Skip to main content

Pengujung tahun 2023 sudah didepan mata. Rencana untuk tahun 2023 mendatang pun sudah harus mulai kita persiapkan dari sekarang. Sama halnya bagi Sobat KH yang berencana memulai bisnis baru di tahun 2023, akhir tahun seperti sekarang ini sudah harus dimanfaatkan dengan baik untuk riset mengenai ide dan peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2023 mendatang.

Sebenarnya, ide bisnis tahun 2023 tak jauh dari pengaruh teknologi digital yang kian berkembang serta tren yang ada sejak pandemi Covid-19. Pandemi seakan mengubah semua kebiasaan banyak orang yang sudah berlangsung puluhan tahun. Hal yang paling terlihat adalah mengenai perubahan cara orang bekerja, digitalisasi yang makin gencar, hingga penerapan gaya hidup sehat yang mulai diminati banyak orang.

Melihat tren yang ada di tahun ini, juga bisa menjadi sedikit gambaran mengenai ide bisnis yang diprediksi paling menjanjikan di tahun 2023 mendatang. Lantas, seperti apa ide bisnis di tahun 2023 tersebut?

Bisnis Dropship

Ide bisnis menjanjikan dan paling mudah dilakukan di tahun 2023 adalah dropship. Bisnis satu ini bisa Sobat KH lakukan tanpa mengeluarkan modal dan hanya memasarkan barang ke calon konsumen. Pemasaran ini bisa kamu lakukan melalui media sosial, marketplace, maupun website.

Ketika ada konsumen yang memesan, dropshipper akan memberitahu supplier untuk menyiapkan produknya. Nantinya, supplier yang akan mengurus semua produksi hingga pengiriman barang ke konsumen.

Tapi Sobat KH juga tidak boleh asal memulai bisnis satu ini, ya! Sobat KH harus mencari supplier yang benar-benar terpercaya. Jangan sampai produk yang kita jual tidak berkualitas atau malah tak pernah sampai ke konsumen. Hal ini dapat merugikan Sobat KH sebagai dropshipper kedepannya.

Bisnis Coffee Shop

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar menyeruput kopi sembari mengobrol dengan teman-temannya atau sekedar bekerja dan mengerjakan tugas bisa Sobat KH manfaatkan sebagai peluang ide bisnis yang menjanjikan di tahun 2023 mendatang. Bagaimana tidak, seperti yang kita ketahui, bisnis coffee shop di Indonesia berkembang sangat pesat dan digemari oleh anak-anak muda. Bahkan, diprediksi kalau tingkat pertumbuhan coffee shop di Indonesia itu yang tercepat di dunia, lho!

Bisnis ini sangat dipengaruhi oleh tempat dan kualitas. Selain itu, Sobat KH juga wajib memperhatikan desain interior dan keragaman menu yang ada pada coffee shop milikmu. Jangan lupa jadikan coffee shop kamu menjadi tempat yang nyaman untuk dijadikan tempat bersantai ataupun fokus.

Bisnis Katering Online

Apakah Sobat KH memiliki hobi masak? Jika iya, mungkin membuka bisnis katering online bisa menjadi ide bisnis bagi kamu yang mampu menyajikan berbagai menu makanan. Terutama sejak pandemi melanda, semakin banyak orang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan makanan. Namun, kebanyakan orang di perkotaan tak punya banyak waktu untuk memasak makanan mereka sendiri.

Nah, peluang inilah yang bisa Sobat KH manfaatkan untuk membuka bisnis katering online. Selain mudah dilakukan, bisnis katering juga tergolong profitable. Pasalnya, bisnis ini memiliki target konsumen yang relatif luas, mulai dari individu, keluarga, komunitas, dan sebagainya.

Bisnis Jasa Pembuatan Website

Bagi Sobat KH yang mengerti teknologi dan tidak asing dengan dunia pemrograman, mungkin jasa pembuatan website bisa menjadi salah satu ide bisnis yang menjanjikan di tahun 2023. Bagaimana tidak, saat ini digitalisasi semakin gencar dilakukan di berbagai lini, termasuk oleh pelaku UMKM. Untuk mengikuti tren ini, para pelaku UMKM seakan dituntut untuk memiliki situs resmi yang dapat memasarkan produk dagangan mereka.

Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2023, bukan? Sobat KH dapat menawarkan website buatanmu kepada usaha skala kecil hingga menengah, sekaligus jasa perawatannya.

Bisnis Jasa Kursus atau Pelatihan Online

Ide bisnis berikutnya yang paling menjanjikan di tahun 2023 mendatang adalah jasa kursus dan pelatihan online. Jika Sobat KH memiliki pengetahuan dan keahlian di berbagai bidang, tak ada salahnya untuk mencoba memulai bisnis ini dan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Berbagai bidang bisa menjadi materi kursus dan pelatihan. Jenis pelatihan yang saat ini banyak diminati antara lain seperti digital marketing, wirausaha, bidang food and beverage, hingga mata pelajaran sekolah. Dengan memberikan kursus atau pelatihan online, Sobat KH bisa membantu orang yang ingin belajar terkait bidang yang kamu kuasai dan tentunya juga bisa memberi Sobat KH penghasilan.

Bisnis Coworking Space

Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak kantor-kantor yang menerapkan sistem hybrid, termasuk membebaskan karyawannya untuk Work from Anywhere (WFA). Tren ini bisa Sobat KH manfaatkan sebagai ide bisnis di tahun 2023 mendatang dengan menyediakan tempat kerja yang nyaman, atau istilah kerennya coworking space.

Ditambah lagi, banyak juga perusahaan rintisan atau startup yang menggunakan coworking space untuk menghemat biaya operasional mereka. Bagi Sobat KH yang memiliki lahan, tak ada salahnya memanfaatkannya untuk dijadikan coworking space. Untuk memanjakan konsumen, jangan lupa untuk melengkapi fasilitas yang menunjang kenyamanan seperti ruang kerja yang sejuk, kafetaria, ruang rapat, dan tentu jaringan internet yang cepat dan stabil.

Demikian penjelasan mengenai 6 ide bisnis yang diprediksi paling menjanjikan di tahun 2023 mendatang. Semoga bisa menginspirasi Sobat KH yang sedang merencanakan bisnis baru di tahun 2023, ya!

Apapun ide bisnis yang akan Sobat KH jalankan nantinya, yang terpenting adalah untuk selalu mempersiapkannya dengan matang agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan omset yang menjanjikan. Adapun persiapan tersebut meliputi rencana bisnis, modal, hingga strategi promosi yang mumpuni.

Kontak KH

Jangan lupa juga, untuk memenuhi kebutuhan legalitas dari bisnis yang Sobat KH jalankan.  Tanpa adanya legalitas, Sobat KH sebagai pemilik bisnis bisa saja dikenakan sanksi dan bisnismu pun akan mengalami kerugian seperti tidak adanya perlindungan hukum, tidak dapat berkembang, hingga sulit mendapatkan bantuan dana.

Adapun legalitas bisnis mencakup pendaftaran merek dagang dan pendirian badan usaha PT.  Tenang saja, kini pengurusannya pun semakin mudah berkat adanya Kontrak Hukum.

Menjelang akhir tahun ini, Kontrak Hukum juga menyediakan paket promo spesial akhir tahun untuk pendaftaran merek dagang dan pendirian PT. Untuk informasi selengkapnya Sobat KH bisa langsung klik ke laman berikut ini https://kontrakhukum.com/memulai-usaha/

Yuk Sobat KH, tunggu apalagi? Buruan permudah kelancaran bisnismu dengan daftar merek dan buat PT sebelum masuk tahun baru! Nikmati harga promo akhir tahun terbaik dari Kontrak Hukum dan siap untuk cari cuan bisnismu di tahun depan.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai cara pemesanan dan konsultasi bisnis lainnya, silakan hubungi kami via link berikut Tanya KH, atau melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

 

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis