Skip to main content

Memulai wirausaha tidak harus ketika sudah pensiun dari pekerjaan di sebuah perusahaan. Di era sekarang ini, menjadi entrepreneur atau berwirausaha bahkan menjadi pilihan utama untuk mendapatkan penghasilan.

Berwirausaha juga cocok bagi generasi muda yang kini ada di usia produktif dan semangat-semangatnya mengeksplor banyak hal. Tetapi harus dipahami juga bahwa berbisnis bukan hanya tergoda melihat hasil manis teman sebaya yang sukses. 

Apakah keinginan tersebut hanya bagian dari FOMO (Fear of Missing Out), atau memang sudah yakin bahwa menjadi entrepreneur muda adalah pilihanmu?

Ya, untuk benar-benar menonjol dalam dunia kewirausahaan yang kompetitif, seseorang harus mengembangkan pola pikir yang mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan pesat. Belum lagi diperlukan persiapan yang matang, termasuk menyiapkan mental hingga modal.

Untuk itu, berikut ini adalah sederet tips menjadi entrepreneur sukses di usia muda yang bisa kamu lakukan. Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Peluang dan Tantangan Entrepreneur Muda di Indonesia

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Woro Srihastuti Sulistyaningrum menyampaikan, pemuda Indonesia memiliki potensi kontribusi yang besar dalam memajukan perekonomian.

Hal ini didukung dengan proyeksi bonus demografi pada 2030, dimana berdasarkan data BPS Februari 2022 menunjukkan bahwa jumlah pemuda yang tergolong Generasi Z dan Millennials sebanyak 67,13 juta penduduk, atau sekitar 24,3 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang telah mencapai 275,77 juta penduduk.

Dimana menurut Deputi yang akrab disapa Lisa, potensi pemuda untuk memajukan Indonesia sangat besar, apalagi bila mereka mau mandiri dan menjadi wirausaha dan berani berbisnis.

Berdasarkan Survei World Economic Forum (2019), sebanyak 35,5 persen pemuda usia 15-35 tahun di Indonesia berkeinginan menjadi entrepreneur. Indeks tersebut termasuk yang tertinggi dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya.

“Pemuda memiliki potensi yaitu energi, kreativitas, dan inovasi penguasaan teknologi, yang dapat menjadi peluang dalam penumbuhkembangan wirausaha,” ungkapnya.

Namun Lisa menjelaskan, entrepreneur muda masih dihadapkan berbagai tantangan, salah satunya adalah rasa takut untuk memulai usaha. Dimana menurut Laporan Global Entrepreneurship Monitor (GEM) menunjukkan, posisi Indonesia di peringkat ke 40 dari 43 negara dalam hal fear of failure (opportunity). 

“Tantangan lainnya bagi kewirausahaan pemuda seperti produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan kebutuhan pasar, belum cukupnya pemahaman mengenai dinamika kewirausahaan, kurangnya dukungan keluarga untuk menjadi pengusaha yang lebih mendorong menjadi PNS/karyawan perusahaan, akses permodalan, pemasaran hingga masih minimnya jejaring bisnis,” tuturnya.

Untuk menjawab tantangan entrepreneur muda, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional (PKN) 2021-2024 sebagai pedoman tunggal bagi seluruh stakeholders terkait kewirausahaan. 

Peran pemerintah adalah membangun ekosistem kewirausahaannya, bisa dengan membangun kompetensinya, membuka pasar, akses permodalannya, pemahaman kelembagaan, dan regulasinya. 

Lalu, Bagaimana Tips Jadi Entrepreneur Muda Sukses?

Untuk menjadi entrepreneur muda sukses, dibutuhkan jerih payah dan waktu, serta kemampuan mengeksekusi visi dan target dalam meraih hasil. Ada banyak kisah inspiratif dari para pengusaha sukses di dunia maupun Indonesia yang menggambarkan perjuangan mereka.

Dari kisah-kisah yang tersedia itu, bisa disimpulkan bahwa menjadi seorang pengusaha sukses tidak bisa terjadi dalam waktu singkat atau instan. Kesuksesan dalam dunia usaha itu berpotensi diraih bagi mereka yang siap bekerja keras dan terus mengasah keterampilan wirausaha.

Skenario berwirausaha setiap orang memang dibangun dengan cara dan jalan yang berbeda-beda, namun semua pengusaha sukses harus siap menghadapi kegagalan, kritik, dan harus terus belajar serta memperbaiki diri.

Bagi kamu yang saat ini punya niat atau sedang menjalankan sebuah bisnis, berikut beberapa tips untuk menjadi seorang entrepreneur muda sukses.

  • Bangun Potensi Diri

Tips yang pertama adalah membangun potensi diri yang sudah dimiliki. Namun, sebelum membangun potensi tersebut, kamu perlu cari tahu terlebih dahulu potensi yang ada dalam dirimu. 

Kamu bisa menerapkan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats) untuk mencari tahu potensi diri Anda. 

Jika sudah, kamu bisa mengeksekusinya. Seperti contoh, kekuatanmu adalah bisa berpikir kreatif, maka bisa mulai berbisnis dengan menghasilkan produk yang unik dan beda dari yang lain. 

  • Mulai dari yang Kecil

Tidak sedikit entrepreneur muda sukses saat ini memulai bisnis mereka dari skala yang kecil. Memulai dari bisnis kecil memungkinkanmu untuk bisa belajar terlebih dahulu. Meski memulai dari yang kecil, tips awal menjadi pengusaha sukses ini tetap memerlukan strategi.

Anda bisa menyusun strategi untuk produk atau jasa yang ditawarkan, kemudian bisa membangun relasi dan pelanggan setia. Bisnis yang dijalankan bisa tumbuh dan berkembang dari sana. Sederhananya, untuk menjadi entrepreneur sukses, kamu harus bisa membuat langkah strategis kecil yang berdampak besar.

  • Memilih Bisnis Sesuai Passion

Selain memulai dari bisnis kecil-kecilan, kamu juga bisa lho, memulai bisnis dari hobi. Hal ini karena bisnis tersebut dilakukan berdasarkan kesenangan sehingga terasa lebih ringan dan dapat menjadi langkah tepat untuk mengawali bisnis.

Kamu dapat memilihnya sesuai dengan passion mulai dari teknologi, kuliner, atau passion sehingga dapat mendalami bisnis yang dimulai. Ketika bekerja dengan passion, kamu tidak akan lelah meskipun bekerja selama berjam-jam dan tetap semangat untuk menghadirkan ide-ide inovatif yang belum pernah dibayangkan sebelumnya.

  • Buat Strategi dan Rencana yang Matang

Untuk menjadi entrepreneur muda sukses, menyusun rencana bisnis menjadi aspek penting. Rencana bisnis bisa membantumu mewujudkan ide-ide yang dimiliki dan membantumu membayangkan bagaimana bisnis akan dioperasikan.

Rencana bisnis setidaknya harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apa produk atau layanan-mu? Apa prioritasmu?
  • Di mana kamu akan menjalankan bisnismu? Di mana kamu ingin berada dalam lima tahun?
  • Kapan bisnismu akan beroperasi?
  • Mengapa orang harus membeli produk/jasamu?
  • Siapa segmen sasaranmu? Siapa pesaingmu?
  • Bagaimana operasi sehari-hari dijalankan? Bagaimana kamu akan menghadapi keadaan darurat yang tidak terduga?

Pertanyaan di atas hanya contoh kecil dari pertanyaan untuk memulai brainstorming bisnismu. Semakin banyak pertanyaan yang bisa dijawab, semakin jelas arah dari bisnis yang dijalankan.

  • Terlibat dalam Setiap Aspek

Penting untuk kamu berperan aktif dalam bisnis yang sedang dijalankan dalam upaya menjadi pengusaha sukses, namun bukan berarti kamu  harus melakukan semuanya sendiri. kamu bisa mendelegasikan orang untuk menangani hal-hal yang tidak dikuasai.

Akan tetapi, kamu tetap harus memahami area kerja dari orang yang didelegasikan sehingga kamu bisa memberikan arahan yang sesuai untuk kemajuan bisnis. 

Dengan melakukan ini pula, kamu bisa lebih memahami di area mana kamu bisa lebih lepas tangan dan di area mana kamu perlu turun tangan lebih banyak.

  • Perluas Jejaring Sosial

Memperluas jejaring sosial begitu penting untuk kamu yang ingin menjadi entrepreneur muda sukses. Untuk melakukan hal ini maka kamu perlu juga mempelajari dan meningkatkan kemampuan komunikasi. 

Kamu bisa hadir di acara-acara seperti seminar pengusaha, konferensi, event UMKM, atau bergabung ke komunitas pengusaha agar koneksi semakin banyak. 

Dengan begitu, maka kamu bisa mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat serta bisa mempromosikan produk yang dijual. 

  • Jangan Menyerah dan Jangan Takut Ambil Risiko

Sifat satu ini wajib dimiliki oleh kamu yang ingin jadi entrepreneur sukses. Ya, sebagai entrepreneur, kamu perlu membiasakan diri berani mengambil risiko dan mengambil keputusan dengan berbagai risiko mulai dari risiko terkecil.

Apabila kamu mengalami kegagalan ketika pertama kali membuka bisnis maka yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi hal yang menyebabkan kegagalan tersebut. Bukan malah menyerah begitu saja. 

Untuk memotivasi, kamu juga bisa belajar dari pengusaha-pengusaha sukses yang dulunya juga pernah mengalami kegagalan berkali-kali. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba. Memang untuk menjadi entrepreneur sukses akan penuh dengan berbagai tantangan. Namun dengan semangat dan tekad yang kuat, kamu pasti dapat menjadi entrepreneur sukses. 

Jadi Entrepreneur Muda Sukses Bersama Kontrak Hukum X YES Conference

Bagaimana denganmu, sudah siapkah menjadi entrepreneur muda? Atau ternyata masih khawatir dan ragu terkait bagaimana langkah dan proses yang harus dilalui untuk membuka bisnis? Kontrak Hukum siap membantu!

Kami adalah one-stop-shop untuk keperluan memulai usaha, termasuk terkait izin usaha, perpajakan, pendaftaran merek dagang, hingga keuangan hanya satu satu tempat di Kontrak Hukum.

Untuk informasi selengkapnya mengenai layanan sesuai kebutuhan, kamu bisa kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha.

Selain itu, dalam rangka mengembangkan bisnis menjadi lebih maju dan mengetahui strategi dan inspirasi dari para ahli, jangan lewatkan kesempatan emas dengan bergabung dalam seminar “Youth Entrepreneur Summit (YES) 2024”. 

Berkolaborasi dengan CEO Snappin, Devin Cahaya, kamu berkesempatan mendapatkan insights secara langsung dari para pembicara yang merupakan praktisi berpengalaman dalam bidangnya.

Yuk, segera daftarkan dirimu untuk menghadiri YES Conference yang akan diselenggarakan pada 25 Mei 2024 melalui laman:
https://app.kuyyaja.com/activities/e22da4cf-6601-4198-b905-418322797e04 

Masih tersedia general ticket dengan harga Rp100 ribu, di mana kamu bisa mendapatkan beragam benefit menarik seperti:

  • Paket full sesi rangkaian acara bersama enam pembicara
  • Sesi networking bersama peserta, VIP, dan lainnya
  • Conference kit (Worth Rp350 ribu)
  • Voucher belanja hingga Rp1 juta
  • Konsultasi keuangan dan investasi gratis dengan CFP
  • Konsultasi hukum seperti hak kekayaan intelektual, business law, dan sebagainya gratis dengan lawyer
  • FREE akun REMARKETING senilai Rp150 ribu
  • FREE akun accurate senilai Rp250 ribu
  • Dan berbagai benefit lainnya!

Buruan daftar sekarang! Kami tunggu kehadiranmu di YES Conference 2024!!

Konsul Gratis