Founders Agreement dalam Mendirikan Usaha, Seberapa Penting?

Dewasa ini, banyak orang khususnya anak-anak muda, yang bermimpi dapat memiliki dan membangun bisnis ataupun perusahaan pribadi, khususnya yang berbasis digital atau online. Maka dari itu, kini banyak sekali ditemukan bisnis-bisnis startup yang umumnya diinisiasi oleh para pengusaha muda. Biasanya startup didirikan oleh lebih dari satu orang, nah untuk meminimalisir adanya perselisihan yang dapat mengakibatkan kegagalan bisnis, perlu dibuat perjanjian pendiri atau founders agreement.

Perjanjian pendiri atau founders agreement adalah sebuah perjanjian atau kontrak yang berisi aturan mengenai hubungan kerja sama antara dua pemilik atau lebih untuk menjalankan usaha bersama-sama (meskipun belum berbentuk perusahaan resmi).

Perjanjian pendiri mengatur hak dan kewajiban semua pendiri yang terlibat, kontribusi modal, peran dan tanggung jawab masing-masing pihak. Perjanjian pendiri baiknya dibuat sebelum bisnis dimulai agar menjadi pegangan bagi para pendiri dalam menjalankan usaha bersama, dan jika terjadi perbedaan pendapat di masa mendatang, sudah ada cara penyelesaiannya.

Klausal penting dalam perjanjian pendiri

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa poin penting yang harus ada dalam perjanjian pendiri:

Peran dan tanggung jawab
Usahakan setiap orang memiliki tanggung jawab dan peran yang berbeda, agar tidak ada tumpang tindih kewenangan dalam menjalankan bisnis, sehingga dapat meminimalisir perselisihan.

Kontribusi modal dan pembagian keuntungan
Kontribusi modal harus dimasukkan ke dalam perjanjian pendiri, karena hal tersebut yang akan menentukan besarnya keuntungan yang diperoleh masing-masing pendiri.

Hak kekayaan intelektual (HKI)
Pastikan produk yang sedang dikembangkan oleh perusahaan (misalnya aplikasi atau website) adalah milik bersama, bukan pribadi.

Target usaha
Poin ini harus ada dalam perjanjian pendiri, sebagai acuan untuk pembuatan keputusan atau pengambilan tindakan ketika bisnis mencapai target-target tertentu.

Nah, jika Anda berencana untuk mendirikan startup atau usaha jenis apapun, kontrakhukum.com dapat membantu Anda membuat perjanjian pendiri atau founders agreement sesuai dengan kebutuhan Anda, tentunya dengan yang harga yang sangat terjangkau.