakhir yang tak kalah pentingnya agar produk jualan-mu laris manis di marketplace adalah dengan memberikan layanan terbaik untuk konsumen. Usahakan untuk membalas pesan dan menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat, ramah, dan sopan.

Apalagi, sebagian marketplace juga memiliki persentase dan waktu chat dibalas. Semakin tinggi persentase, maka semakin bagus citra toko online-mu. Jika kamu lama membalas atau malah tidak membalas sama sekali, yang ada calon konsumen bisa beralih ke toko pesaing. Layanan yang baik juga akan berpengaruh pada rating dan review dari konsumen. Semakin tinggi dan positif review toko online-mu, maka akan semakin besar peluang untuk lapakmu dilirik banyak konsumen.

Legalitas Yang Dibutuhkan Untuk Bisnis online

Nah, itulah 7 tips jitu yang bisa sobat KH lakukan agar penjualan produk di marketplace bisa laris manis! Tak dapat dipungkiri bahwa mengurus toko online di marketplace itu susah-susah gampang. Untuk mengoptimalkan satu toko saja, ada banyak hal yang harus dilakukan.

Apalagi jika berjualan dan membuka toko online di beberapa marketplace, sobat KH perlu melakukan update stok secara berkala dan memantau pengiriman.

Lalu, hal yang tidak kalah pentingnya dalam berjualan di marketplace adalah mengurus dokumen legalitas. Yap, dokumen legalitas ini harus dimiliki bagi para pelaku usaha, tidak terkecuali bagi mereka yang melakukan bisnisnya secara online.

Dimana sejak tahun 2019, pemerintah telah mengeluarkan PP No 80 Tahun 2019 yang mewajibkan pebisnis online memiliki izin usaha. Kira-kira apa saja ya, dokumen legalitas yang dibutuhkan sobat KH ketika ingin melakukan bisnis online termasuk di marketplace?

  • Nomor Induk Berusaha (NIB)

NIB merupakan identitas pelaku usaha yang dapat memudahkan sobat KH untuk mendapatkan perizinan usaha. Untuk mendapatkannya, sobat KH bisa melakukan pendaftaran secara online di Online Single Submission (OSS) dengan mengisi NIK dan data-data lainnya yang diperlukan.

  • Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

IUMK merupakan izin usaha bagi usaha mikro dan kecil. Dengan memiliki IUMK, sobat KH bisa mendapatkan akses ke pemberdayaan yang bisa membantumu mengembangkan usaha. Yang termasuk usaha mikro adalah usaha dengan omset tahunan maksimal Rp300 juta, dan usaha kecil omset tahunannya maksimal Rp2,5 miliar.

Sobat KH juga bisa mendapatkan IUMK melalui OSS dengan melengkapi beberapa dokumen persyaratan seperti surat pengantar dari RT atau RW, KTP, KK, pas foto, dan formulir IUMK.

  • NPWP Badan Usaha

Dokumen legalitas lainnya yang perlu dimiliki ketika ingin berjualan di marketplace adalah NPWP Badan Usaha. NPWP diperlukan untuk mengurus wajib pajak mulai dari menghitung, membayar, dan lapor pajak. Selain untuk perpajakan, NPWP juga diperlukan untuk mengurus dokumen perizinan usaha lainnya.

NPWP Badan Usaha sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu untuk Badan Usaha Berorientasi Laba, orientasi non-profit, dan Badan USaha Operasi Kerja sama. Sobat KH bisa mengurus NPWP Badan Usaha secara online melalui situs Dirjen Pajak atau langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

  • Pendaftaran Merek ke DJKI

Merek dapat menjadi identitas bagi produk ataupun badan usaha yang sobat KH miliki, sehingga konsumen dapat dengan mudah mencarinya di marketplace. Selain itu, keberadaan merek juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang kamu jual, dibandingkan dengan produk tanpa merek.

Untuk mendaftarkan merek produk, sobat KH dapat melakukannya secara online ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham dengan menyiapkan beberapa persyaratan seperti etiket/label merek, tanda tangan pemohon, dan data diri atau badan usaha lainnya.

Dengan memiliki keempat dokumen di atas, sobat KH dapat mendapatkan akses yang lebih luas ke berbagai kesempatan untuk mengembangkan bisnis dan memperluas jaringan, sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen.

Bagaimana, ternyata cukup mudah bukan, tips yang bisa sobat KH bisa lakukan untuk berjualan di marketplace? Apalagi kini sobat KH juga sudah memahami mengenai dokumen legalitas apa saja yang diperlukan agar bisnis di marketplace semakin lancar.

Kontak KH

Nah, bagi sobat KH yang saat ini tertarik untuk ekspansi bisnis dengan berjualan di marketplace dan membutuhkan keempat dokumen legalitas di atas, bisa serahkan segala pengurusannya kepada Kontrak Hukum. Kontrak Hukum adalah platform digital pertama yang menyediakan layanan legal terpercaya, mudah, dan terjangkau.

Bersama KH, kamu nggak perlu pusing untuk mengurus legalitas karena kami menyediakan layanan pendaftaran merek yang dapat kamu nikmati hanya dengan biaya mulai dari Rp3 jutaan saja. Untuk informasi lengkapnya, segera kunjungi laman https://kontrakhukum.com/kekayaan-intelektual

Tidak hanya itu, Kontrak Hukum juga menyediakan layanan OSS yang dapat membantu sobat KH untuk mendapatkan NIB melalui akses laman https://kontrakhukum.com/perizinan-dan-perpajakan/

Atau sobat KH membutuhkan NPWP? Jangan khawatir, karena kami juga menyediakan jasa pembuatan NPWP yang dapat memudahkan sobat KH untuk mengurus perpajakan. Caranya, sobat KH tinggal kunjungi laman https://kontrakhukum.com/perizinan-dan-perpajakan/. Sangat lengkap bukan? Tunggu apalagi, segera urus legalitas bisnismu bersama Kontrak Hukum!

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.