Skip to main content

Hi Sobat KH,

Kamu sedang mencari ide usaha yang langka, anti mainstream, namun dapat menghasilkan keuntungan besar? Mungkin rekomendasi usaha ini cocok untuk kamu coba sebagai ide bisnismu.

Apa saja ya ide usaha yang langka tapi menguntungkan untuk dilakukan? Yuk simak uraian selengkapnya dibawah ini!

Usaha Sewa Pakaian

Menyediakan pakaian sewaan menjadi ide usaha langka tapi menguntungkan yang tidak ada salahnya dicoba. Ide usaha yang satu ini berpeluang untukmenghasilkan untung yang cukup besar pasalnya masyarakat menilai sewa pakaian lebih murah ketimbang harus membeli. Usaha ini sering dilakukan di tempat-tempat wisata yang biasanya membutuhkan kostum untukfoto. Tidak hanya itu, usaha sewa pakaian juga merambah ke pakaian untuk momen-momen tertentu, seperti pakaian adat, pakaian untuk acara-acara formal seperti gaun pernikahan, pre wedding, hingga kondangan. Untuk menjaga kualitas pakaian, kamu dapat mengantisipasi pakaian agar tidak sobek atau rusak dengan menerapkan kebijakan seperti denda.

Usaha Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Jasa penitipan hewan peliharaan dapat dijadikan ide usaha yang menarik untuk para kalangan yang ingin bepergian namun bingung menitipkan hewan peliharaannya kemana. Usaha ini akan sangat menguntungkan saat musim mudik atau musim liburan tiba. Jasa penitipan hewan dapat menjadi alternatif sehingga konsumen tidak perlu khawatir karena hewan dipastikan nyaman dan dilengkapi dengan peralatan yang memadai, serta tenaga perawat yang sudah memiliki keahlian dalam merawat hewan-hewan peliharaan. Usaha jasa penitipan hewan peliharaan masing sangat sedikit kompetitor dan memiliki pasar pangsa yang sangat luas, khususnyadi daerah kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, hingga Medan.

Usaha Toko Roti Hewan Peliharaan

Toko roti untuk manusia sudah ada dimana-mana dengan merek yang berbeda-beda, namun bagaimana dengan toko roti untuk hewan peliharaan? Selain membuka usaha jasa penitipan, mungkin ide usaha toko roti hewan peliharaan yang satu ini juga bisa kamu coba. Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing juga membutuhkan makanan bernutrisi agar lebihsehat. Jika kamu memiliki bekal pengetahuan tentang nutrisi hewan peliharaan, usaha toko roti ini bisa menjadi rekomendasi ide yang
menarik untuk dilakukan.Untuk melakukannya, kamu bisa memulai dari dapur rumah dan memasarkannya secara online. Potensi keuntungan danprospek bisnis ini cukup besar dan mampu menghasilkan omset hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Usaha Jasa Foto Produk

Seiring dengan berkembangnya berbagai situs belanja online, membuat parapenjual perlu melakukan pemotretan untuk barang yang dijualnya sebagai katalog. Hal ini pun dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha karena masih banyaknya penjual yang tidak bisa melakukan foto estetik secara profesional dengan properti yang memadai.Tak perlu risau,foto produk bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan membuat studio foto sendiri menggunakan properti yang dibutuhkan. Usaha ini pun bisa
dilakukan paruh waktu, jadi jika kamu sedang bekerja di tempat lain, kamu dapat melakukan jasa foto produk ini di sela waktu libur atau sepulang bekerja.Selain mendatangkan keuntungan yang cukup besar, usaha jasa foto ini juga akan menuntut kreativitas yang lebih dinamis. Tidak hanya menggunakan properti, selanjutnya kamu juga bisa hire model untuk pemotretan kamu.

Usaha Jasa Titip Area Lokal

Jika jasa titip online antar kota atau negara sudah banyak dilakukan danmembutuhkan biaya yang besar, kamu boleh mencoba usaha jasa titip lokal. Modal usahanya sama dengan jasa titip pada umumnya. Kamu akan membeli barang sesuai pesanan dan mendapatkan komisi. Hanya sajabedanya, jasa titip loka ini jangkauannya hanya untuk di dalam kota. Barang juga harus sampai dalam waktu sehari. Kamu buka jasa titip untuk makanan-makanan yang sedang viral.

Usaha Tanaman Bonsai

Usaha tanaman hias sudah banyak dilakukan saat ini, tetapi penjual tanaman bonsai masih sangat jarang dan langka. Otomatis, harga bonsai relatif lebih mahal dibandingkan jenis tanaman lainnya. Sehingga ide usaha bisnis bonsai bisa menjadi pilihan menarik dan menguntungkan untukdilakukan.Popularitas tanaman bonsai di Indonesia juga sepertinya tak pernah pudar. Untuk memulai usaha ini, dibutuhkan kesabaran dan pengetahuan mengenai cara membuat bonsai yang baik untuk bisa memelihara bonsai agar tumbuh subur. Di antara berbagai macam tanaman bonsai, yang banyak dicari konsumen adalah yakni pohon
Serut, Santigi, Cemara, Asem, Sancang, Komeng, dan Hokiantea. Usaha bonsai menyasar pembeli dari kalangan menengah ke atas sehingga memilikiomset mencapai ratusan juta rupiah.

Menjadi Content Creator

Salah satu ide usaha yang mudah dilakukan untuk menghasilkan keuntungan cukup besar adalah dengan menjadi content creator, baik itu di platformblog, media sosial tik tok, instagram, situs web, atau video di kanal YouTube. Agar memiliki target audiens, kamu bisa membuat konten yang unik dan berbeda dari biasanya.  Selain itu, dengan konten yang unikdan berbeda, hal itu bisa menjadi ciri khas kamu agar dikenal oleh subscriber atau follower kamu. Dalam menjalankan usaha ini, kamubisa membaca trafik pembaca atau penonton serta bisa memasang iklan dan mendapatkan uang dari setiap klik iklan tersebut, atau bisa juga dari sistem endorsement produk.

Kontak KH

Nah itulah ide usaha yang meskipun langka namun berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar. Dengan berinovasi menciptakan usaha barang dan jasa baru, kamu juga dapat meminimalisir munculnya kompetitor pada bidang usaha yang serupa sehingga target konsumen yang bisa diraih pun akan semakin besar.

Meskipun begitu, ide usaha yang langka ini tentunya memiliki resiko ketika dijalankan. Namun resiko ini bisa diminimalisir selama kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Hal-hal yang bisa kamu lakukan sebelum memulai ide usaha yang masih terbilang langka yakni dengan melakukan riset pasar, melakukan perencanaan yang matang, dan menyiapkan sumber modal yang tepat. Selain itu, ada baiknya juga kamu berkonsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui keperluan usaha yang ingin kamu jalani.

Konsultasi bisnis ini dapat kamu lakukan melalui Kontrak Hukum.Kontrak Hukum menyediakan berbagai layanan yang dapat membantu kamu untuk menghadapi masalah mengenai proses atau langkah yang harus dilakukan dalam berbisnis. Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman https://kontrakhukum.com/memulai-usaha/ atau hubungi kami melalui link berikut ini Tanya KH dan Direct Message (DM) ke Instagram kami @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis